Tuesday , 24 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Khasiat Biji Ketumbar untuk Kesehatan

Khasiat Biji Ketumbar untuk Kesehatan

Khasiat Biji Ketumbar untuk Kesehatan

Khasiat Biji Ketumbar untuk Kesehatan

Khasiat Biji Ketumbar untuk Kesehatan

Khasiat Biji Ketumbar untuk Kesehatan – Ketumbar adalah salah satu rempah yang sangat mudah ditemui di negara Indonesia. Biji ketumbar mempunyai ukuran yang kecil – kecil, dengan diameter biji ketumbar tidak lebih dari 6 mm. Di dalam biji ketumbar terdapat berbagai minyak esensial yang terkandung serta memiliki manfaat yang sangat beragam.Pada saat yang tepat panen biji ketumbar yaitu saat dimana tanaman ketumbar sudah mulai berubah dari warna hijau akan menjadi coklat. Pada saat inilah daun ketumbar akan mulai mengering dan berguguran, yang merupakan tanda ketumbar siap untuk dipanen. Pada saat panen, tanaman ketumbar biasanya dipotong serta dijadikan satu dengan tanaman ketumbar lainnya kemudian dapat diambil biji ketumbarnya. Dari kandungan biji ketumbar ternyata mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh, diantaranya:

1. Mencegah serangan berbagai penyakit
Biji ketumbar mempunyai banyak kandungan zat yang bisa berfungsi sebagai anti oksidan. Zat – zat tersebut bisa bermanfaat untuk menangkal serangan zat radikal – radikal bebas yang akan mengakibatkan timbulnya berbagai penyakit, bahkan sampai penyakit kanker. Biji ketumbar sudah terbukti bisa membantu untuk meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

2. Melancarkan sistem pencernaan
Biji ketumbar mengandung banyak minyak esensial serta asam lemak. Di dalam biji ketumbar kering, mengandung berbagai asam lemak yakni mengandung petroselinic acid, palmitic acid, mengandung omega enam dan oleic acid. Sedangkan pada minyak esensial di dalam biji ketumbar yakni linalool sekitar 68%, a-pinene sekitar 10 %, champhene, geraniol dan juga terpine serta berbagai minyak esensial yang lainnya. Berbagai minyak esensial serta asam lemak tersebut dapat membuat sistem pencernaan akan lebih lancar.

3. Mengobati perut kembung dan begah
Biji ketumbar mengandung banyak minyak esensial serta asam lemak yang berkhasiat untuk mengobati perut yang terasa begah dan juga kembung.

4. Meredakan sembelit
Ketumbar merupakan salah satu rempah yang mengandung serat paling tinggi. Kandungan serat yang ada dalam biji ketumbar mencapai sekitar 41,9 gr di dalam 100 gr biji ketumbar. Kandungan serat tersebut dapat membantu untuk meningkatkan penyerapan makanan di dalam tubuh, dengan demikian membantu mencegah sekaligus dapat meredakan sembelit.

5. Membantu menurunkan kolesterol jahat
Kandungan serat yang ada dalam biji ketumbar bisa mengikat garam yang dihasilkan oleh kolesterol. Sehingga kandungan biji ketumbar dapat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL yang ada di dalam tubuh.6. Mencegah kanker usus
Serat di dalam biji ketumbar akan sangat bermanfaat dalam melancarkan pencernaan serta mengurangi penyerapan garam dan LDL di dalam usus. Bersamaan dengan kandungan biji ketumbar yaitu sebagai anti oksidan flavonoid yang bisa membantu melindungi usus dari penyakit kanker usus.

7. Mencegah penyakit anemia
Biji ketumbar adalah sumber mineral yang sangat bagus. Di dalam biji ketumbar yang terkandung mineral misalnya zat besi, tembaga, kalsium, kandungan zinc, potassium, mangan dan juga magnesium, yang berperan dalam produksi dan pembentukan sel darah merah, serta zat besi juga dapat bermanfaat untuk proses metabolisme sel.

8. Membantu produksi sperma pada pria
Di dalam biji ketumbar yang terkandung mineral zinc merupakan salah satu faktor pembentuk berbagai macam enzim yang dapat berperan untuk mengatur pembentukan sperma.

9. Membantu mengendalikan tekanan darah
Salah satu jenis mineral yang ada di dalam ketumbar yakni potassium, merupakan salah satu faktor yang sangat penting untuk produksi cairan sel serta cairan tubuh yang dapat membantu mengontrol detak jantung dan juga membantu dalam mengendalikan tekanan darah di dalam tubuh.

10. Sumber vitamin C yang baik
biji ketumbar mengandung 35% vitamin c dari keseluruhan kebutuhan vitamin c harian untuk tubuh. Di dalam 100 gr biji ketumbar yang sudah kering, mengandung 21 mg vitamin C atau setara dengan 35 % vitamin C. Vitamin C ini mempunyai peran yaitu sebagai salah satu jenis anti oksidan yang bisa mencegah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh.

11. Sumber vitamin B kompleks yang baik
Biji ketumbar adalah sumber berbagai vitamin B kompleks. Berbagai vitamin B kompleks yang ada di dalam biji ketumbar yaitu thiamin, riboflavin, dan juga niacin.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates