Thursday , 30 March 2017
Home » Info Kesehatan » Ketahui Seputar Mata Minus

Ketahui Seputar Mata Minus

Ketahui Seputar Mata Minus

Ketahui Seputar Mata Minus

Ketahui Seputar Mata Minus – Mata minus atau disebut dengan myopia merupakan salah satu jenis penyakit mata sebagai akibat menurunnya fungsi mata untuk melihat jarak jauh. Oleh sebab itu, gangguan kesehatan mata ini sering juga disebut dengan rabun jauh. Mata minus bisa terjadi akibat faktor keturunan, akan tetapi dapat juga karena kebiasaan sehari-hari misalnya sering membaca dengan tidak memperhatikan pencahayaan serta jarak antara mata dengan bacaan, bekerja di depan komputer tanpa ada istirahat, atau melihat dengan jarak dekat untuk waktu yang lama. Hal tersebut terjadi karena daya akomodasi mata akan menjadi tidak dapat berfungsi dengan baik. Rabun jauh atau mata minus bisa dibantu dengan menggunakan kacamata berlensa cekung. Berikut ini merupakan penyebab mata minus, diantaranya:1. Stres mata
Tidak hanya pikiran, ternyata mata juga bisa mengalami stres. Stres mata ini bisa ditimbulkan karena aktivitas yang terlalu banyak dengan menggunakan penglihatan pada jarak dekat. Membaca serta menggunakan komputer merupakan salah satu atau yang lebih sederhananya lagi, pada era digital ini yaitu penggunaan gadget yang berlebihan.

2. Keturunan
Faktor keturunan bisa menjadi penyebab seseorang untuk mengalami mata minus. Seseorang yang mempunyai orang tua dengan mata minus, bisa berisiko lebih tinggi untuk mengalami mata minus.

3. Kebiasaan buruk
Sering melakukan kebiasaan yang bisa mengakibatkan mata lelah misalnya membaca sambil tiduran atau menonton televisi dengan jarak yang terlalu dekat. Apabila ingin mata tetap sehat, alangkah baiknya hentikan kebiasaan buruk tersebut.

4. Pola makan yang buruk
Mempunyai tingkat kesibukan yang tinggi akibat pekerjaan atau rutinitas sehari-hari, hal ini bisa menyebabkan seseorang kurang memperhatikan dalam menjaga konsumsi makanan yang masuk ke dalam tubuh. Padahal zat gizi yang terdapat di dalam makanan merupakan salah satu penentu tubuh untuk mendapatkan asupan yang selalu dibutuhkan dalam kondisi sehat.

Beberapa gejala mata minus yang bisa dirasakan adalah sebagai berikut:
1. Penglihatan kabur pada melihat jarak jauh
Penglihatan akan menjadi tidak jelas pada saat melihat benda dengan jarak jauh ataupun sulit untuk mengenali wajah orang yang menyapa dari jarak jauh. Apabila hal ini sering dialami, kemungkinan akan mengalami rabun jauh atau mata minus.

2. Daya penglihatan memburuk terutama ketika malam hari
Apabila merasakan adanya perbedaan daya penglihatan ataupun penurunan kemampuan mata di malam hari, lebih baik segera periksa ke dokter sebab kemungkinan hal tersebut sebagai tanda mata minus. Memburuknya daya penglihatan pada malam hari ini, biasanya akan menjadi sangat jelas dirasakan pada saat berada di ruang terbuka dengan cahaya yang tidak terlalu terang.

3. Pusing dan sakit kepala
Gejala kepala sering pusing serta sakit kepala bisa disebabkan salah satunya oleh mata lelah. Apabila hal tersebut sering terjadi, terdapat kemungkinan terkena rabun jauh akibat mata lelah.

Terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai cara untuk mencegah mata minus, antara lain:
1. Atur jarak baca
Jangan terlalu dekat serta jangan terlalu jauh. Jarak baca yang ideal untuk mata adalah sekitar 30 cm.

2. Penerangan cukup
Lakukan kegiatan membaca di tempat yang mempunyai penerangan atau cahaya yang cukup. Hal ini disebabkan apabila tempat atau ruangan dengan cahaya yang minim bisa membuat mata mudah lelah.

3. Atur posisi membaca
Biasakan untuk membaca dengan posisi duduk, hindari membaca sambil tiduran.

4. Jangan melihat objek terlalu dekat
Sebaiknya jangan menatap layar televisi serta layar komputer terlalu dekat dan lakukanlah istirahat atau berikan jeda dengan demikian mata dapat melihat ke jarak lain yang berbeda.

5. Pastikan istirahat yang cukup
Jangan terlalu banyak begadang serta batasi berapa lama waktu menonton televisi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates