Friday , 26 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Penyebab Mengigau Saat Tidur

Ketahui Penyebab Mengigau Saat Tidur

Ketahui Penyebab Mengigau Saat Tidur

Ketahui Penyebab Mengigau Saat Tidur

Ketahui Penyebab Mengigau Saat Tidur

Ketahui Penyebab Mengigau Saat Tidur – Berbicara pada saat sedang tidur yang disebut dengan mengigau merupakan sesuatu yang wajar jika dialami oleh banyak orang. Mengigau akan paling sering dialami oleh anak-anak, akan tetapi bukan berarti orang dewasa tidak dapat mengalami hal tersebut. Peneliti mengungkapkan lebih dari separuh anak-anak akan sering mengigau saat tidur. Selain itu juga, sekitar 5% pada orang dewasa mengalami mengigau saat tidur.

Mengigau merupakan gangguan tidur yang sering dialami pada saat seseorang memasuki tahapan tidur tertentu. Isi igauan dapat berupa dialog yang rumit ataupun berupa monolog yang hanya sekedar gumaman. Seseorang yang mengalami mengigau biasanya tidak akan sadar tentang apa yang telah ia ucapkan pada saat tidur sampai mereka mengetahuinya dari orang lain. Bisa jadi seseorang yang sedang mengigau sedang mengalami mimpi buruk ataupun sedang stres dengan demikian kondisi mental dan juga pikirannya sedang tidak tenang.

Berikut beberapa penyebab mengigau pada saat tidur diantaranya:

1.    Kurang Tidur
Kurang tidur adalah penyebab mengigau yang dapat digolongkan ke dalam penyebab yang paling ringan. Penyebab kurang tidur ini merupakan penyebab paling umum yang akan membuat banyak orang sering mengigau. Kurang tidur dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan yang lain, misalnya stres, obesitas, menyebabkan gangguan metabolisme, bahkan dapat memicu gangguan jantung.

2.    Demam Tinggi atau Sedang Sakit
Seseorang yang sedang mengalami sakit atau sedang demam tinggi juga akan sangat rentan mengigau. Keadaan fisik seseorang yang sedang sakit akan relatif tidak bugar dengan demikian menyebabkan gangguan di dalam sistematika kerja pada organ tubuh. Dampaknya, dapat mempengaruhi pola tidur seseorang, termasuk akan menyebabkan mengigau pada seseorang.

3.    Keturunan atau Faktor Genetik
Menurut para ahli kesehatan, mengigau kemungkinan besar diakibatkan oleh adanya faktor genetik maupun keturunan. Sehingga, apabila orang tua memiliki kebiasaan mengigau pada saat tidur sehingga kemungkinan juga akan mengalami hal yang sama.

4.    Stres
Seseorang yang mengalami atau mempunyai masalah dan mengalami stress akan sangat rentan untuk mengigau pada saat tidur. Akibat dari kondisi stres yang sedang dialami seseorang, kemungkinan besar tidurnya dapat terganggu. Bahkan permasalahan yang sedang dialami serta belum terselesaikan akan mengganggu tidurnya serta akan membuat kondisi pikirannya menjadi tidak tenang. Dampaknya, akan mengigau pada saat tidur. Bisa jadi apa yang sedang di igaukan merupakan sesuatu hal-hal yang berkaitan dengan masalah yang sedang di alami.

5.    Kebiasaan Mengkonsumsi Alkohol dan juga Kafein
Penelitian telah menyimpulkan bahwa kebiasaan mengkonsumsi alkohol serta konsumsi kafein merupakan dua kebiasaan buruk yang bisa mengganggu kesehatan tubuh serta dapat mengganggu kualitas tidur. Mengkonsumsi alcohol dan kafein juga dapat menyebabkan mengigau. Dengan demikian, Anda harus menghindari konsumsi alkohol serta kafein jika ingin mempunyai kualitas tidur yang lebih baik.

Itulah beberapa faktor yang dapat menyebabkan mengigau ketika tidur. Beberapa faktor di atas adalah faktor penyebab mengigau yang sering dialami pada orang dewasa. Anak-anak merupakan orang yang paling sering mengigau pada saat tidur. Akan tetapi, mengigau pada anak-anak akan cenderung dikategorikan sebagai sesuatu yang wajar serta tidak berbahaya. Oleh sebab itu, tidak perlu khawatir apabila anak Anda sering mengigau pada saat tidur. Biasanya anak dapat mengigau pada saat tidur karena ketika siang hari mereka terlalu lelah bermain ataupun akibat mereka melakukan sesuatu hal-hal yang berkesan dengan orang-orang yang ada di sekitarnya.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates