Thursday , 30 March 2017
Home » Info Kesehatan » Cara Mengobati Verikokel

Cara Mengobati Verikokel

Cara Mengobati Verikokel

Cara Mengobati Verikokel

Cara Mengobati Verikokel

Cara Mengobati Verikokel – Varikokel adalah kondisi dimana terjadi pembengkakan pembuluh vena yang terdapat pada skrotum atau kantung penis,pembengkakan dapat berkembang dengan seiring waktu yang akan menyebabkan benjolan pada penis,tepatnya di kantung penis.ukuran varikokel beragam,pada setiap orang berbeda, meskipun beberapa tidak dapat terlihat dengan mata telanjang,benjolan ini bisa di ketahui dengan cara di meraba dengan tangan.Semua pria bisa mengalami penyakitini,namun kebanyakan mengalaminya di saat usia mereka menginjak 15 sampai 25 tahun.

Bila penyakit varikokel ini terus dibiarkan dalam jangka yang lama tanpa pengobatan,kemungkinan besar akan mandul,dan menurunkan kualitas dan volume sperma.
Selain menyebabkan rasa tidak nyaman,penyakit varikokel bisa juga menimbulkan benjolan pada kantong dzakar sisi kanan maupun sisi kiri.Hal tersebut disebabkan oleh kerusakan pembuluh vena yang berada di satu sisi kantung zakar,Jika dibiarkan tanpa pengobatan, kemungkinan besar dapat menyebabkan dua hal berikut.

1. Menyebabkan penyusutan testis
Ketika disaat katup pembuluh vena rusak atau tersumbat,berpotensi menyebabkan aliran darah terhambat, dan dapat menyebabkan tekanan di dalam pembuluh darah tersebut.dan dapat menimbulkan kerusakan dan penyusutan pada testis.

2. Mengurangi Kesuburan
kurang subur atau kemandulan ini disebabkan karena suhu yang terlalu tinggi pada testis akibat penyakit varikokel.Kenaikan suhu yang terus menerus secara tidak langsung mengaruhi pergerakan,pembentukan,dan kualitas dan volume sperma.

Selain menyebabkan dua hal tersebut,varikokel juga dapat menyebabkan pembengkakan pada kantung dzakar yang sewaktu-waktu dapat pecah lalu menyebabkan pendarahan bahkan bisa mengalami kerusakan permanen pada pembuluh vena.Untuk menghindari resiko yang lebih berat lagi,sebaiknya anda harus mengetahui proses terjadinya varikokel,sebagai berikut.

Proses Terjadinya Penyakit Varikokel Testis

Di dalam pembuluh vena terdapat katup-katup pembuluh yang berguna untuk gerbang satu arah, ketika darah yang akan mengalir menuju jantung,maka katup tersebut akan terbuka agar darah bisa mengalir dengan lancar di organ.begitupun juga sebaliknya,jika katup akan menutup aliran darah berjalan melambat.Apabila jika katup yang berada pada pembuluh vena tidak dapat berfungsi dengan baik,maka darah yang mengalir balik dan akan mengendap pada pembuluh vena, jika terjadi dalam jangka waktu lama,beresiko menyebabkan benjolan pada kantung kemaluan dan pembengkakan.itulah kondisi yang disebut verikokel.

Bagi anda yang sedang mengalami penyakit varikokel,sebaiknya anda segera melakukan pengobatan sejak dini.sebelum penyakit tersebut lebih parah.terkait dengan proses cara pengobatan penyakit varikokel,anda bisa lakukan dengan cara berikut.

Pengobatan Penyakit Varikokel Testis

1 . Embolisasi
Cara pengobatan seperti ini dapat di lakukan dengan cara memasukan selang berukuran kencil pada pembuluh vena dan disertai perangkat X-ray yang berguna untuk mencari bagian vena yang rusak.apabila telah di temukan,akan di masukan sejumlah cairan khusus untuk di salurkan kedalam selang,dan cairan ini berguna untuk menyumbat aliran darah yang terdapat vena yang rusak dan mengalihkan darah ke rute yang lain.

efek samping dari pengobatan seperti ini adalah menimbulkan terjadinya kerusakan permanen pada pembuluh vena,dan pembengkakan pada kantung penis.orang yang menggunakan metode pengobatan seperti ini, penyakit varikokelnya bisa kambuh kembali sewaktu-waktu.

2. Operasi Pembedahan terbuka
Proses pengobatan ini dilakukan dengan membedah bagian selangkangan atau perut,dan Efek samping dari pengobatan ini yaitu,pendarahan,infeksi dan peradangan pada kantung penis,dan rasa nyeri berkepanjangan di kantung zakar.

Namun anda tidak usah khawatir lagi,karena varikokel bisa di atasi dengan cara alternatif yaitu dengan olahraga dan pijat.Berikut olahraga yang bisa anda lakukan yang akan bisa menyembuhkan penyakit varikokel anda tanpa operasi.

Penyembuhan Varikokel Dengan Olahraga

Proses penyembuhan varikokel dengan cara berolahraga memang sangat mudah,tetapi anda perlu melakukan olahraga yang tepat untuk mendukung kesembuhan penyakit anda sampai tuntas. Berikut beberapa olahraga yang bisa anda lakukan untuk menyembuhkan penyakit varikokel.

1. Berenang
Mengapa berenang bisa membantu meyembuhkan verikokel,karena di saat anda melakukan olahraga berenang akan membantu menurunkan suhu pada testis.

2. Latihan menarik nafas
Dengan menarik nafas dalam-dalam dan menahannyasebentar,lalu di keluarkan dengan perlahan dapat membantu memperlancar aliran darah dan menghentikan ketegangan seluruh tubuh,dan termasuk mengurangi ketegangan yang terjadi pada organ intim.

3. Yoga
Olahraga ini merupakan gerakan dinamis yang berguna untuk mendukung kelenturan tubuh,dengan gerakan up dogy yoga ialah merupakan salah satu jenis yoga yang cocok untuk mengobati varikokel tanpa operasi.

Selain olahraga,varikokel pun bisa disembuhkan dengan cara teknik pijat.tetapi harus Pemijatan dengan teknik khusus yang bisa membantu melancarkan aliran darah pada penis dan organ lainnya.tetapi Jika anda ingin mengobati penyakit varikokel dengancara ini,sebaiknya lakukanlah bersama ahli pijat yang sudah mahir.

Tambahan:apabila anda ingin mengobati penyakit varikokel dengan teknik yang ada diatas,sebaiknya sertakan bersama saran para ahli kesehatan, dokter,bidan atau herbalis.bisa juga mengkonsumsi obat alternatif yang telah memiliki izin dari Departemen Kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates