Thursday , 30 March 2017
Home » Info Kesehatan » Tipe Bayi Sungsang serta Penyebabnya

Tipe Bayi Sungsang serta Penyebabnya

Tipe Bayi Sungsang serta Penyebabnya

Tipe Bayi Sungsang serta Penyebabnya

Tipe Bayi Sungsang serta Penyebabnya

Tipe Bayi Sungsang serta Penyebabnya – Pada trimester akhir kehamilan sebenarnya rahim telah dirancang untuk membuat bayi dalam posisi vertikal / kepala berada dibagian bawah. Pada usia perkembangan janin 5 bulan sampai perkembangan janin 7 bulan, maka perlahan bayi akan mulai bergerak mengikuti gaya gravitasi bentuk rahim ibu. Akan tetapi pada usia antara 24 sampai 29 minggu bayi dapat masuk ke tahap posisi sungsang. Bayi dengan posisi normal akan berubah posisinya pada usia 30 sampai 32 minggu serta siap untuk masuk ke masa persalinan. Berikut ini ialah beberapa tipe bayi sungsang :

  1. Bayi sungsang dengan bagian bokong di bawah sementara kaki lurus dengan gerakan kepala bayi
  2. Bayi sungsang dengan bokong dibawah sementara kaki bersila / melipat dekat dengan pantat
  3. Bayi sungsang dengan satu kaki masuk ke bagian panggul, sementara satu kaki yang lain ditekuk ke atas sehingga terlihat bayi bersandar penuh pada bagian panggul ibu
  4. Bayi sungsang dengan posisi kedua lutut dibagian bawah serta terkadang kaki terlipat dengan paha bayi.

Bayi sungsang masih menjadi kondisi yang serius bagi ibu hamil serta biasanya menimbulkan rasa kekhawatiran dengan proses melahirkan. Meskipun telah ada cara yang aman untuk melahirkan bayi melalui operasi caesar, akan tetapi banyak ibu hamil yang merasa kecewa. Terdapat beberapa jenis penyebab bayi sungsang yang sering ditemukan. Berikut ini merupakan penyebab umum yang sering terjadi :

  1. Bentuk Rahim Tidak Sempurna

Ibu hamil yang mempunyai bentuk rahim kurang sempurna dapat mengalami bayi sungsang saat hamil. Hal ini biasanya terjadi pada ibu hamil yang mempunyai bentuk rahim sempit / kelainan rahim yang disebabkan trauma kecelakaan, karena cedera, dan posisi pinggul yang semakin sempit karena faktor usia.

  1. Riwayat Kehamilan Bayi Sungsang

Ibu hamil yang pernah mengalami bayi sungsang saat kehamilan sebelumnya, mempunyai resiko bayi sungsang saat kehamilan berikutnya. Hal ini dapat terjadi karena bentuk fisik rahim ibu hamil serta bentuk badan yang mungkin kurang sesuai dengan posisi serta berat bayi yang ada di dalam rahim. Beberapa kondisi kehamilan yang dapat dipengaruhi oleh riwayat kehamilan sebelumnya yakni :

  • kehamilan ektopik
  • ciri ciri hamil anak kembar
  • hamil anggur
  1. Usia Ibu Hamil

Semakin tua usia pada ibu hamil maka potensi untuk mengembangkan penyebab bayi sungsang akan menjadi meningkat. Resiko hamil di usia lebih dari 35 tahun akan mengembangkan bayi sungsang. Hal ini dapat dipengaruhi dari perubahan bentuk rahim, kondisi panggul yang sulit untuk posisi bayi normal, serta kondisi fisik ibu hamil. Termasuk bahaya hamil pada usia muda sebab keadaan rahimnya yang belum siap.

  1. Volume Air Ketuban

Air ketuban dapat membantu menjaga kenyamanan bayi agar dapat bergerak dengan baik. Akan tetapi ada sebuah kondisi kesehatan tertentu saat ibu hamil memiliki air ketuban sedikit / terlalu banyak. Apabila terlalu sedikit maka mungkin bayi tidak dapat bergerak bebas sehingga sulit untuk masuk ke panggul ketika masuk masa persalinan. Sementara ketuban yang terlalu banyak bisa membuat bayi bergerak dengan aktif serta terkadang tidak sesuai dengan yang seharusnya.

  1. Ukuran Tali Pusat Pendek

Ukuran tali pusat yang pendek akan membuat bayi sulit bergerak / berputar saat masuk ke masa persalinan. Bayi akan merasa terikat dengan ukuran seperti ini sehingga ketika seharusnya bayi berputar ke arah panggul, tapi tidak bisa terjadi. Beberapa kondisi tali pusat yang terlilit pada janin pun dapat mengakibatkan kelahiran prematur.

  1. Ketuban Pecah

Air ketuban pecah lebih awal / bocor maka dapat menyebabkan bayi berputar aktif serta terkadang terlilit tali pusat. Bayi dapat merasa sangat gelisah didalam rahim serta kemudian bergerak namun sulit untuk dikendalikan. Kadang-kadang bagian bayi yang tidak seharusnya masuk ke panggul, malah akan mulai masuk.

  1. Bentuk Fisik Bayi Belum Sempurna

Bayi mengembangkan bentuk fisiknya disesuaikan dengan usia kehamilan. Dengan nutrisi gizi ibu hamil yang baik, maka semua organ akan terbentuk dengan sempurna. Akan tetapi terkadang terdapat beberapa bayi yang tidak bisa mempunyai bentuk pinggul yang sempurna disebabkan masalah tertentu. Rahim yang sempit dapat mendorong pinggul terlalu awal masuk ke bagian panggul ibu sehingga hal ini dapat menyebabkan sungsang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates