Monday , 23 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Bolehkah Ibu Hamil Makan Kerang ?

Bolehkah Ibu Hamil Makan Kerang ?

Bolehkah Ibu Hamil Makan Kerang ?

Bolehkah Ibu Hamil Makan Kerang ?

Bolehkah Ibu Hamil Makan Kerang ?

Bolehkah Ibu Hamil Makan Kerang ? – Kerang ialah sejenis hewan air yang memiliki tubuh lunak / moluska. Dalam arti yang lebih jauh, kerang berarti semua moluska yang memiliki sepasang cangkang. Cangkang kerang ini letaknya saling berhadapan sehingga terlihat seperti menutup. Kerang merupakan hewan air yang banyak dicari masyarakat untuk dijadikan berbagai macam makanan. Banyak masyarakat yang mencari kerang untuk dijadikan makanan. Ada juga masyarakat yang memburu kerang sebab kerang memiliki mutiara yang sangat berharga yang terdapat di dalam cangkangnya. Ada juga yang menginginkan kulit kerang guna dijadikan kerajinan. Oleh sebab itu kerang mempunyai manfaat yang diinginkan oleh masyarakat.

Membahas tentang kerang, kurang lengkap rasanya bila tidak membahas mengenai masakan kerang ini serta pengaruhnya bagi ibu hamil. Masakan olahan laut / biasa disebut dengan seafood, terdapat bermacam- macam jenisnya dengan beberapa manfaat. Semua makanan laut memiliki rasa khas tersendiri serta memiliki pencintanya sendiri. Salah satu masakan laut yang sangat banyak penggemarnya ialah kerang ini. Perlu kita ketahui, kerang ini terdapat bermacam – macam jenisnya. Ada kerang yang diperoleh dari laut, akan tetapi ada juga kerang yang di dapat dari sungai. Terdapat kerang yang cangkangnya berwarna putih, keriting dan keras, dan ada juga jenis kerang yang cangkangnya cenderung lebih lunak, cangkangnya berwarna hijau, serta bentuknya lebih panjang. Kerang ini nantinya bisa diolah menjadi berbagai macam makanan, seperti digoreng, ditumis, disop, bahkan disate. Apapun jenis kerang itu, semua masakan yang diolah dari kerang ini memliki cita rasa yang lezat dan disukai oleh banyak orang.

Penggemar makanan laut ini memang sangat banyak, dari mulai anak- anak, remaja, dewasa, sampai orang tua baik laki- laki ataupun perempuan. Akan tetapi perlu diketahui bahwasannya mengonsumsi makanan laut / seafood tidak dianjurkan bagi orang- orang yang mempunyai kondisi alah satu kondisi yang menyebabkan seseorang mengalami alergi sebaiknya tidak mengonsumsi makanan laut seperti saat sedang mengalami gatal- gatal / penyakit kulit. Hal ini dikarenakan makanan laut nantinya bisa memberikan efek yang lebih buruk terhadap penyakit kulitnya itu. Lantas, bagaimana bila ibu hamil mengonsumsi makanan laut, khususnya kerang ini? Apakah ada manfaatnya? Atau bahkan justru tidak diperbolehkan?

Kerang bagi ibu Hamil

Penggemar kerang memang sangat banyak. Diantara penggemar kerang ialah para wanita baik anak- anak, remaja, dewasa, hingga orang tua. Lantas bagaimana bila penggemar kerang tersebut sedang dalam posisi hamil? Amankah ibu hamil untuk mengonsumsi kerang? Sebelum mengetahui dampak baik / buruk kerang terhadap ibu hamil, kita harus membicarakan mengenai kandungan nutrisi yang ada di dalam kerang terlebih dahulu. Kerang sebagai salah satu jenis makanan laut / seafood memiliki beberapa kebaikan serta kandungan nutrisis yang baik bagi tubuh.

Beberapa kebaikan serta kandungan nutrisis yang dimiliki oleh kerang antara lain adalah sebagai berikut:

1. Rendah lemak juga kalori.
Kerang hanya mengandung kurang dari 100 kalori serta hanya 0.2 gram lemak jenuh, tidak seperti bahaya sate kambing untuk ibu hamil.

2. Sumber mineral.
Beberapa jenis mineral yang terdapat dalam kerang antara lain yodium, zinc, tembaga, zat besi dan juga selenium yang terdapat dalam manfaat bayam bagi ibu hamil.

3. Sumber vitamin.
Kerang juga termasuk sumber utama vitamin A, vitamin E, dan juga vitamin B kompleks bagi ibu hamil.

4. Sumber Protein
Kerang memiliki sumber protein seperti juga manfaat kacang hijau bagi ibu hamil.

5. Kaya akan Omega-3 serta asam lemak.
Kerang pun merupakan salah satu makanan yang mengandung EPA serta DHA yang sangat penting bagi perkembangan otak pada anak.

Sebenarnya untuk ibu hamil, tidak ada pantangan dalam mengonsumsi kerang. Kerang justru mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh janin. Berbagai macam seafood lainnya seperti remis, kepiting, ikan, udang, cumi- cumi, dan juga kerang ini ialah jenis makanan yang disebut- sebut mengandung protein yang tinggi serta omega 3 yang sangat baik untuk perkembangan janin.

About seli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates