Tuesday , 24 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Cara Terbaik Mengendalikan Diabetes

Cara Terbaik Mengendalikan Diabetes

Cara Terbaik Mengendalikan Diabetes

Cara Terbaik Mengendalikan Diabetes

Cara Terbaik Mengendalikan Diabetes

Cara Terbaik Mengendalikan Diabetes – Diabetes merupakan salah satu dari 10 penyakit yang paling banyak membunuh penderitanya. Penyakit yang juga dikenal sebagai kencing manis ini diakibatkan tingginya gula darah, yang salah satu penyebabnya adalah ketidak mampuan tubuh untuk memproduksi hormon insulin. Hormon insulin tersebut berfungsi untuk mengubah gula darah (glukosa) menjadi gula otot (glikogen). Tingginya kadar gula darah dapat menyebabkan komplikasi, sehingga perlu manajemen untuk mengurangi resikonya. Manajemen diabetes memerlukan kesadaran dan kepedulian. Kenali apa yang membuat gula darah anda naik dan turun, serta bagaimana mengatur faktor hariannya. Menjaga kadar gula darah dalam rentang yang dianjurkan dokter dapat menjadi sesuatu yang menantang. Hal tersebut dikarenakan banyak hal yang membuat kadar gula darah berubah, terkadang tak terduga. Berikut adalah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kadar gula darah.

1. Makanan
Kebiasaan makan sehat adalah dasar untuk hidup sehat, dengan adanya diabetes maupun tidak. Namun jika anda mengidap diabetes, anda perlu mengetahui bagaimana makanan mempengaruhi kadar gula darah. Bukan hanya jenis makanan yang dimakan tetapi juga berapa banyak, dan kombinasi dari jenis-jenis makanan yang dimakan.
Hal yang harus dilakukan:
• Pelajari perhitungan karbohidrat dan porsi makan.
Kunci untuk rencana manajemen diabetes adalah bagaimana caranya menghitung karbohidrat. Karbohidrat adalah makanan yang memiliki dampak terbesar pada gula darah. Bagi orang-orang yang memakai insulin, penting untuk mengetahui jumlah karbohidrat dalam makanan, sehingga mendapat dosis insulin yang optimal. Pelajari berapa banyak ukuran porsi yang cocok untuk setiap jenis makanan. Sederhanakan rencana makan dengan menulis porsi makanan yang sering dimakan. Gunakan takaran atau timbangan untuk memastikan ukuran porsi yang cocok dan perhitungan karbohidrat yang akurat.

• Seimbangkan setiap makanan yang dimakan.
Rencanakan agar setiap kali makan berisi campuran dari makanan pokok (nasi, kentang, singkong atau ubi) dengan sayuran, protein dan lemak. Hal demikian sangatlah penting untuk memperhatikan jenis karbohidrat yang dipilih. Beberapa karbohidrat, seperti buah, sayuran dan gandum utuh lebih baik daripada yang lainnya. Makanan-makanan tersebut mengandung karbohidrat yang rendah dan mengandung serat yang membantu menjaga kadar gula darah lebih stabil. Konsultasikan dengan dokter, atau ahli gizi mengenai pilihan makanan terbaik dan keseimbangan jenis-jenis makanan.

• Atur makanan dengan pengobatan.
Jumlah makanan yang terlalu sedikit saat pengobatan diabetes seperti insulin dapat menyebabkan keadaan kadar gula rendah yang berbahaya, atau hipoglisemia. Sedangkan jumlah makanan yang terlalu banyak dapat menyebabkan kadar gula sangat tinggi atau hiperglisemia. Konsultasikan dengan dokter mengenai bagaimana mengelola jumlah dan waktu makan dengan jadwal pengobatan.

• Hindari minuman berpemanis gula.
Minuman berpemanis gula, termasuk yang mengandung fruktosa maupun sukrosa dalam jumlah tinggi cenderung tinggi jumlah kalorinya dengan jumlah nutrisi yang sedikit. Karena dapat meningkatkan gula darah dengan cepat, sebaiknya menghindari jenis-jenis minuman tersebut jika mengidap diabetes. Kecuali saat mengalami kadar gula rendah. Minuman berpemanis gula, seperti soda, jus dan minuman olahraga (sports drinks), dapat digunakan sebagai penanganan efektif untuk meningkatkan dengan cepat gula darah yang sangat rendah.

2. Pengobatan
Insulin dan pengobatan diabetes lainnya dirancang untuk menurunkan kadar gula darah diet dan olahraga saja tidak cukup untuk mengendalikan diabetes. Tetapi keefektifan pengobatan tersebut bergantung pada waktu dan ukuran dosis. Pengobatan untuk kondisi selain diabetes juga dapat memengaruhi kadar gula darah.
Hal yang harus dilakukan:
• Simpan insulin dengan sebaik-baiknya.
Insulin yang tidak disimpan dengan baik atau melewati tanggal kadaluarsanya dapat menjadi tidak efektif. Insulin sangat sensitif pada suhu ekstrim.

• Laporkan masalah dengan dokter.
Jika pengobatan diabetes menyebabkan kadar gula jatuh sangat rendah atau konsisten sangat tinggi, dosis atau waktu mungkin harus disesuaikan.

• Hati-hati dengan pengobatan baru.
Jika anda mempertimbangkan penambahan dukungan pengobatan atau dokter memberi resep obat baru untuk menangani kondisi penyakit lainnya seperti tekanan darah tinggi atau kolesterol tinggi, tanyakan kepada dokter atau apoteker apakah pengobatan tersebut dapat memengaruhi kadar gula darah. Obat-obatan cair kemungkinan diberi pemanis dengan gula untuk menutupi rasanya. Terkadang suatu pengobatan alternatif dapat direkomendasikan. Usahakan selalu memeriksa semuanya dengan dokter sebelum menerima pengobatan yang baru sehingga dapat diketahui dampaknya terhadap gula darah.

 

About seli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates