Thursday , 21 September 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Membersihkan Karang Gigi Dengan Mudah

Membersihkan Karang Gigi Dengan Mudah

Membersihkan Karang Gigi Dengan Mudah

Membersihkan Karang Gigi Dengan Mudah

Membersihkan Karang Gigi Dengan Mudah

Membersihkan Karang Gigi Dengan Mudah – Karang gigi atau plak gigi adalah semacam kotoran yang menempel pada gigi yang muncul karena sisa-sisa makanan yang pada gigi. Penyebab karang gigi dapat diakibatkan karena seseorang tidak menyikat gigi, terutama setelah makan dan sebelum tidur. Sisa makanan yang menempel di gigi akan mengeras kemudia menjadi karang gigi. Karang gigi ini dapat menyebar ke seluruh bagian gigi lalu menimbulkan bau tidak sedap.

Ditinjau dari bahannya, pengobatan karang gigi dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu tradisional dan metode medis/klinis yang dilakukan oleh dokter gigi. Mengobati karang gigi dengan cara tradisional tidak kalah ampuh dengan metode medis. Berikut adalah metode tradisional rumahan yang dapat dilakukan dengan mudah di rumah dan aman untuk gigi.

1. Menyikat gigi sebelum tidur dan sesudah makan
Seperti yang selalu dikampanyekan, termasuk iklan-iklan produk kesehatan gigi, bahwa menyikat gigi sebelum tidur dan sesudah makan adalah cara utama untuk menjaga kesehatan gigi. Menghilangkan karang gigi dapat dilakukan dengan rajin menyikat gigi setiap hari. Dengan menyikat gigi, sisa-sisa makanan yang terselip akan mudah dibersihkan sehingga tidak akan menumpuk pada gigi. Untuk menghilangkan karang gigi, sebaiknya menyikat gigi paling sedikit dua kali setiap hari.

2. Menggunakan pasta gigi khusus
Pasta gigi termasuk dalam faktor yang menentukan pembersihan karang gigi. Pilihlah pasta gigi yang tepat untuk seperti pasta gigi yang mengandung fluoride, atau tartar control. Kandungan zat tersebut sangat ampuh untuk menghilangkan karang gigi dan dapat memperkuat gigi.

3. Kulit Jeruk.
Menggunakan kulit jeruk termasuk cara tradisional yang ampuh untuk menghilangkan plak gigi. Caranya tinggal menyikatan kulit jeruk yang masih segar bagian dalam ke gigi. Kandungan asam dalam kuli jeruk dapat melarutkan plak gigi. Jika dilakukan setelah makan akan efektif untuk menghilangkan bau mulut.

4. Cengkeh.
Tanaman cengkeh sudah diketahui umum sebagai obat yang ampuh untuk menghilangkan plak gigi. Caranya menggunakannya sangat mudah, yaitu anda tinggal menyikatkan cengkeh ke plak gigi, setelah itu dilanjutkan dengan berkumur.

5. Strawberry.
Buah yang sangat terkenal dan lezat ini kaya dengan vitamin C yang bisa membantu membersihkan karang gigi. Sering mengonsumsi strawberry sangat baik untuk menghilangkan karang gigi karena kandungan asam askorbat atau vitamin C dapat melarutkan plak gigi.

7. Apel
Memakan apel termasuk salah satu cara yang paling mudah. Tentunya kandungan vitamin C dalam apel dapat membantu menghilangkan plak gigi, sama halnya seperti buah strawberry. Selain itu, nutrisi dalam buah apel sangat baik untuk kesehatan dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga membuat tubuh tidak mudah sakit.

8. Melon
Buah melon kaya dengan serat alami, sehingga dengan mengonsumsinya akan meningkatkan produksi air liur. Hal ini dapat meningkatkan kebersihan gigi dan mulut sehingga mencegah dan membersihkan karang gigi. Selain itu, melon juga mengandung vitamin C yang dapat membersihkan karang gigi dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

9. Flossing
Menggunakan Dental Floss atau Flossing adalah alternatif yang dapat dilakukan untuk membersihkan karang gigi. Dental floss atau benang gigi akan mengikis karang gigi secara akurat dan kuat sehingga karang gigi yang membandel benar-benar hancur dan menghilang dari gigi. Semua dokter gigi menyarankan penggunaan dental floss sebagai cara pamungkas untuk membersihkan gigi ketika sikat gigi dan obat kumur saja tidak cukup.

10. Air Putih
Minum air putih adalah cara yang paling mudah dan paling sederhana untuk menghilangkan karang gigi. Air putih diketahui memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Selain melancarkan pencernaan, air putih juga melancarkan metabolisme tubuh. Mungkin jarang diketahi bahwa air putih juga dapat membersihkan karang gigi. Anda hanya harus rutin minum air putih setiap hari, setidaknya delapan gelas sehari. Untuk membersihkan karang gigi hanya perlu berkumur-kumur saja.

Apabila beberapa saran tersebut belum berhasil, maka sebaiknya segera mengunjungi dokter gigi untuk memeriksakan kondisi gigi. Demikianlah beberapa cara alami menghilangkan karang gigi yang bisa dengan mudah dilakukan di rumah, semoga bermanfaat bagi kita semua.

About seli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates