Wednesday , 29 March 2017
Home » Info Kesehatan » Kesehatan Mata yang Perlu Anda Ketahui saat Hamil

Kesehatan Mata yang Perlu Anda Ketahui saat Hamil

Kesehatan Mata yang Perlu Anda Ketahui saat Hamil

Kesehatan Mata yang Perlu Anda Ketahui saat Hamil

Kesehatan Mata yang Perlu Anda Ketahui saat Hamil

Kesehatan Mata yang Perlu Anda Ketahui saat HamilĀ  – Ketika hamil, banyak hal yang perlu Anda perhatikan, salah satunya ialah kesehatan mata Anda. Sadar / tidak, kehamilan pun memberi dampak pada indra ini. Tidak banyak diketahui para calon ibu bahwa kehamilan bisa memengaruhi kerja indra penglihatan. Ya, mual-mual, perut yang membesar, dan mood swing bukanlah satu-satunya hal yang akan Anda hadapi saat kehamilan, gangguan penglihatan seperti pandangan buram serta mata kering pun wajar dialami ibu hamil. Perubahan hormon, metabolisme tubuh, serta sirkulasi darah bisa memengaruhi mata Anda. Gangguan ini dapat muncul mulai trimester awal hingga akhir kehamilan. Dr. Rini Hersetyati, SpM, ophthalmologist, dokter mata dari Klinik Mata Nusantara, menjelaskan bahwa biasanya gangguan penglihatan selama kehamilan bersifat minor serta akan pulih setelah kehamilan setelah serta kerja hormon tubuh kembali normal. Berikut beberapa gangguan mata tersebut:

1. Gangguan retina
Gangguan ini biasanya terjadi karena ibu hamil memang telah memiliki kelainan retina sebelum kehamilan, seperti miopia tinggi. Gangguan ini umumnya ditandai dengan munculnya benda-benda kecil yang seperti mengambang pada pandangan mata, muncul pijar-pijar cahaya serta pandangan menjadi kabur. Periksakan keadaan retina ke dokter mata guna mencegah robekan retina pada ibu hamil yang mengalami hal itu.

2. Mata kering
Gangguan ini disebabkan karena kurangnya produksi air mata / gangguan penguapan, sehingga menyebabkan mata terasa kering, mengganjal serta panas. Pencetus mata kering selama kehamilan ialah perubahan hormon, serta bersifat sementara. Gangguan ini akan hilang usai melahirkan. Penyebab lainnya ialah penurunan sensitivitas kornea yang menyebabkan produksi air mata berkurang. Biasanya dokter akan memberikan tetes air mata buatan yang khusus bagi ibu hamil. Penggunaan gadget yang berlebihan juga bisa menyebabkan mata kering karena menyebabkan frekuensi mata untuk berkedip menjadi berkurang.

3. Mata merah
Gangguan ini disebabkan karena pembuluh darah konjungtiva melebar, atau bisa juga karena adanya perdarahan pada subkonjungtiva. Alergi, penyakit autoimun, iritasi, serta tekanan pada bola mata juga ialah penyebab mata merah. Segera periksakan ke dokter bila mata merah tidak kunjung berkurang.

4. Edema kornea
Pada kasus ini, biasanya ibu hamil akan mengalami penglihatan yang buram, serta merasa tidak nyaman memakai lensa kontak. Hal ini disebabkan oleh terjadi gangguan pompa kornea yang menyebabkan banyaknya cairan masuk / tertahan di dalam lapisan kornea yang menyebabkan kornea menjadi lebih tebal serta kelengkungannya berubah. Walaupun keadaan ini hanya bersifat sementara, akan tetapi hendaknya ibu hamil memeriksakan diri ke dokter mata guna memastikan.

5. Berkurangnya penglihatan karena hipertensi
Hal ini disebabkan karena perubahan tekanan darah pada pembuluh darah retina. Gangguan ini harus dikonsultasikan dengan dokter mata.

6. Penglihatan buram yang disebabkan oleh diabetes gestasional (diabetes yang terjadi selama masa kehamilan)
Gangguan mata ini disebabkan karena tingginya kadar gula pada darah serta merusak pembuluh darah yang bertugas menyuplai retina pada mata. Segera periksa ke dokter mata guna memastikan apakah terjadi retinopati / tidak.

7. Pandangan berkunang-kunang
Gejala dari gangguan mata ini merupakan perasaan ingin jatuh atau kepala terasa berat, sehingga menyebabkan ibu hamil kehilangan keseimbangan. Biasanya ibu hamil yang mengalami anemia serta kekurangan zat besi yang merasakan gangguan ini.

8. Migren dan Sakit Kepala
Migren dan sakit kepala wajar terjadi pada ibu hamil sebagai akibat dari perubahan hormon tubuh. Dalam beberapa kasus, saat migren menyerang, mata akan menjadi lebih sensitif terhadap cahaya. Kondisi ini juga berlaku sebaliknya. Ketika hamil, mata menjadi lebih sensitif pada cahaya sehingga paparan sinar yang berlebihan pada mata bisa menyebabkan migren.

Ibu hamil perlu untuk selalu memperhatikan kesehatan mata, misalnya dengan memberikan perlindungan pada mata ketika beraktivitas di luar rumah pada pagi dan siang hari. Gunakan payung / kacamata hitam yang bisa mengurangi jumlah sinar matahari serta paparan ultraviolet ke dalam mata. Selain itu hindari penggunaan lensa kontak apabila anda terindikasi mengalami mata kering.
Semoga artikel ini bisa menambah informasi dan bermanfaat bagi kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates