Friday , 24 March 2017
Home » Info Kesehatan » Ketahui Sumber Kafein

Ketahui Sumber Kafein

Ketahui Sumber Kafein

Ketahui Sumber Kafein

Ketahui Sumber Kafein

Ketahui Sumber Kafein – Kafein merupakan sebuah zat yang paling sering ditemui dari beberapa jenis minuman ataupun makanan dengan bahan tertentu. Kafein adalah senyawa kimia yang berupa alkaloid xantin yang dihasilkan dari tanaman dengan tujuan untuk suatu melawan penyakit ataupun hewan yang menyerang bagian tubuh tanaman tersebut. Dengan demikian kafein akan menjadi racun bagi serangga ataupun penyakit yang dapat menyerang tanaman. Akan tetapi apabila manusia mengkonsumsi zat kafein dari buah ataupun bagian tanaman tertentu sehingga bisa meningkatkan efek pada sistem syaraf. Kafein dapat dipercaya menimbulkan efek positif serta negatif terhadap kesehatan manusia. Berikut sumber kafein dalam makanan atau minuman, diantaranya:1. Kopi
Kopi merupakan sumber utama dari kafein. Kopi akan memberikan efek kafein dengan cepat atau lambat tergantung dari keadaan tubuh Anda. Dalam satu cangkir kopi mengandung kafein dengan kadar yang berbeda-beda, tergantung dari cara penyajian.

2. Coklat
Coklat dapat dihasilkan dari pohon kakao yakni berupa biji kakao. Biji kakao mempunyai bentuk seperti almond serta diolah hingga menjadi bubuk coklat. Biji kakao mempunyai kandungan kafein untuk melindungi kakao dari berbagai serangan hewan liar. Kafein di dalam biji kako pada umumnya ditemukan di berbagai bagian termasuk pada pohon kakao.

3. Teh
Teh adalah minuman sehat yang mengandung zat kafein. Terdapat banyak hal yang dapat menyebabkan tinggi atau rendahnya kadar kafein di dalam teh. Pengaruh terbesar dari kadar kafein dalam teh tergantung cara pembuatan the serta suhu air.

4. Minuman Bersoda
Terdapat beberapa jenis minuman bersoda yang sebenarnya juga mengandung kafein. Kadar kafein di dalam minuman ini sangat berbeda – beda yang tergantung dari komposisi bahan.

5. Pil Diet
Beberapa orang yang menggunakan pil ataupun obat untuk menurunkan berat badan. Akan tetapi ternyata banyak yang tidak sadar ternyata dengan mengkonsumsi pil untuk diet mengandung kafein. Kafein yang dimasukkan ke dalam bahan obat untuk menjadi stimulan atau sebagai zat pemicu.

6. Es Krim
Kafein yang ditemukan di dalam es krim berasal dari rasa ataupun bahan es krim tersebut. Seperti jenis es krim yang terdapat dalam bahan coklat, kopi, maupun teh. Varian rasa es krim akan mempengaruhi jumlah kadar kafein di dalam es krim.

7. Minuman Berenergi
Terdapat banyak jenis minuman berenergi yang dapat kita temukan di pasaran. Minuman ini mempunyai rasa tertentu, akan tetapi ternyata minuman berenergi dapat mengandung kafein sebagai zat stimulan. Hal ini akan membuat tubuh atau perasaan menjadi lebih semangat jika setelah mengkonsumsi minuman berenergi. Jumlah kafein di dalam minuman berenergi dapat berbeda-beda tergantung bahannya.

8. Minuman Berenergi Mengandung Alkohol
Minuman berenergi yang dibuat dengan menggunakan bahan campuran alkohol dengan kadar tertentu dapat mengandung kafein. Bahan ini dapat dicampurkan dalam minuman sebagai menambah rasa.

9. Permen atau Semprotan Penyegar Nafas
Beberapa jenis permen dan juga semprotan untuk menyegarkan nafas dapat mengandung kafein. Pada umumnya permen atau semprotan dapat menyegarkan nafas jika digunakan untuk menghilangkan bau mulut serta dapat meningkatkan rasa percaya diri.

10. Obat Penghilang Sakit/Nyeri
Kafein dapat digunakan dalam dunia medis. Pada umumnya kafein ini dapat membantu menghilangkan rasa sakit serta perasaan nyaman untuk penderita. Kafein bisa menjadi stimulan untuk sistem syaraf pusat serta bekerja dengan merangsang otak. Kafein pada umumnya terdapat dalam beberapa jenis obat termasuk dalam obat sakit kepala dan migren. Dengan demikian penggunaan obat yang mengandung kafein dengan jangka panjang dapat menimbulkan efek untuk kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates