Saturday , 27 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Reaksi Tubuh Saat Tidur Dalam Kondisi Gelap

Reaksi Tubuh Saat Tidur Dalam Kondisi Gelap

Reaksi Tubuh Saat Tidur Dalam Kondisi Gelap

Reaksi Tubuh Saat Tidur Dalam Kondisi Gelap

Reaksi Tubuh Saat Tidur Dalam Kondisi Gelap

Reaksi Tubuh Saat Tidur Dalam Kondisi Gelap – Semakin malam maka akan semakin gelap, dengan demikian tubuh akan semakin merasa lelah serta mengantuk, sehingga keinginan untuk tidur akan semakin besar. Ini merupakan hal yang sangat wajar, dimana terjadi sintesis dan juga sekresi hormon melatonin oleh kelenjar pineal yang meningkat seiring dengan waktu yang semakin malam. Hormon inilah yang bisa menyebabkan kita akan menjadi mengantuk di malam hari. Fungsi dari rasa kantuk yaitu sebagai sinyal yang positif untuk tubuh supaya segera mengistirahatkannya.

Jika sedang tidur malam ternyata sebagian orang tidur malam dalam keadaan lampu menyala. Namun ada juga yang tidur yang mematikan lampu, berikut manfaat yang diperoleh jika tidur dalam keadaan gelap diantaranya:

1. Menjaga sistem kekebalan tubuh
Tidur malam dengan kondisi gelap akan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Para ahli mengatakan bahwa tubuh baru bisa memproduksi hormon melatonin pada saat benar-benar tidak ada cahaya.
Hormon ini merupakan salah satu hormon kekebalan tubuh, yang dapat memerangi dan mencegah berbagai penyakit, termasuk penyakit kanker payudara serta kanker prostat.

2. Mencegah Kanker
Hasil penelitian menunjukan bahwa ketika cahaya dihidupkan di malam hari, dengan demikian dapat memicu ekspresi berlebihan dari sel-sel yang dihubungkan dengan pembentukan sel kanker. Peneliti juga mengatakan bahwa pada saat seseorang terbangun di malam hari kemudian menyalakan lampu selama beberapa detik sehingga akan menyebabkan perubahan biologis, yang beresiko munculnya penyakit kanker.

3. Mencegah kelebihan berat badan
Sebuah studi menemukan bahwa zat melatonin akan membantu untuk mengontrol berat badan. Dimana tingkat melatonin pada umumnya akan meningkat dalam gelap di malam hari.

4. Menurunkan resiko depresi
Tidur dengan mematikan lampu akan memberikan perasaan nyaman serta rileks pada saat tidur, dengan demikian akan memperoleh tidur yang berkualitas.

5. Menutunkan resiko kanker payudara
Paparan cahaya lampu pada saat tidur di malam hari akan sangat tidak baik untuk wanita, hal itu karena bisa meningkatkan resiko tubuh untuk terkena kanker payudara serta kanker usus besar. Dengan mematikan lampu pada saat tidur dapat membantu tubuh secara maksimal untuk memproduksi hormon melatonin.

6. Tidur menjadi berkualitas
Tidur yang berkualitas yakni selama tidur, organ otak benar-benar dalam kondisi beristirahat. Sinar cahaya pada saat tidur akan menjadikan kualitas tidur menjadi kurang baik, sebab sinar tersebut akan terus berperan sebagai perangsang stimulator pada kerja otak.

7. Agar tubuh dapat segar dan fit besok paginya
Peneliti mengatakan bahwa tidur larut setelah semalaman tersinari oleh lampu akan mengakibatkan jam biologis tubuh bisa menjadi kacau, dengan demikian sulit mengimbangi aktifitas kerja yang dimulai pukul 09:00 sampai pukul 17:00.

8.  Mencegah gangguan metabolisme tubuh.
Tidur dengan keadaan lampu menyala akan mengakibatkan jam biologis tubuh menjadi benar-benar terganggu. Yang dampaknya, akan memberikan resiko tinggi terhadap masalah gangguan tidur, yang bisa memicu penyakit kardiovaskular serta gangguan metabolisme.

9. Mencegah Obesitas.
Jika tidur dalam keadaan gelap akan membantu untuk menurunkan resiko obesitas atau kelebihan berat badan. Dengan demikian untuk yang ingin diet, terapkan pola tidur yang baik dan juga sehat. Seperti tidur pada awal malam serta mematikan lampu sepenuhnya. Menurut penelitian, menunjukan bahwa hasil penelitiannya orang yang tidur dengan keadaan gelap, akan mampu membakar kalori dalam tubuhnya.

10. Mencegah kerusakan DNA
Tidur malam dalam keadaan gelap akan mampu menurunkan resiko kerusakan DNA. Sebab pada keadaan gelap, sel imunnitas tubuh dapat membaik. Adanya kerusakan DNA di dalam tubuh, sangat beresiko untuk terkena penyakit leukemia, terutama pada anak-anak.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates