Wednesday , 29 March 2017
Home » Info Kesehatan » Jenis dan Manfaat Teh

Jenis dan Manfaat Teh

Jenis dan Manfaat Teh

Jenis dan Manfaat Teh

Jenis dan Manfaat Teh

Jenis dan Manfaat Teh – Teh adalah minuman tradisional asal negeri Tiongkok yang telah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu, dan termasuk dalam komoditas dagang antar benua. Awalnya teh digunakan sebagai obat saja, termasuk penetralisir racun, namun kepopulerannya membuat teh menjadi minuman favorit sehari-hari untuk bersantai. Tanaman yang digunakan sebagai teh adalah Camellia sinensis dengan menyeduh bagian daun, pucuk atau tangkai daunnya dengan air panas. Berdasarkan pengolahan daunnya, teh dapat dibagi menjadi empat kelompok. Berikut adalah jenis-jenis teh yang berasal dari tanaman teh.

1. Teh putih
Daun teh yang tidak mengalami oksidasi dan diambil sebelum terkena sinar matahari agar tidak membentuk klorofil akan menghasilkan teh putih. Teh jenis ini diolah seminimal mungkin sehingga kaya dengan zat antioksidan yang dapat mencegah pembentukan kanker, mengatur tensi darah dan mengurangi kolesterol.

2. Teh hijau
Teh hijau mengalami sedikit oksidasi, yang dihentikan dengan cara diberi uap atau digongseng. Teh jenis ini memiliki gizi yang sangat tinggi, kaya dengan vitamin C yang dapat meningkatkan sistem imun dan fluoride yang dapat memperkuat tulang dan gigi. Teh hijau juga terkenal dapat menurunkan berat badan, serta diketahui dapat mencegah penyakit Alzheimer.

3. Teh Oolong
Mengalami oksidasi sekitar 2-3 hari, teh Oolong memiliki rasa yang kuat dan aroma yang sangat harum. Teh ini mAemiliki enzim tertentu yang membantu mencairkan lemak sehingga juga baik untuk menurunkan berat badan.

4. Teh Merah/Hitam
Teh jenis ini adalah yang paling populer di dunia, dengan oksidasi total sekitar 2-4 minggu dan kadar kafein yang tinggi. Teh hitam baik digunakan untuk menurunkan resiko stroke serta dapat mengendalikan kerusakan paru-paru akibat rokok. Teh ini sangat baik bagi orang-orang yang memerlukan energi tinggi dalam waktu yang cepat.
Selain jenis-jenis teh tersebut, dikenal pula teh herbal, yaitu teh yang tidak menggunakan daun teh. Biasanya ditambahkan adalah daun, bunga atau buah dari tumbuhan lain yang berkhasiat sebagai obat ataupun memiliki aroma yang nikmat. Di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Chamomile
Teh chamonmile memiliki efek antidepresan, sehingga dapat membuat tenang dan rileks. Cocok untuk bersantai, bahkan dapat membantu mengatasi masalah susah tidur. Chamomile mengandung obat anti-inflamasi (anti radang) yang sangat kuat, dimanfaatkan dengan cara diminum, dihirup uapnya atau merendamkan kain yang kemudian diletakan pada area sakit. Chamomile juga berguna mengobati kram menstruasi pada wanita.

2. Peppermint
Teh peppermint memiliki rasa yang segar, diketahui dapat mengatasi perut kembung, serta menghilangkan sakit kepala. Teh ini dapat dibuat sendiri dengan menyeduh 1-2 sendok teh daun peppermint kering kemudian dibiarkan tertutup selama sekitar 10 menit.

3. Teh Juniper
Juniper (buah sejenis berry) dapat membantu proses detoksifikasi yang tidak hanya mengeluarkan racun tapi juga kelebihan cairan. Hal itu sangat penting bagi wanita, mengingat tubuh cenderung mempertahankan air pada beberapa periode siklus menstruasi. Selain itu, teh ini juga dapat berfungsi sebagai antiseptik yang dapat mencegah peradangan pada kantung kemih. Bahkan sebagian orang juga percaya kalo teh herbal satu ini dapat menyembuhkan flu babi.
4. Teh Hijau
Sudah banyak orang yang mengenal manfaat teh ini. Teh hijau merupakan sumber antioksidan paling kuat yang dapat bantu memperbaiki fungsi tubuh. Selain dapat meningkatkan metabolisme, teh hijau juga dapat mengurangi berat badan. Oleh karena itu, tak jarang teh ini dikonsumsi oleh mereka yang sedang diet.
5. Teh Jahe
Teh jahe dapat digunakan saat mabuk perjalanan. Meminum teh jahe sangat jauh lebih sehat dibandingkan pil penghilang rasa mual yang banyak dijual di pasaran. Teh jahe akan memberi rasa nyaman pada syaraf perut dan menambah energi.
6. Teh Lemon Mint
Jika ingin menambah berat badan, sebaiknya minum teh herbal menyegarkan ini. Berkebalikan dari manfaat teh hijau yang membantu mengurangi berat badan, teh lemon mint yang kaya anti oksidan ini justru bisa meningkatkan nafsu makan.

7. Teh Rosella
Rosella atau Hibiscus sabdariffa dapat dijadikan teh herbal dengan cara meyeduh bunganya yang sudah dikeringkan. Rasanya asam karena banyak mengandung vitamin C, dan warnanya merah karena kandungan tinggi antosianin (pewarna merah pada tumbuhan) yang dapat bertindak sebagai antioksidan untuk melawan kanker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates