Saturday , 27 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Seputar Penyakit Campak

Ketahui Seputar Penyakit Campak

Ketahui Seputar Penyakit

Ketahui Seputar Penyakit

Ketahui Seputar Penyakit

Ketahui Seputar Penyakit – Penyakit Campak atau disebut dengan rubeola merupakan suatu infeksi virus yang sangat menular, dengan ditandai adanya demam, terjadi batuk, konjungtivitis atau peradangan selaput ikat mata atau konjungtiva dan juga ruam kulit. Penyakit ini diakibatkan karena infeksi virus campak dengan golongan Paramixovirus.

Penularan infeksi dapat terjadi karena dengan menghirup percikan ludah dari penderita campak. Penderita dapat menularkan infeksi ini dalam waktu 2 sampai 4 hari sebelum timbulnya ruam kulit serta 4 hari setelah ruam kulit timbul. Sebelum pengguaan vaksinasi campak digunakan secara meluas, wabah campak sudah terjadi setiap 2 hingga 3 tahun, terutama pada anak-anak dengan usia pra-sekolah serta anak-anak tingkat SD. Apabila seseorang pernah mengalami campak, dengan demikian seumur hidupnya biasanya ia akan kebal dari penyakit ini.

Untuk dapat mengetahui campak, dapat diketahui dari gejala yang timbul yaitu demam, nyeri tenggorokan, mengalami pilek coryza, mengalami batuk, terdapat bercak koplik, akan mengalami nyeri otot, kondisi mata merah (conjuctivitis), 2 hingga 4 hari kemudian muncul bintik putih yang kecil pada mulut di bagian dalam (bintik Koplik). Timbul ruam atau kemerahan di kulit yang akan terasa agak gatal yang muncul 3 sampai 5 hari setelah timbulnya gejala tersebut. Ruam ini dapat berbentuk makula atau ruam kemerahan yang mendatar ataupun papula atau ruam kemerahan yang menonjol. Pada awalnya ruam akan tampak di wajah, yakni di depan serta di bawah telinga dan juga di leher sebelah samping. Kemudian waktu 1-2 hari, ruam akan menyebar ke batang tubuh, lengan dan juga kaki, sedangkan untuk ruam di wajah mulai memudar.

Agar dapat terhindar dari penyakit campak, dapat dilakukan pencegahan sebagai berikut:

1. Vaksin campak merupakan kegiatan dari imunisasi rutin untuk anak-anak. Vaksin biasanya diberikan dengan bentuk kombinasi dalam gondongan serta campak Jerman atau vaksin MMR atau mumps, measles, rubella, yang disuntikkan pada otot paha ataupun lengan atas.

2. Apabila hanya mengandung campak, vaksin dapat diberikan pada umur 9 bulan. Dengan bentuk MMR, dosis pertama dapat diberikan pada usia 12 hingga 15 bulan, dosis yang kedua dapat diberikan pada usia 4-6 tahun.

3. Untuk seseorang yang sudah mengalami campak, disarankan untuk istirahat minimalnya 10 hari dan juga makan makanan yang bergizi supaya kekebalan tubuh meningkat.

4. Terdapat juga vaksin jenis MMRV, dimana suatu kombinasi vaksin MMR serta vaksin cacar air atau varicella. Dengan adanya kombinasi tersebut, dengan demikian tata laksana vaksinasi akan lebih sederhana, sebab jumlah penyuntikan akan lebih sedikit serta lebih murah. Akan tetapi untuk anak-anak yang berusia 2 tahun atau kurang, vaksin MMRV akan lebih memiliki efek samping jika dibandingkan pemberian vaksin MMR serta vaksin cacar air dengan cara terpisah dalam satu hari. Akan terjadi penambahan kejadian febrile seizures yang terjadi 7 sampai 10 hari setelah melakukan vaksinasi, penambahan pada kejadian demam ringan dan penambahan pada kejadian gatal-gatal misalnya kena campak. Akan tetapi vaksinasi MMRV dengan usia 4 hingga 6 tahun tidak tedapat bukti penambahan kejadian febrile seizure jika dibandingkan pemberian vaksin MMR serta vaksin cacar air secara terpisah.

Waktu Inkubasi Campak

Waktu terpapar hingga terkena penyakit: Kira-kira 10 hingga 12 hari sehingga gejala pertama, serta 14 hari sehingga ruam akan muncul. Imunisasi (MMR) dengan usia 12 bulan serta 4 tahun. Orang yang dekat serta tidak mempunyai kekebalan alangkah baiknya tidak menghadiri sekolah atau bekerja sampai 14 hari.

Agar mencegah penularan, untuk waktu pengasingan disarankan selama sekurang-kurangnya 4 hari setelah timbulnya ruam muncul.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates