Saturday , 27 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Waktu yang Tepat untuk Pemeriksaan USG

Waktu yang Tepat untuk Pemeriksaan USG

Waktu yang Tepat untuk Pemeriksaan USG

Waktu yang Tepat untuk Pemeriksaan USG

Waktu yang Tepat untuk Pemeriksaan USG

Waktu yang Tepat untuk Pemeriksaan USG – Pemeriksaan USG (Ultrasonografi) ialah pemeriksaan janin yang menggunakan frekuensi gelombang suara tinggi yang dipantulkan ke dalam tubuh untuk mengetahui gambaran rahim yang disebut sonogram. Fungsi dari pemeriksaan USG ialah untuk mengetahui kesehatan perkembangan kehamilan, khususnya janin. Dengan menggunakan USG maka kita bisa mengetahui usia kehamilan, perkembangan bayi, pertumbuhan dan mengetahui adanya ancaman keguguran. Walaupun sekarang seringkali dilakukan pemeriksaan USG tiap melakukan pemeriksaan (kontrol) kehamilan namun sebaiknya hanya dilakukan pada waktu yang tepat dalam pemeriksaan USG.

Berikut merupakan jadwal tepat dalam pemeriksaan USG pada saat hamil :

1. Awal Kehamilan
Pada awal kehamilan ibu hamil disarankan untuk melakukan pemeriksaan USG. Pemeriksaan pada awal kehamilan memiliki fungsi untuk mengetahui jumlah janin di dalam kandungan, lokasi janin, keadaan organ kelamin dalam serta juga membentuk kedua indung telur sehingga bisa dideteksi secara dini jika mengalami kelainan abnormal. Selain itu pemeriksaan USG pada awal kehamilan ini akan membantu dalam menentukan usia kehamilan secara akurat. USG sangat penting untuk dilakukan pertama kali pada sekitar usia kehamilan 6 – 8 minggu. USG pada saat ini dilakukan guna menyingkirkan kemungkinan terjadinya kehamilan ektopik (kehamilan di luar kandungan) / kehamilan anggur (mola hidatidosa), serta merupakan saat yang paling tepat untuk menentukan usia kehamilan dengan kemungkinan kesalahan sekitar 3 hari dengan cara mengukur Crown-Lump Length (CRL).

2. Usia Kehamilan 11-14
Pemeriksaan USG kedua sebaiknya dilakukan pada usia kehamilan antara 11 hingga 14 bulan. Adapun pemeriksaan pada tahap kedua ini berfungsi untuk mengetahui perkembangan janin salah satunya yang berhubungan dengan kelainan genetic down syndrome (DS), kelainan yang berhubungan dengan bagian kepala salah satunya yaitu yang berhubungan dengan zat cair berada di dalam rongga otak dan juga kelainan otak serta parut sehingga bisa dideteksi secara dini. Bahkan USG terbaru sudah sangat canggih dan bisa menemukan adanya deteksi kelainan pada janin pada usia kehamilan 9 minggu.

3. Usia Kehamilan 18-23
Tahap ketiga dilakukan pada usia kehamilan 18-23 minggu pemeriksaan USG akan memiliki fungsi untuk melihat kelainan cacat bawaan. Pada tahap ini juga bisa membantu mengetahui dan memastikan kembali, apakah identifikasi pada proses pemeriksaan pertama benar adanya / justru tidak ditemukan kemungkinan yang berbahaya. Dokter sudah bisa menjelaskan ukuran lingkar kepala janin, berat badan, usia bayi, panjang lengan bagian atas, panjang paha, dan letak plasenta. Selain itu pada usia ini memang sangat penting untuk dilakukan pemeriksaan USG dikarenakan akan berfungsi untuk memberikan gambaran fungsi tali pusat, posisi janin serta jumlah air ketuban.

4. Usia Kehamilan 33-34 minggu
Pemeriksaan USG yang terakhir dianjurkan dilakukan ketika menjelang persalinan / pada kehamilan yang lewat waktu sehingga memiliki tujuan untuk mengetahui pertumbuhan janin, lokasi ari aria tau plasenta, persentasi janin pada saat jalan lahir, kapasitas air ketuban serta lilitan tali pusar.

Meskipun pada dasarnya pemeriksaan USG bisa dijadwalkan namun apabila kondisi kehamilan mengalami sedikit masalah seperti gangguan detak jantung janin yang tidak teratur, maka bisa dilakukan USG ulang untuk mengetahui kondisi kesehatan janin secara teratur. Sebelum anda melakukan pemeriksaan USG, anda bisa melakukan beberapa persiapan. Meskipun persiapan tergantung pada pemeriksaan USG, berikut ialah persiapan yang dapat anda lakukan ketika akan dilakukan pemeriksaan USG :

Apabila USG dilakukan melalui organ kewanitaan atau vagina, maka anda perlu mengosongkan kandung kemih terlebih dahulu. Sedangkan untuk USG yang dilakukan di luar atau di perut, terutama dalam usia kehamilan yang masih kurang dari tiga bulan, sebaiknya anda minum terlebih dahulu sekitar 2 – 3 gelas. Anda perlu membuat kandung kemih cukup penuh sehingga nantinya anda akan diminta untuk menahan buang air kecil sebelum dilakukan pemeriksaan oleh dokter. Cairan ini berfungsi untuk memperjelaskan rahim serta isinya yang berada di belakang kandung kemih, kantung gestasi beserta isinya bisa terlihat melalui USG Transabdominal. Apabila tidak terlihat, maka pemeriksaan USG harus melalui vaginal, dan bila masih tidak terlihat juga, maka pemeriksaan USG harus diulang dalam kurun waktu 2 minggu.

About seli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates