Wednesday , 24 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ikan Salmon bagi Ibu Hamil

Ikan Salmon bagi Ibu Hamil

Ikan Salmon bagi Ibu Hamil

Ikan Salmon bagi Ibu Hamil

Ikan Salmon bagi Ibu Hamil

Ikan Salmon bagi Ibu Hamil – Ikan salmon ialah salah satu jenis ikan laut yang banyak dikonsumsi oleh karena berbagai manfaatnya. Meski harganya cenderung lebih mahal dibanding harga jenis ikan laut lainnya, ikan salmon tetap diminati banyak orang. Habitat ikan salmon ialah di Samudera Atlantik serta Samudera Pasifik. Ikan salmon bermigrasi guna berkembang biak. Jenis ikan ini mempunyai warna daging merah muda.

Mengapa ikan salmon baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil?
Alasan utama dari pernyataan tersebut yaitu, ikan salmon bagi ibu hamil mengandung asam lemak omega 3 yang amat tinggi. Asam lemak omega 3 ialah nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh tetapi tidak bisa diproduksi oleh tubuh kita sendiri. Oleh karena itulah kita bisa mencukupi kebutuhan asam lemak omega 3 dari mengkonsumsi makanan, salah satunya ialah ikan salmon.
Asam lemak omega 3 baik guna menunjang perkembangan otak janin sehingga bayi yang akan anda lahirkan nantinya mempunyai kemampuan otak yang lebih baik. Nutrisi ini dapat membantu menyeimbangkan darah tinggi pada ibu hamil, membantu anda terhindar dari risiko kelahiran prematur, dan kolesterol. Selain itu, asam lemak omega 3 pun berperan dalam menjaga kesehatan jantung sehingga, anda bisa terhindar dari berbagai risiko penyakit jantung.

Manfaat
Lantas, selain asam lemak omega 3, adakah kandungan nutrisi lainnya dari ikan salmon yang bermanfaat bagi ibu hamil? Berikut ini ialah penjelasannya:
• DHA (docosahexaenoic acid)
DHA berfungsi untuk mengantarkan rangsangan dari saraf menuju ke otak, mengoptimalkan indera penglihatan sehingga janin akan terhindar dari risiko kebutaan. DHA pun berperan untuk mencegah keguguran.
• EPA (eicosapentaenoic acid)
EPA berperan dalam pembentukan sel darah serta organ jantung. Selain itu EPA pun berfungsi untuk melancarkan sistem sirkulasi darah.
• Protein dan vitamin
Praotein dan vitamin dalam ikan salmon berperan sangat baik dalam pertumbuhan otot janin serta meningkatkan sistem imun (kekebalan tubuh). Disamping itu, protein memberikan manfaat mengatur pertumbuhan hormone, sebagai sumber energi, dan mengatur sistem metabolisme tubuh.
• Vitamin
Sedangkan vitamin, khususnya vitamin A, dapat membantu meningkatkan kesehatan mata sehingga mengoptimalkan fungsi indera penglihatan. Vitamin D dapat mencegah osteoporosis, vitamin B6 bisa meningkatkan kesehatan jantung, serta vitamin E baik untuk menjaga kesehatan kulit.
• Antioksidan
Antioksidan yang terkandung pada daging ikan salmon sangat bermanfaat bagi ibu serta janin untuk menjaga kehamilan tetap sehat hingga proses melahirkan. Antioksidan pun membantu tubuh mengeluarkan racun.
• Asam amino
Asam amino dalam daging ikan salmon membantu pembentukan sel darah merah serta sel darah putih dan meningkatkan kemampuan otak. Nutrisi dalam ikan salmon ini pun membantu anda terhindar dari risiko untuk terkena anemia.

Tips Aman untuk mengonsumsi Ikan Salmon
Mungkin sebagian dari anda masih bimbang dengan pilihan mengkonsumsi ikan salmon ketika sedang menjalani masa kehamilan. Apakah anda pernah mendengar mengenai makanan yang berasal dari laut bisa tercemar oleh logam merkuri serta PCB? Hal ini sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan dengan syarat kita tahu cara yang benar untuk mengonsumsi ikan salmon. Berikut ialah beberapa tips untuk anda:

• Pilihlah ikan salmon yang masih segar, bukan yang berbentuk kalengan / yang sudah dibekukan. Ikan salmon yang masih segar bisa dilihat dari ciri-ciri tampilannya. Daging ikan salmon segar berwarna cerah serta tidak pucat. Garis-garis yang ada pada daging ikan salmon terlihat jelas. Daging ikan salmon segar tidak akan memiliki bau yang menyengat. Bila dipegang daging ikan salmon segar tidak akan mudah hancur.
• Pastikan anda mengetahui habitat ikan salmon yang akan anda makan. Mungkin ini agak sulit untuk dibedakan. Namun tidak ada salahnya bila anda membeli daging ikan salmon di tempat penjualan yang sudah terpercaya. Tempat hidup salmon ikuut menentukan apakah ia terkontaminasi oleh zat pencemaran / tidak.
• Masaklah daging ikan salmon dengan baik dan benar. Usahakan untuk memakannya setelah benar-benar matang. Hal ini membuat daging ikan salmon lebih aman untuk dikonsumsi.
• Konsumsi ikan salmon yang dianjurkan untuk seorang ibu hamil ialah tidak lebih dari 2x dalam seminggu. Maka bila anda ingin tetap sehat, perhatikanlah batas konsumsi ikan salmon tersebut.

About seli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates