Thursday , 21 September 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Khasiat Kacang Merah untuk Kesehatan

Khasiat Kacang Merah untuk Kesehatan

Khasiat Kacang Merah untuk Kesehatan

Khasiat Kacang Merah untuk Kesehatan

Khasiat Kacang Merah untuk Kesehatan

Khasiat Kacang Merah untuk Kesehatan – Kacang merah merupakan salah satu makanan dengan tinggi serat. Jenis kacang merah ini memang belum terlalu banyak dikonsumsi. masyarakat Tidak seperti kacang kedelai yang banyak seperti tempe, tahu hingga susu kedelai. Makanan polong-polongan jenis ini, biasanya dijadikan campuran pada beberapa menu makanan seperti sop.

Kacang merah sangat kaya dengan kandungan gizi untuk membangun kesehatan tubuh. Kandungan asam folat, kandungan kalsium, karbohidrat serta protein tinggi menjadikan manfaat kacang merah sangat dibutuhkan oleh tubuh. Karbohidrat yang kompleks dan kadar serat yang tinggi menyebabkan penurunan kolesterol di dalam tubuh. Berikut beberapa manfaat lain yang terdapat dalam kacang merah diantaranya:

1.    Kaya Antioksidan
Kacang merah dapat menempati peringkat atas, yang mengandung antioksidan, dan melebihi kualitas antioksidan dalam buah-buahan lain sehingga dapat berguna untuk menjaga fungsi sel-sel, yang berhubungan dengan kerusakan akibat radikal bebas.

2.    Sumber Protein Nabati
Kacang-kacangan mengandung protein yang lengkap, dengan semua jenis asam amino yang diperlukan untuk asupan gizi yang baik. Berbeda dengan kandungan dalam daging, kacang-kacangan lebih rendah lemak serta bebas kolesterol.

3.    Meningkatkan Energi Tubuh
Kacang merah adalah sumber zat besi yang baik. Kandungan zat besi dalam kacang sangat tinggi bisa memenuhi kebutuhan enegi. Energi dalam proses metabolisme tubuh, sangat membutuhkan zat besi. Selain itu juga, zat besi merupakan komponen integral dari hemoglobin, yang dapat mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh bagian sel tubuh. Dengan demikian, jika mengkonsumsi kacang merah sangat dibutuhkan untuk membantu kelancaran peredaran oksigen di dalam tubuh. Jika ibu sedang dalam keadaan mengandung atau menyusui, sangat dianjurkan agar dapat meningkatkan asupan zat besi. Hal ini dapat menunjang, pertumbuhan janin serta anak-anak, misalnya halnya dalam manfaat bayam.

4.    Menyehatkan Pencernaan
Kacang merah juga terkenal dengan kandungan seratnya yang banyak, kacang-kacangan lain yang terdapat serta seperti, dalam kacang hijau. Kandungan serat ini akan sangat membantu pencernaan yang terjadi di dalam usus. Serat akan membantu pergerakan usus untuk selalu berjalan dengan baik. Dan pada akhirnya hal ini bisa memberi hal yang baik untuk kelancaran buang air besar. Kelancaran pencernaan ini akan sangat bersampak positif pada penurunan resiko gejala kanker di usus besar.

5.    Mengontrol Kadar Gula Darah
Serat yang ada di dalam kacang merah akan membantu untuk menurunkan kadar kolesterol darah dengan membantu mendorong kolesterol, yang melalui jalur pencernaan sebelum tubuh akan menyerapnya. Kandungan serat yang tinggi di dalam kacang merah dapat mengindikasikan, makanan akan menjadi sangat lambat dicerna serta memiliki indeks glisemik yang rendah. Dengan demikian, kacang merah bisa menjadi salah satu pilihan yang sehat pada penderita diabetes atau untuk orang yang ingin mengontrol kadar gula dalam darah.

6.    Mengoptimalkan Memori Otak
Kacang merah sebagai sumber vitamin B, kacang merah berhubungan sangat erat dengan fungsi sel – sel otak. Saraf – saraf otak dapat dipelihara oleh vitamin B yang ada di dalam kacang merah, terutama pada kandungan vitamn BI atau Thiamin. Thiamin dapat berkontribusi terhadap reaksi enzimatik, sebagai pusat produksi energi serta juga penting untuk fungsi sel otak / kognitif.
Thiamin juga diperlukan dalam proses penting neurotransmitter pada memori otak. Hubungan ini sudah ditemukan, mengenai faktor signifikan dalam penurunan fungsi mental atau pikun dan penyakit kepikunan misalnya Alzheimer.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates