Monday , 24 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Cara Menjaga Kesehatan Anak

Cara Menjaga Kesehatan Anak

Cara Menjaga Kesehatan Anak

Cara Menjaga Kesehatan Anak

Cara Menjaga Kesehatan Anak

Cara Menjaga Kesehatan Anak – Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya untuk selalu riang dan ceria apalagi disaat ia sedang asik bermain sungguh itu moment kebahagian tersendiri bagi orang tua. Namun tidak semua anak bisa bermain riang dan ceria seterusnya karena suatu saat anak pasti akan jatuh sakit. Menjaga kesehatan anak merupakan hal yang sangat penting, anak harus dijaga selama ia belum besar dan belum mampu untuk menjaga dirinya sendiri. Baik itu dari segi asupan makanannya, tempat bermain, atau bahkan saat ia sedang menyendiri. Tugas sebagai orang tua setidaknya harus mengetahui apa saja yang dapat menyebabkan anak sakit serta bagaimana cara mencegah agar anak tidak mudah sakit.

Hal-Hal Yang Menyebabkan Anak Mudah Sakit:

1.    Jajan sembarangan

Sebagai orang tua harus mengetahui makanan apa saja yang dikonsumsi oleh si anak, terkadang orang tua sering mengabaikan makanan berbahaya yang dikonsumsi oleh anak misalnya seperti jajanan di luar,  contohnya minuman, kerupuk, roti, cokelat dan jenis makanan lainnya dapat menjadi salah satu penyebab penyakit pada anak.

2.    Pola makan tidak seimbang

Anak banyak makan namun makanan yang dikonsumsi tidak sesuai dengan kebutuhan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh anak. Dan juga banyak anak yang tidak mau makan sayuran pada saat sedang memakan nasi, serta jarang meminum susu setelah selesai makan. Inilah yang dapat membuat anak kekurangan nutrisi dan vitamin yang akan membuat anak jadi mudah sakit.

3.    Bermain ditempat kotor

Saat anak sedang keasikan bermain mungkin saja anak tidak menyadari bahwa tempat yang sedang mereka pakai untuk main itu penuh dengan kuman yang dapat mengancam kesehatan dirinya.

4.    Terlalu dekat dengan hewan peliharaan

Hewan sering sekali menimbulkan masalah kesehatan pada anak, kebanyakan rumah pasti ada hewan peliharaan yang disukai oleh orang tua misalnya seperti ayam, burung, kambing, lembu atau bahkan kucing. Hal ini dapat menimbulkan masalah kesehatan bagi anak ketika ia menyentuh dan memegangnya bahkan jika anak sampai menyium hewan tersebut. Karena pada setiap hewan memiliki virus tersendiri.

5.    Bermain hujan

Hujan merupakan anugrah dari Tuhan dan hujan sangatlah disukai oleh anak-anak, pada saat hujan turun pasti anak ingin bermain diluar bersama air hujan. Namun bila daya tahan tubuh anak itu kurang pasti akan menimbulkan masalah bagi kesehatan si anak.

6.    Bermain terlalu lama dibawah sinar matahari

Sinar matahari memang baik untuk kesehatan tubuh karena apabila anak yang tidak terkena sinar matahari tubuh dapat melemah. Namun jika terlalu lama anak  bermain dibawah sinar matahari juga tidak baik karena suhu temperatur tubuh dapat menjadi tidak normal.

7.    Cuaca ekstrim

Di jaman globalisasi seperti pada saat ini cuaca yang berubah panas dingin itu sudah menjadi hal biasa, akan tetapi tentu saja hal ini dapat menyebabkan penurunan kesehatan tubuh manusia apalagi  tubuh seorang anak tentu saja dapat berdampak buruk bagi kesehatan saat cuaca tidak pas.

8.    Asap rokok dan polusi

Jauhkan anak dari asap rokok ataupun polusi udara yang kotor. Apabila anak sering terpapar dan menghirup udara tidak sehat pastinya anak akan lebih mudah sakit.

Hal diatas merupakan beberapa penyebab yang dapat menyebabkan anak mudah jatuh sakit. Sebagai orang tua harus tau hal-hal apa saja yang menyebabkan anak mudah terkena penyakit. Untuk itu kita perlu mencegahnya dengan menjaga kesehatan anak kita sejak dini.

Berikut Beberapa Cara Menjaga Kesehatan Anak:

1.    Pastikan anak sudah di imunisasi polio

Vaksin imunisasi polio merupkan hal yang wajib diberikan kepada anak karena ini adalah salah satu faktor utama untuk mencegah berbagai jenis penyakit yang akan meyerang anak.

2.    Nutrisi dan gizi terpenuhi

Pastikan anak mendapat asupan nutrisi dan gizi yang cukup agar tubuh anak sehat dan tidak terjadi kekurangan vitamin. Seperti asupan; sayuran, buah-buahan, dan susu.

3.    Menjaga kebersihan rumah

Rumah merupakan istana bagi setiap keluarga karena 70% aktivitas dilakukan dirumah, menjaga kebersihan rumah merupakan hal yag wajib agar kuman tidak meyebar kemana-mana. Terutama kebersihan pada lantai dan juga peralatan lainnya yang disering disentuh.

4.    Istirahat yang cukup

Tidur merupakan istirahat yang sangat penting bagi tubuh, pastikan anak tidur lebih cepat dari orang tua. Kebutuhan tidur anak 11 sampai 13 jam perharinya. Jadi orag tua harus mengawasi dan juga membiasakan anak untuk tidur secara rutin.

5.    Memberikan anak vitamin

Usia anak adalah perkembangan emas yang harus dijaga, selain asupan dari makanan dan minuman yang sehat tambahan vitamin juga diperlukan untuk melindungi kesehatan anak di masa perkembangan dini.

6.    Menjaga kebersihan tubuh

Kebanyakan anak kurang memperhatikan kebersihan tubuhnya sendiri tentu saja sebagai orang tua harus selalu menjaga kebersihan anak dan juga mengajarkan pada anak cara mandi serta cara membersihkan tubuh yang benar.

7.    Mengajarkan olahraga

Anak selalu mengikuti kebiasaan orang tua, untuk itu harus membiasakan sejak dini agar anak bisa berolahraga di pagi hari untuk setiap harinya.

8.    Biasakan mencuci tangan

Tangan merupakan sumber kuman penyebab penyakit bagi anak, lebih dari 10 ribu jenis kuman yang ada ditangan anak, karena mereka lebih banyak menyentuh sesuatu. Pastikan tangan si anak sering dicuci dengan menggunakan sabun antiseptik, karena anak biasanya sering menyentuh hidung dan mulutnya sesekali.

9.    Jangan melindungi terus?

Melindungi anak memang merupakan hal wajib bagi orang tua. Namun perlu diketahui saat anak bermain, misalnya di tanah, rumput, air dan tempat berkuman lainnya, tubuh anak akan beradaptasi terhadap jenis kuman tersebut. Hal ini dapat menghasilkan antibodi terhadap jenis kuman baru yang menyentuh tubuh anak. Untuk itu biarkan sesekali jika anak bermain.

Demikianlah beberapa cara menjaga kesehatan anak. Memang tidak gampang untuk menjaga kesehatan anak kita akan tetapi sebagai orang tua yang baik dan peduli tentu saja mencegah akan lebih baik dari pada mengobati.

About novi iin safitriani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates