Saturday , 27 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Penyebab Meningitis

Ketahui Penyebab Meningitis

Ketahui Penyebab Meningitis

Ketahui Penyebab Meningitis

Ketahui Penyebab Meningitis

Ketahui Penyebab Meningitis  – Mengitis merupakan suatu gejala awal dimana terjadinya peradangan di lapisan selaput yang melindungi jaringan otak dan juga sumsum tulang belakang yang memang dapat menimbulkan eksudasi berupa pus atau bahkan serosa yang diakibatkan langsung oleh virus serta bakteri yang dapat menyerang tubuh. Penyebab meningitis ini juga dapat diakibatkan oleh mikroorganisme, kanker, akibat jamur, akibat luka fisik, akibat konsumsi obat-obatan tertentu yang memang dikonsumsi langsung oleh penderitanya serta parasit yang dapat menyebar kedalam darah dan juga melebur di cairan otak. Bahkan penyakit meningitis ini adalah jenis penyakit yang serius serta bisa mematikan orang yang mengalaminya. Apabila ditinjau dari jenisnya, penyakit meningitis ini di bagi kedalam dua jenis, yakni:1. Meningitis viral
Meningitis viral merupakan jenis penyakit meningitis yang biasanya tidak mengakibatkan penyakit yang lebih serius. Dalam kondisi ini, jenis penyakit dapat menyebabkan panas demam dengan kurun waktu yang lama serta disertai dengan kejang-kejang.

2. Meningitis bakteri
Jenis penyakit ini tidak bisa di anggap remeh, sebab penyakit jenis ini diakibatkan oleh sejumlah bakteri yang dapat menyerang jaringan tubuh dan juga bersifat serius.

Pada umumnya, penyebab penyakit meningitis ini diakibatka oleh adanya paparan dari virus yang tidak berbahaya, bahkan penyakit ini dapat pulih dengan sendirinya meskipun tanpa adanya perawatan juga pengobatan secara tepat. Akan tetapi, hanya saja penyakit meningitis yang diakibatkan oleh sejumlah bakteri yang memang dapat menyebabkan kondisi tubuh akan menjadi lebih serius, seperti terjadinya kerusakan pada bagian otak si penderita serta beberapa hal lainnya, bahkan akan menyebabkan kematian. Sedangkan untuk jenis penyakit meningitis yang diakibatkan oleh jamur yang memang cukup jarang terjadi, dan pada umumnya hanya terjadi pada orang yang mempunyai daya tahan tubuh yang tidak baik, misalnya pada orang yang menderita AIDS.

Dan berikut ini terdapat beberapa jenis bakteri yang dapat menjadi penyebab penyakit radang selaput otak, yakni sebagai berikut:
1. Streptococcus Pneumoniae (pneumococcus)
Bakteri ini adalah jenis bakteri yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit meningitis yang terbanyak, yang dapat menyerang bayi serta juga anak-anak. Jenis bakteri ini bahkan dapat menjadi penyebab terjadinya infeksi pada paru-paru, telinga serta rongga hidung.

2. Neisseria Meningitidis (meningococcus)
Bakteri ini disebut juga sebagai jenis bakteri yang banyak mengakibatkan terjadinya penyakit menginitis. Meningitis yang terjadi akibat bakteri ini dapat terjadi karena terdapat infeksi yang menyerang langsung ke dalam saluran pernapasan di bagian atas yang setelah itu bakteri yang menyerang dapat masuk ke dalam peredaran darah dan berjalan langsung menuju ke arah otak, dengan demikian hal ini yang mengakibatkan terjadinya meningitis.

3. Haemophilus Influenzae (haemophilus)
Bakteri ini adalah suatu jenis bakteri yang dapat menyebabkan terjadinya infeksi di saluran pernapasan di bagian atas juga telinga di bagian dalam dan sinus. Infeksi yang dapat ditimbulkan dari jenis bakteri ini apat diatasi dengan cepat dengan cara memberikan vaksin pada orang yang menderitanya.

4. Listeria Monocytogenes (listeria)
Jenis bakteri ini pada umumnya banyak ditemukan di beberapa tempat, bahkan terdapat juga beberapa diantaranya dari makanan yang sudah tercampur dengan jenis bakteri listeria monocytogenes ini. Bakteri ini berasal dari hewan peliharaan manusia dan jenis makanan yang mempunyai potensi untuk terkontaminasi bakteri dengan beberapa jenis listeria misalnya pada keju, daging sandwich serta hot dog.

5. Staphylococcus Aureus dan Mycobacterium Tuberculosis
Bakteri jenis ini juga dapat menjadi penyebab timbulnya penyakit meningitis, yakni salah satu bakteri yang juga dapat menyebabkan penyakit TBC.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates