Friday , 26 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Respon Tubuh Akibat Konsumsi Narkoba

Respon Tubuh Akibat Konsumsi Narkoba

Respon Tubuh Akibat Konsumsi Narkoba

Respon Tubuh Akibat Konsumsi Narkoba

Respon Tubuh Akibat Konsumsi Narkoba

Respon Tubuh Akibat Konsumsi Narkoba – Bahaya narkoba sampai saat ini masih menjadi salah satu masalah yang besar di masyarakat. Apabila dulunya narkoba alami misalnya opium, kokain dan juga ganja dapat digunakan untuk kepentingan pengobatan, namun kini narkoba menjadi sesuatu yang menakutkan. Sebab sringkali digunakan atau dikonsumsi secara berlebihan, tidak dapat terhitung berapa dampak buruk yang akan terjadi. Narkoba terhitung sebagai zat yang sangat mengerikan serta sebisa mungkin agar dijauhkan dari penggunaan yang digunakan tidak semestinya. Namun sayangnya, edukasi atau informasi tentang narkoba masih sangat rendah.Dengan penggunaan yang berlebihan, narkoba sangat mengganggu kesehatan tubuh. Berikut beberapa bahaya narkoba yang dapat terjadi, diantaranya:

1. Merusak sistem pernapasan
Asap dari narkoba seperti pada ganja yang terdiri dari berbagai macam bahan kimia menyebabkan beracun yang dapat mengiritasi saluran paru-paru.

2. Merusak sistem peredaran darah
Senyawa kimia berbahaya di dalam narkoba dapat bergerak dari paru-paru ke aliran darah serta seluruh tubuh. Dalam waktu beberapa menit saja, detak jantung dapat naik drastis, dengan demikian dapat meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung.

3. Menyebabkan gangguan sistem saraf pusat
Tidak butuh waktu yang lama senyawa kimia dibawa oleh aliran darah untuk menuju otak dan juga organ lainnya. Apabila masuk dalam otak, THC ataupun senyawa kimia narkoba akan melepaskan dopamin yang menyebabkan pengguna akan merasa lebih tenang.

4. Menyebabkan disfungsi hati
Menggunakan narkoba jenis ganja dapat menyebabkan perasaan tersengat ataupun terbakar di mulut serta tenggorokan. Apalagi jika narkoba dikonsumsi lewat mulut, hati atau liver dapat memprosesnya dengan cepat. Sehingga menyebabkan fungsi hati akan menjadi rusak.

5. Merusak sistem imun dalam tubuh
Beberapa penelitian menyimpulkan efek dari senyawa kimia akibat narkoba yaitu menyerang sistem imun tubuh. Pada pengguna narkoba tubuhnya akan jadi makin kutilang, kurus tinggi langsing seperti akibat kekurangan gizi.

6. Gangguan pada kulit
Untuk pengguna narkoba jenis suntik pada umumnya dapat mengalami gangguan yang berhubungan dengan kulit. Yang paling sering terjadi yaitu gangguan kulit yang layaknya infeksi pada kulit. Biasanya menimbulkan gangguan pada kulit yang terjadi pada mereka yang mengkonsumsi narkoba dan dapat dilihat dari bekas lebam pada tangan akibat suntikan dari narkoba.7. Gangguan sistem reproduksi
Penggunaan narkoba ternyata dapat berdampak buruk terhadap sistem reproduksi. Sama halnya seperti dampak akibat kebiasaan merokok, penggunaan narkoba secara berlebihan dan terus menerus akan membuat pengguna berisiko untuk mengalami penurunan hormon reproduksi serta fungsi seksual pada wanita maupun pria.

8. Perubahan fungsi otak
Pengguna yang telah kecanduan narkoba dapat mengalami perubahan fungsi otak yang sangat membahayakan. Bahaya narkoba bisa membuat beberapa bagian otak manusia menjadi rusak dengan demikian kinerjanya tidak lagi optimal. Sebuah eksperimen pernah dilakukan yakni dimana percobaan narkoba dengan jenis ekstasi pada binatang. Hasilnya yaitu zat berbahaya pada ekstasi tersebut dapat merusak sel yang ada di dalam otak.

9. Merusak mental
Penggunaan narkoba dalam jangka panjang sudah banyak dihubungkan dengan berbagai penyakit mental. Beberapa dampak bahaya narkoba untuk mental di antaranya yaitu merasakan halusinasi sementara, biasanya dapat berupa sensasi ataupun gambaran yang terlihat nyata padahal tidak terjadi atau hanya khayalan semata.

10. Rasa paranoid
Paranoid atau lebih sering disebut dengan parno juga dapat terjadi pada mereka yang telah kecanduan narkoba. Pengguna bisa sering merasa takut yang berlebihan, sensitif serta mudah sekali tersinggung.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates