Friday , 21 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Khasiat Daun Ketumbar Untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Daun Ketumbar Untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Daun Ketumbar Untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Daun Ketumbar Untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Daun Ketumbar Untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Daun Ketumbar Untuk Kesehatan Tubuh – Ketumbar merupakan salah satu jenis tanaman rempah-rempah yang sudah sangat dikenal oleh masyarakat yang digunakan sebagai bumbu masakan. Seluruh bagian tanaman ketumbar meliputi buah, biji, serta daun, bahkan akarnya bisa dimanfaatkan. Selain bijinya yang sering digunakan sebagai bumbu masakan, daun ketumbar juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Khasiat daun ketumbar ini karena banyak mengandung senyawa-senyawa kimia yang dapat dikenal mampu mencegah berbagai jenis penyakit. Senyawa-senyawa tersebut yaitu, geraniol, senyawa myrcene, ocimene, senyawa skopoletin, kamfena, senyawa felandren, trantridecen, dekanal, p-simena, oktadasenat, senyawa sabinene, desilaldehida, a-terpinene, senyawa asam petroselinat, asam d-mannite, dan senyawa linalool. Dari kandungan yang terdapat dalam daun ketumbar tersebut, mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, diantaranya:

1. Menurunkan kadar LDL, dan meningkatkan HDL
Daun ketumbar mempunyai kandungan kalori yang sangat rendah serta tidak mengandung kolesterol sama sekali. Selain itu juga, sama seperti pada bijinya, daun ketumbar mengandung banyak anti oksidan, serta beragam jenis minyak esensial, berbagai jenis vitamin dan serat yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL, selain itu dalam waktu bersamaan dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL yang sangat dibutuhkan di dalam tubuh.

2. Membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah
Daun ketumbar mengandung mineral potassium yang sangat penting dalam membantu untuk mengontrol detak jantung supaya tetap normal. Selain itu juga, daun ketumbar mengandung potassium sama seperti dalam bijinya yang mampu membantu menormalkan tekanan darah, dan dapat membantu menormalkan kadar cairan di dalam tubuh.

3. Berbagai jenis vitamin ada di dalam daun ketumbar
Daun ketumbar banyak mengandung vitamin. Vitamin di dalam daun ketumbar ini yaitu vitamin A, vitamin C, asam folat, serta beta karotene yang sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Selain itu juga, berbagai vitamin tersebut berperan sebagai sumber anti oksidan yang bisa membantu tubuh untuk mencegah berbagai penyakit.

4. Membantu menjaga kesehatan mata
Daun ketumbar merupakan sumber vitamin A yang sangat baik. Di dalam setiap 100 gr daun ketumbar, terdapat 225 % vitamin A dari kebutuhan vitamin A yang dianjurkan. Vitamin A adalah lemak yang mudah larut dan sebagai anti oksidan. Vitamin A juga sangat dibutuhkan dalam tubuh untuk menjaga kesehatan membran-membrane mucus, untuk menjaga kesehatan kulit, serta menjaga kesehatan mata.

5. Membantu mencegah kanker paru – paru
Mengkonsumsi berbagai bahan makan yang kaya akan vitamin A dapat membantu tubuh untuk melawan berbagai macam jenis penyakit termasuk penyakit kanker. Untuk mencegah kanker paru-paru, dapat mengkonsumsi daun ketumbar secara rutin.

6. Mencegah osteoporosis
Daun ketumbar adalah tanaman herbal yang kaya akan vitamin K. Setiap 100 gr daun ketumbar mengandung 258 % vitamin K dari total kebutuhan vitamin K yang dianjurkan. Vitamin K memiliki peran yang sangat penting untuk pembentukan massa tulang dan dapat membantu menjaga kekuatan tulang. Dengan demikian, daun ketumbar bisa menjadi salah satu rempah yang sangat recommended untuk mencegah osteoporosis.

7. Mencegah penyakit Alzheimer
Seperti yang sudah diketahui, daun ketumbar adalah sumber vitamin K yang sangat baik. Selain untuk menjaga kepadatan tulang, vitamin K ini juga mempunyai fungsi lain yaitu membantu mencegah bahkan bisa membantu pengobatan pada penderita penyakit Alzheimer. Ini diakibatkan karena vitamin K bisa membantu mencegah terjadinya kerusakan syaraf – syaraf di dalam otak.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates