Monday , 24 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Berbagai Cara Yang Dapat Dilakukan Untuk Mengatasi Morning Sickness

Berbagai Cara Yang Dapat Dilakukan Untuk Mengatasi Morning Sickness

Berbagai Cara Yang Dapat Dilakukan Untuk Mengatasi Morning Sickness

Berbagai Cara Yang Dapat Dilakukan Untuk Mengatasi Morning Sickness

Berbagai Cara Yang Dapat Dilakukan Untuk Mengatasi Morning Sickness

Berbagai Cara Yang Dapat Dilakukan Untuk Mengatasi Morning Sickness – ibu hamil harus mengetahui bagaimana cara dalam mengatasi masalah morning sickness. Berikut ini ialah berbagai macam cara yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah morning sickness :

1. Hindari makan banyak
Cara pertama yang bisa dilakukan oleh para ibu yang sedang hamil adalah dengan menghindari makanan dalam porsi yang banyak. Hal itu dikarenakan, jika memakan makanan dalam porsi yang banyak akan membuat ibu yang sedang hamil akan merasakan mual dan muntah sebelum memakan makanan tersebut. Perut ibu hamil akan terasa penuh ketika melihat makanan dalam porsi yang banyak di hadapannya. Perut yang terasa penuh itu dapat membuat ibu hamil akan mudah merasakan mual dan juga muntah.

2. Mengatur porsi makan
Untuk mengatasi morning sickness berikutnya adalah dengan mengatur porsi makanan yang akan masuk ke dalam tubuh ibu hamil. Ibu hamil dapat mulai dengan memakan makanan dengan cara sedikit demi sedikit, ketika dirasa perut tidak menolaknya ibu hamil dapat menambahkan porsinya lagi begitu pula seterusnya. Yang harus di ingat di sini adalah meskipun perut merasa tidak menolak, ibu hamil tidak di perbolehkan terlalu kenyang. Jika terlalu kenyang ibu hamil bisa cepat muntah. Oleh sebab itu dalam mengatur porsi makanan, diperlukan skap yang bijak.

3. Mengatur posisi saat bangun tidur
Ada ibu hamil yang langsung merasakan pusing, mual dan muntah saat bangun tidur. Ini disebabkan karena adanya Perubahan aliran darah secara mendadak yang dapat menyebabkan ibu hamil merasakan pusing, mual bahkan juga muntah. Kebanyakan ibu hamil suka memilih posisi yang salah ketika dirinya bangun tidur. Saat Ibu hamil bangun tidur banyak yang langsung memilih posisi berdiri sehingga rasa pusing muncul, rasa pusing tersebut akan disertai dengan perasaan mual dan muntah. Pusing tersebut disebabkan karena perubahan pada aliran darah yang awalnya berpusat di kepala kemudian aliran darah tersebut menjadi mengalir ke bagian kaki secara tiba-tiba. Aliran darah yang secara tiba-tiba itu akan membuat ibu hamil merasakan pusing, mual dan juga muntah.

4. Camilan sehat
Cara yang selanjutnya untuk mengatasi morning sickness ialah dengan menyiapkan cemilan sehat setiap harinya. Camilan sehat itu sebagai pengganjal perut yang kosong dan dapat untuk di jadikan sebagai penangkal mual saat morning sickness muncul. Camilan sehat dapat disiapkan di sebelah tempat tidur ibu. Sehingga jika ibu yang sedang hamil mulai merasakan pusing, mual dan juga muntah ibu hamil dapat langsung memakan camilan sehat tersebut.

5. Menghindari makanan pemicu rasa mual
Untuk mengatasi morning sickness dapat juga dilakukan dengan menghindari berbagai macam makanan yang dapat menyebabkan timbulnya rasa mual tersebut. Kadang ibu hamil tidak begitu menyadari jika makanan yang dimakannya merupakan makanan yang dapat memicu munculnya rasa mual.
Jenis makanan yang dapat memicu rasa pusing, mual dan muntah semakin menjadi adalah sebagai berikut ini :

  1. Makanan yang pedas.
  2. Makanan yang asam.
  3. Makanan yang amis.
  4. Makanan yang mengandung gas seperti nangka, kembang kol, buah durian dan makan lainnya.

6. Hindari lemak jenuh
Ibu hamil juga dapat menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh agar dapat mengurangi pusing, mual dan juga muntah yang dirasakannya. Makanan yang mengandung lemak jenuh dapat memperparah mual dan muntah yang dialami oleh ibu hamil. Lemak dapat memicu rasa mual dan muntah pada ibu hamil dikarenakan usus tidak dapat menguraikan lemak tersebut secara cepat sehingga dapat berpengaruh terhadap kondisi asam lambung ibu hamil.

7. Makanan berminyak
Makanan berminyak yang dikonsumsi oleh ibu hamil juga dapat memicu mual dan juga muntah. Hal itu disebabkan karena makanan yang sangat berminyak dapat memberatkan kerja pada lambung dan juga bisa memberatkan kinerja usus atau organ pencernaan. Akibatnya ialah ketika organ lambung terbebani dengan makanan berminyak, ibu yang memiliki penyakit asam lambung bisa dengan mudah merasakan mual dan muntah bila terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang berminyak.

8. Produk olahan jahe
Mengkonsumsi berbagai jenis makanan dan minuman yang dari produk olahan jahe dapat mengurangi rasa mual dan juga muntah pada ibu hamil. Alasannya karena di dalam jahe terdapat kandungan minyak atsiri yang dapat digunakan untuk meredakan rasa mual dan juga muntah.  Meminum jahe hangat, permen jahe, kue jahe dan berbagai macam olahan jahe lainnya dapat menghilangkan morning sickness pada ibu yang sedag hamil muda.

9. Hindari dehidrasi
Untuk mengurangi rasa pusing ibu yang sedang mengalami morning sickness ada baiknya bila ibu yang sedang hamil menghindari dehidrasi. Hal itu dikarenakan dehidrasi dapat membuat kondisi ibu hamil semakin pusing. Cara mencegah dehidrasi yaitu dengan memperbanyak mengkonsumsi cairan berupa air putih. Air putih yang cukup dapat membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Bila aliran darah lancar maka aliran oksigen pun akan lancar. Aliran oksigen yang lancar ke seluruh tubuh terutama di bagian otak dapat membantu ibu hamil terhindar dari pusing.

10. Jus
Agar Terhindar dari pusing, mual dan muntah ibu hamil dapat meminum minuman yang menyegarkan. Meminun jus segar yang rendah gula sangat bermanfaat untuk membuat tubuh ibu hamil tetap segar. Meminum jus buah yang disukai oleh ibu hamil juga dapat merubah mood ibu hamil menjadi lebih bagus. Berbagai macam vitamin dan mineral yang terdapat pada jus buah sangat bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil.

11.Hindari meminum minuman dingin

Untuk mengatasi masalah morning sickness ada baiknya ibu hamil tidak meminum minuman yang dingin guna meredakan mualnya. Hal itu dikarenakan bila ibu hamil meminum minuman yang dingin dapat menyebabkan ibu hamil akan mengalami perubahan suhu secara tiba-tiba. Perubahan suhu yang tiba-tiba dapat memnbuat ibu hamil menjadi semakin merasakan mual. Untuk mengatasi rasa mual itu ibu hamil sebaiknya meminum minuman yang hangat.

12. Yoga dan relaksasi

Bagi ibu yang mengalami morning sickness yang diakibatkan karena stress dan kondisi psikologis yang tidak stabil, ibu yang sedang hamil dapat melakukan yoga dan juga relaksasi. Yoga dan relaksasi dapat dipercaya bisa menghindarkan serta mengurangi tingkat stress yang dialami oleh ibu hamil sehingga ibu hamil akan merasakan perasaan nyaman, tenang dan bahagia dalam menjalani kehamilannya.

13. Konsumsi supplemen vitamin

Agar terhindar dari hypermesis ibu hamil dapat mengkonsumsi supplemen dan vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan ibu dan janin yang ada di dalam kandungan. Vitamin yang dibutuhkan selama kehamilan adalah vitamin B6. Vitamin B6 terdapat pada sayuran, ikan, buah-buahan dan juga makanan lainnya. Berikut ini adalah sumber vitamin B6 yang ada di sekitar kita yang harus diketahui :

a. buah-buahan

Dari jenis buah-buahan yang banyak mengandung vitamin B6 yaitu buah pisang, buah tomat, buah alpukat, buah melon dan buah semangka.

b. Sayuran

Sayuran yang banyak mengandung vitamin B6 bisa ditemukan pada sayuran hijau seperti bayam, sawi dan brokoli. Sedangkan, pada sayuran yang tidak berwarna hijau vitamin B6 dapat ditemui pada sayur kembang kol, sayur kentang, paprika, asparagus dan juga lobak.

c. ikan

Ikan juga kaya akan vitamin. Selain kaya akan omega-3 dan DHA, di dalam ikan juga terdapat kandungan vitamin B6 yang dipercaya sangat baik untuk kesehatan dan juga kehamilan. Ikan yang kaya akan vitamin B6 yaitu ikan Tuna, ikan Cod dan ikan salmon. Yang harus di ingat di sini ialah bila ibu hamil sensitif terhadap bau amis, ibu hamil dapat mengatasi morning sickness dengan menggunakan sumber vitamin B6yang terdapat dari jenis buah-buahan dan juga sayuran.

d. sumber makanan lainnya

Makanan lainnya yang bisa membuat ibu hamil terhindar dari morning sickness yang berlebihan sehingga dapat memicu penyakit hyperemesis. Makanan lainnya yang mengandung vitamin B6 ialah kacang-kacangan, biji wijen, biji bunga matahari, biji gandung dan juga roti gandum.

14. Minyak kayu putih

Minyak kayu putih sangat dipercaya bisa meringankan mual dan juga pilek. Hal itu dikarenakan minyak kayu putih memiliki kandungan minyak atsiri yang baik untuk kesehatan. Untuk mengatasi mual ibu hamil bisa mencium aroma minyak kayu putih selama beberapa menit tetapi harus memiliki jeda. Untuk mengatasi pusing yang diakibatkan oleh morning sickness ibu hamil juga dapat mengoleskan kedua pelipisnya menggunakan minyak kayu putih. Rasa hangat yang dihasilkan oleh minyak kayu putih sangat dipercaya bisa meredakan pusing yang sedang dialami oleh ibu hamil.

15. Aromaterapi

Ibu hamil juga dapat menggunakan aromaterapi untuk menghilangkan mual dan juga muntah. Mencium bau aromaterapi yang di inginkan dipercaya dapat menghilangkan pusing, mual dan juga muntah yang sedang dialami oleh ibu hamil.

16. Istirahat

Ketika ibu hamil merasakan pusing dan mual, ibu hamil bisa beristirahat dengan posisi yang benar. Posisi yang benar yang dapat mengurangi rasa mual dan juga muntah yang semakin menjadi adalah dengan posisi kepala yang lebih tinggi dibandingkan dengan posisi kaki. Hal ini bertujuan agar aliran darah menuju ke kaki sehingga saat bangun dari tidur nanti, aliran darah tidak mengalir dengan cepat ke daerah kaki. Sebab aliran darah yang mengalir dengan tiba-tiba bisa membuat ibu hamil merasakan pusing dan juga rasa mual.

17. Memakan menu sesuai keinginan

Memakan makanan yang sesuai dengan keinginan ibu hamil dapat dipercaya bisa meningkatkan mood ibu hamil untuk memakan makanan tersebut. Jika ibu hamil termotivasi untuk memakan makanan tersebut ibu hamil tidak akan merasa mual dan muntah.

18. Pakaian longgar

Untuk menghindari rasa mual yang semakin menjadi-jadi, ibu hamil diwajibkan untuk memakai pakaian yang longgar. Sebab pakaian yang ketat akan membuat perut semakin tertekan. Semakin tertekannya perut dapat membuat rasa mual semakin menjadi. Hal itu dikarenakan saluran pencernaan terutama lambung yang ada di dalam perut, menjadi tertekan sehingga dapat membuat mual bertambah parah.

19. Positif thinking

Positif thinking dapat menciptakan mood yang bagus. Keadaan mood yang bagus bisa meminimalisir rasa mual dan muntah yang ibu rasakan.

20. Permen

Saat sering muntah, kondisi mulut dan lidah ibu akan terasa pahit dan tidak enak. Sehingga kondisi yang seperti itu dapat membuat ibu hamil menjadi muntah kembali. Agar kondisi mulut dapat membaik, sebaiknya ibu hamil mengkonsumsi permen yang beraroma mint sehabis mual atau muntah. Kandungan mint dalam permen bisa membuat kondisi ibu menjadi lebih baik.

About ayu sari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates