Saturday , 27 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Yoghurt bagi Ibu Hamil dan Janin

Manfaat Yoghurt bagi Ibu Hamil dan Janin

Manfaat Yoghurt bagi Ibu Hamil dan Janin

Manfaat Yoghurt bagi Ibu Hamil dan Janin

Manfaat Yoghurt bagi Ibu Hamil dan Janin

Manfaat Yoghurt bagi Ibu Hamil dan Janin – Apakah Anda adalah penggemar yogurt?  Yogurt menjadi minuman yang sangat menyegarkan, lembut serta cukup sehat bagi tubuh. Namun ketika baru saja dinyatakan hamil maka terdapat sebuah mitos yang mengatakan bahwa ad larangan bagi ibu hamil, tidak boleh untuk mengkonsumsi yogurt. Kehamilan memang akan menjadi perjalanan hidup yang sangat menyenangkan. Ibu hamil mempunyai kewajiban untuk memberikan nutrisi terbaik bagi tubuh serta janin yang akan tumbuh menjadi bayi. Akan tetapi, apakah benar bahwa ibu hamil tidak diperbolehkan untuk makan yogurt? Kali ini kami akan membahas mengenai yogurt serta manfaat khusus yogurt untuk ibu hamil, juga mitos yang berkembang.

Apa itu Yogurt?
Yogurt ialah makanan yang sangat lembut serta lezat seperti puding. Makanan ini diproduksi dengan bantuan dari proses fermentasi dari bahan susu yang mengandung bakteri alami. Yogurt biasa dikonsumsi sebagai camilan / dicampur dengan buah. Yogurt dibuat dengan menggunakan bahan khusus yang didapatkan dari susu lalu ditambahkan materi media bakteri sehingga, bakteri menjadi aktif serta mendapatkan lingkungan yang sangat baik.
Bakteri yang ada dalam yogurt ditambahkan secara langsung ke dalam susu sapi. Jenis bakteri yang dipakai dalam produksi yogurt ialah seperti bakteri Lactobacillus bulgaricus, Lactobacillus acidophilus dan Streptococcus thermophilus.
Jenis susu yang digunakan untuk membuat yogurt dapat terbuat dari susu sapi / susu kambing. Susu harus direbus dengan panas khusus guna membunuh semua bakteri yang ada dalam susu. Pada umumnya yogurt dikemas dalam beberapa tingkatan seperti yogurt dengan tambahkan pemanis, yogurt rendah lemak serta yogurt dengan lemak.
Banyak ibu hamil yang ragu terhadap yogurt sebagai makanan yang aman selama kehamilan. Hal ini dikarenakan yogurt terbuat dari susu yang difermentasi serta kemungkinan ada alkohol di dalamnya. Tapi pada dasarnya yogurt ialah makanan sehat untuk ibu hamil yang aman untuk dikonsumsi. Yogurt mengandung beraneka jenis nutrisi yang penting selama kehamilan guna menunjang kesehatan ibu serta janin, berikut ini diantaranya :

1. Sumber Kalsium
Yogurt ialah sumber kalsium terbaik. Dalam setiap satu cup yogurt tanpa lemak ditemukan kalsium sekitar 256 mg. Kalsium menjadi salah satu mineral yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil serta janin. Kekurangan kalsium dapat memicu cacat syaraf serta masalah pada kesehatan tulang juga gigi. manfaat kalsium bagi ibu hamil serta janin dari yogurt ialah sebagai berikut:
• Kalsium menjadi mineral yang sangat penting untuk pertumbuhan tulang pada janin
• Kalsium juga membantu ibu hamil dalam menyerap nutrisi yang penting untuk tulang sehingga terhindar dari penyakit osteoporosis
• Yogurt mengandung kalsium yang cukup tinggi sehingga dapat membantu ibu hamil agar terhindar dari masalah kesehatan usus.
• Asupan kalsium dari yogurt pun sangat penting untuk menunjang perkembangan janin.

2. Sumber Probiotik
Banyak ibu hamil yang mengalami beberapa gangguan pencernaan seperti sembelit. Yogurt diperkaya probiotik alami yang bermanfaat guna membantu perkembangan syaraf bayi. Disamping itu, probiotik pun membuat pencernaan ibu hamil menjadi lebih sehat. Selain buah buahan bagi ibu hamil, konsumsi yogurt sepanjang kehamilan sangat baik guna mengatasi gangguan pencernaan

3. Meningkatkan Asupan Protein
Protein dibutuhkan oleh ibu hamil sebagai sumber tenaga serta yogurt mengandung protein yang cukup tinggi. Sepanjang kehamilan banyak sekali ibu hamil yang mengeluh lemah serta tidak bertenaga. Hal ini dapat disebabkan oleh karena ibu hamil membutuhkan banyak nutrisi bagi bayi serta tubuhnya sendiri. Asupan protein yang ada dalam yogurt akan membuat ibu hamil menjadi lebih sehat serta terhindar dari berbagai jenis penyakit.

4. Mencegah Cacat Tabung Syaraf
Cacat tabung syaraf yang terjadi pada janin disebabkan oleh karena gizi ibu hamil khususnya asupan folat yang kurang ketika masuk ke trimester pertama. Yogurt dapat menjadi salah satu asupan folat yang sangat menyegarkan. Di setiap 1 cup yogurt ditemukan sekitar 18 mcg asam folat. Manfaat yogurt bagi ibu hamil yaitu menghindari kekurangan folat dapat meningkatkan masalah kesehatan syaraf serta motorik yang cukup serius pada bayi.

About seli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates