Sunday , 26 March 2017
Home » Info Kesehatan » Tips Memilih Telur yang Sehat

Tips Memilih Telur yang Sehat

Tips Memilih Telur yang Sehat

Tips Memilih Telur yang Sehat

Tips Memilih Telur yang Sehat

Tips Memilih Telur yang Sehat – Semua sudah tahu apabila telur ayam mengandung vitamin D dan juga kaya akan protein yang tinggi. Akan tetapi akibat berbagai kondisi, di pasaran ada telur yang sangat baik dikonsumsi dan juga yang tidak. Degan demikian, sebagai pembeli masyarakat harus jeli sebelum membeli telur untuk dikonsumsi dengan keluarga. Tahukah anda apabila faktanya kadar kandungan vitamin D dalam telur bisa berbeda. Hal ini berdasarkan kesimpulan hasil penelitian yang dilakukan oleh para ilmuan yaitu jika telur dari ayam yang dipelihara di luar kandang ataupun dibiarkan bebas berkeliaran, maka kandungan vitamin D nya akan lebih tinggi daripada yang dipelihara di dalam kandang. Dengan demikian alangkah baiknya apabila memang memungkinkan, anda membeli telur ayam dari tetangga ataupun penjual telur dari ayam yang diternakkan dengan liar. Dengan demikian supaya anda mendapatkan telur yang benar- benar kaya dengan kandungan vitamin D serta protein, alangkah baiknya ikuti beberapa tips berikut ini:1. Periksa cangkang telur
Keadaan telur yang baik dan segar akan mempunyai permukaan cangkang yang berbeda dengan telur yang sudah lama ataupun tidak segar lagi. Permukaan pada cangkang telur yang segar tidak dapat retak serta tidak timbul bintik-bintik kecil yang berwarna putih.
Akan tetapi terdapat pula telur yang sudah dibersihkan oleh pabrik ataupun oleh pengusaha telur ayam dengan demikian bagian bintik putih akan menjadi hilang atau terkikis. Oleh sebab itu jangan hanya mengandalkan bintik putih saja, akan tetapi periksalah cangkang apakah tergolong baru atau tergolong sudah lama. Kotoran yang menempel pada cangkang telur juga harus dihindari sebab dapat mengumpulkan banyak bakteri yang mengakibatkan keracunan makanan.

2. Menerawang telur dengan lampu
Cobalah untuk menerawang bagian dalam telur dengan menggunakan lampu. Sehingga, anda akan mengetahui mana telur yang masih baik serta mengandung banyak vitamin dan juga protein dan mana pula telur yang sudah tidak layak jika dikonsumsi. Ciri-ciri telur yang baik serta bervitamin yaitu:

a. terdapat rongga udara di bagian ujung telur, jika semakin kecil rongga tersebut semakin baik kualitas telur,

b. tidak terdapat noda pada bagian isi telur,

c. kuning telur berada di tengah serta tidak berpindah tempat ataupun bebas bergerak. Telur yang baik dapat memiliki kekentalan yang berbeda dengan telur yang kondisinya buruk,

d. kulit telur mempunyai pori-pori kerabang yang kecil.

3. Merendam telur dalam air
Untuk memeriksa telur yang baik serta kaya vitamin dan juga protein yang segar, anda bisa memeriksa telur yang di rendam ke dalam air. Telur yang baik dan juga masih segar, dapat tenggelam pabila dimasukkan dalam air, berbeda pada telur yang sudah terlalu lama disimpan bisa mengapung di permukaan air. Terapungnya telur menandakan bahwa hilangnya kandungan vitamin serta protein yang dikandungnya, selain itu juga mengkonsumsinya bisa menyebabkan anda keracunan.

4. Guncang atau kocok telur
Telur bisa terdeteksi apakah masih mengandung vitamin serta protein apabila diguncang atau dikocok. Cobalah mengguncang telur terlebih dahulu, apakah di dalam telur berasa seperti terdapat bola atau tidak. Apabila saat anda mengguncangnya merasakan terdapat benda yang terbentur ataupun terasa seperti terdapat bola di dalam telur, sehingga telur tersebut masih dalam kondisi yang baik. Akan tetapi jika anda mengguncangnya seperti ada air di dalamnya, alangkah baiknya jangan mengkonsumsi telur tersebut sebab kandungan vitamin dan protein sudah hilang serta menyebabkan anda keracunan.

5. Mencium baunya
Telur yang segar dan juga baik serta mengandung banyak vitamin dan mengandung protein tidak dapat mengeluarkan bau apapun pada saat anda cium. Namun apabila anda mendapati bau yang tidak sedap ataupun bau busuk pada telur yang di cium, itu menandakan bahwa telur tersebut sudah tidak layak untuk dikonsumsi. Apabila mengkonsumsi telur tersebut yang akan anda rasakan hanya rasa mual dan juga keracunan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates