Saturday , 21 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Seputar Penyakit Skizofrenia

Ketahui Seputar Penyakit Skizofrenia

Ketahui Seputar Penyakit Skizofrenia

Ketahui Seputar Penyakit Skizofrenia

Ketahui Seputar Penyakit Skizofrenia

Ketahui Seputar Penyakit Skizofrenia – Skizofrenia merupakan gangguan mental yang tergolong kronis serta mampu menjadikan penderitanya mengalami halusinasjenisi, pikiran yang kacau, mengalami delusi dan bahkan perubahan terjadi perilaku. Meskipun memang dari seluruh penduduk dunia hanya 1% saja yang mengalami skizofrenia, akan tetapi tetap saja penyakit mental ini sudah dikenal banyak orang.

Faktor-faktor yang dapat menyebabkan skizofrenia sebetulnya belum dapat diketahui secara pasti. Namun diduga terjadi akibat pembentukan kombinasi dari faktor fisik, psikologis, lingkungan dan juga genetik. Berikut uraian penyebab timbulnya penyakit skizofrenia, diantaranya:

1.    Hormon Serotonin dan Dopamine tidak Seimbang
Hormon ini merupakan hormon yang terdapat dalam kelenjar pinealis, sistem saraf pusat, saluran pencernaan, dan juga trombosit atua keping darah. Serotonin dikenal sebagai sebuah neurotransmitter. Neurotransmitter mempunyai tugas untuk mendukung proses penyampaian pesan dari satu tempat ke tempat yang lainnya di dalam otak. Serotonin sudah diyakini menjadi hormon yang dapat memberikan pengaruh pesar terhadap fungsi tubuh serta fungsi psikologis sebab sel-selnya dapat secara luas terdistribusi.

2.    Lahir Prematur
Kelahiran secara prematur memang sebuah kondisi yang tidak dapat terduga dan hal ini dapat menjadi faktor dari berbagai kelainan ataupun penyakit pada seseorang pada saat ia bertumbuh dewasa. Lahir prematur bukanlah menjadi masalah besar, akan tetapi lahir prematur dengan bobot di bawah normal menjadi factor terjadinya skizofrenia.

3.    Kekurangan Oksigen saat di dalam Kandungan
Bisa dibayangkan betapa sebuah janin yang memerlukan oksigen untuk bisa tetap bertahan hidup dalam masa perkembangannya malah justru mengalami kekurangan oksigen. Hal ini mampu menyebabkan janin tak bisa berkembang sempurna nantinya. Ada risiko satu dari jenis-jenis penyakit sakit jiwa yang bisa terjadi akibat hal ini, termasuk juga skizofrenia.

4.    Kekurangan Nutrisi saat di dalam Kandungan
Kurangnya oksigen yang didapatkan oleh janin dapat menjadikan pertumbuhannya kurang sempurna. Kurang nutrisi selama berada di dalam kandungan juga menyebabkan pertumbuhannya tidak sempurna. Tidak hanya akan menjadikan anak menjadi kurus akibat kurang gizi, kesehatan mental juga akan mempengaruhi.

5.    Terpapar Virus/Racun saat di dalam Kandungan
Ibu hamil harus menjaga kandungannya agar tidak terkena virus atau paparan racun, dengan demikian tidak hanya berdampak kepada sang ibu saja. Janin yang ada di dalam kandungan juga dapat terganggu perkembangannya. Jika tumbuh dewasa berpotensi besar untuk mengalami gangguan mental, seperti penyakit skizofrenia ini.

6.    Faktor Keturunan
Skizofrenia merupakan suatu gangguan mental yang diduga terjadi pada seseorang akibat orang tuanya pernah mengalami keadaan serupa. Tidak hanya faktor dari luar, riwayat kesehatan orang tua juga mampu memengaruhi seseorang untuk mengidap kelainan mental, seperti skizofrenia ini.

7.    Ketidaknormalan Struktur Otak
Tidak normalnya bentuk struktur seseorang dapat menyebabkan seseorang akan mudah mengalami skizofrenia. Tidak hanya dari bentuk struktur otaknya, akan tetapi juga ketidaknormalan pada sistem saraf pusat menjadi faktor peningkat risiko untuk timbulnya kondisi skizofrenia.

8.    Konsumsi Obat Terlarang
Faktor lainnya yang diduga dapat meningkatkan potensi untuk terkena skizofrenia pada seseorang yaitu akibat penyalahgunaan obat-obatan terlarang. Jenis Kokain, ganja, dan juga amfetamin merupakan contoh dari obat-obatan yang terlarang dan harus dihindari sebab mampu meningkatkan risiko skizofrenia.

Berikut beberapa gejala yang akan dirasakan pada seseorang yang mengalami skizofrenia, diantaranya:
1.    Menarik Diri
2.    Mudah Emosi
3.    Mudah Mencurigai Orang
4.    Mudah Memusuhi Orang Lain
5.    Paranoia
6.    Kurang Motivasi dalam Diri
7.    Cara Bicara Tak Wajar
8.     Irasional
9.    Insomnia
10.    Kerap Tertawa di Waktu yang Tak Tepat
11.    Mengabaikan Kebersihan dan Penampilan Diri
12.    Kehilangan Konsentrasi

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates