Tuesday , 24 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Gejala Preeklampsia pada Ibu Hamil Waspadalah

Gejala Preeklampsia pada Ibu Hamil Waspadalah

Gejala Preeklampsia pada Ibu Hamil Waspadalah

Gejala Preeklampsia pada Ibu Hamil Waspadalah

Gejala Preeklampsia pada Ibu Hamil Waspadalah

Gejala Preeklampsia pada Ibu Hamil Waspadalah – Kehamilan memang membuat ibu merasakan banyak perubahan yang sangat besar. Tidak hanya berat badan yang terus bertambah, ukuran perut yang besar namun juga tekanan darah. Kondisi ini membuat beberapa ibu hamil merasa bingung, apakah perubahan ini normal atau tidak. Lalu masalah tekanan darah pun menjadi salah satu faktor ibu hamil merasa tidak tenang, terutama ketika tekanan darah tinggi. Semua perubahan yang terjadi menjelang proses melahirkan / masuk trimester ketiga bisa menjadi tanda bahaya untuk ibu juga janin.
Salah satu masalah yang sering terjadi ialah kondisi preeklamsia pada ibu hamil. Berikut ini merupakan beberapa gejala preeklamsia pada ibu hamil yang perlu diwaspadai.

1. Tekanan darah tinggi
Hipertensi dalam kehamilan yang muncul pada trimester ketiga dapat menjadi gejala preeklamsia yang sangat nyata. Kondisi ini dapat dilihat apakah ibu mengalami gangguan ini sejak awal / baru muncul ketika hamil. Tekanan darah tinggi pada ibu hamil sangat berbahaya bagi kesehatan ibu juga janin. Dalam dunia medis saat ibu memiliki tekanan darah sebesar 140 / 90 maka itu telah tergolong darah tinggi. Kemudian angka yang lebih besar dapat menjadi tanda yang sangat berbahaya. Apabila ibu mengalami hal seperti ini maka terdapat beberapa jenis pemeriksaan yang harus dilakukan di rumah sakit / fasilitas kesehatan yang lain.

Tips untuk ibu hamil terkena tekanan darah tinggi:

• Sebaiknya ibu banyak istirahat di tempat tidur sampai tekanan darah normal.
• Meredakan stres / banyak pikiran untuk membuat tekanan darah bisa normal.
• Lebih baik untuk tidur di sisi kiri sepaya bisa mengurangi resiko masalah pembuluh darah.
• Kontrol ke bidan atau dokter secara teratur.

2. Kaki bengkak saat hamil
Masalah kaki bengkak bagi ibu hamil biasanya sering terjadi pada trimester akhir. Kondisi ini dapat menyebabkan tubuh menjadi tidak nyaman serta bahaya kaki bengkak saat hamil. Bengkak di kaki disebabkan karena terjadinya penumpukan cairan pada bagian kaki. Walaupun pembengkakan juga dapat terjadi pada bagian wajah / tubuh yang lain. Tanda yang harus diperhatikan ialah apabila bagian yang bengkak di tekan dengan jari tapi tidak segera pulih. Lalu ibu harus memperhatikan perubahan warna kaki serta selalu merubah posisi kaki ketika duduk atau tidur.

3. Ada protein dalam urin
Gejala preeklamsia pada ibu hamil dapat menyebabkan adanya protein dalam urin / lebih dikenal dengan nama proteinuria. Protein biasanya terdapat hanya pada darah saja, tetapi karena masalah ini maka protein bisa bocor dalam urin sebab sudah masuk ke ginjal. Kemudian dalam urin pun ditemukan bahan lain termasuk albumin. Pemeriksaan ini dilakukan di laboratorium dengan cara mengambil contoh urin ibu hamil. Dengan alat khusus maka dapat membuktikan jika terdapat protein dalam urin. Apabila sudah seperti ini maka pengawasan terhadap kondisi ibu dapat dilakukan selama 24 hingga 48 jam. Kondisi ini pun menjadi gejala keracunan kehamilan yang perlu diperhatikan.

4. Sakit kepala
Ibu yang mengalami preeklamsia pun akan merasaka sakit kepala yang berat. Penyebab sering pusing ketika hamil berkaitan dengan masalah ini harus ditemukan segera. Kondisi ini ditandai dengan kepala terasa berdenyut, migraine, rasa berat pada kepala dan nyeri kepala yang lebih berat. Bila ibu mengalami sakit kepala yang berat maka bisa juga terkena dampak sensitif terhadap suara, cahaya dan gerakan tubuh. Penggunaan obat sakit kepala bagi ibu hamil tidak dilakukan secara sembarangan karena harus mengikuti resep dari dokter yang merawatnya.

5. Mual dan muntah
Pada umumnya mual juga muntah akan terjadi pada ibu hamil yang masuk ke trimester pertama sebagai gangguan kehamilan yang normal. Ini menjadi tanda bahwa ibu mengalami morning sickness serta sangat wajar. Jika mual juga muntah terjadi pada trimster akhir maka ini merupakan gejala preeklamsia pada ibu hamil. Mual juga muntah dapat terjadi secara mendadak sehingga mungkin ibu tidak akan mengenali ini sebagai akibat kelelahan / masuk angin pada ibu hamil. Untuk mendapatkan pemeriksaan apakah ini preeklamsia / bukan maka ibu hamil dapat melakukan pemeriksaan ke rumah sakit terdekat.

About seli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates