Saturday , 27 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Mengatasi Sakit Kepala Pada Ibu Hamil

Mengatasi Sakit Kepala Pada Ibu Hamil

Mengatasi Sakit Kepala Pada Ibu Hamil

Mengatasi Sakit Kepala Pada Ibu Hamil

Mengatasi Sakit Kepala Pada Ibu Hamil

Mengatasi Sakit Kepala Pada Ibu Hamil – Perubahan hormon yang terjadi pada ibu hamil dapat menimbulkan berbagai kondisi kesehatan, seperti mual dan muntah, emosi tidak stabil bahkan sakit kepala. Namun sakit kepala yang muncul tidak selalu disebabkan komposisi hormonal. Meskipun demikian, rasa sakit kepala tersebut tetap harus mendapatkan penanganan untuk meringankan beban ibu hamil. Sementara itu, tentunya ibu hamil harus menghindari penggunaan obat-obatan, maka perlu penanganan non medis. Berikut adalah beberapa tips untuk mengatasi sakit kepala pada ibu hamil.

1. Mencari pemicu sakit kepala
Ibu yang hamil trimester pertama sering mengalami rasa sakit kepala. Untuk membantu mengenali pemicu sakit kepala dengan spesifik, dapat dengan cara menuliskan makanan, minuman atau obat yang dikonsumsi selama 24 jam terakhir sebelum sakit kepala. Jika pemicunya telah diketahui, maka makanan atau aktivitas tersebut harus dihindari.

2. Menggunakan kompres
Kompres di kepala adalah salah satu teknik yang dapat dilakukan untuk kebanyakan ibu hamil. Memakan kompres hangat atau dingin di dahi dapat mengurangi rasa sakit kepala yang dialami ibu hamil. Ibu juga dapat menggunakan air dingin jika sering mengalami sakit kepala di usia kehamilan trimester ketiga karena biasanya sakit kepala akan lebih mudah diredakan.

3. Mandi
Meskipun terbilang kegiatan yang biasa saja, ternyata mandi dapat mengurasi rasa sakit kepala pada ibu hamil dengan baik dan tanpa efek samping. Bagi ibu yang menderita migrain, mandi dengan air dingin dapat membantu mengurangi rasa sakit yang dialami. Jika kondisi ibu tidak memungkinkan mandi, memercikkan air dingin pada wajah saja. Rasa segar pada wajah akan mengurangi sakit kepala.

4. Hindari kelelahan
Kelelahan dengan berbagai aktivitas dapat memicu sakit kepala, bahkan pada ibu hamil yang gampang lelah. Maka menghindari kelelahan adalah cara yang bijak untuk mengurangi sakit kepala, juga menghindari resiko kesehatan lain yang tidak diinginkan. Sedapat mungkin sediakan waktu untuk istirahat tidur siang di sela-sela aktivitas pada siang hari. Namun apabila tidak memungkinkan, bisa beristirahat dengan cara megambil posisi badan rileks dan santai lalu menarik napas panjang. Untuk mempercepat penyembuhan sakit kepala, dapat juga dengan menempati ruangan yang tenang dan gelap untuk melakukan relaksasi.

5. Aktivitas fisik saat masa kehamilan
Beberapa aktivitas fisik pada masa hamil mampu mencegah munculnya rasa sakit kepala. Olahraga teratur dapat mengurangi migrain serta stress ibu hamil yang dapat menyebabkan sakit kepala karena ketegangan otot tubuh. Ibu hamil yang sering mengalami sakit kepala atau migrain, sebaiknya memilih satu jenis olahraga ringan untuk dapat dilakukan secara teratur. Penting untuk diperhatikan bahwa jangan berolahraga saat mengalami sakit kepala karena akan memperparah rasa sakitnya.

6. Minum teh herbal
Teh herbal adalah teh yang diseduh dari tanaman selain tanaman teh, seperti bunga chamomile, lemon atau bunga lavender. Untuk menghindari resiko yang tidak diketahui, sebaiknya dikonsultasikan dulu dengan dokter apakah jenis teh herbal tertentu aman untuk ibu hamil. Selain mengandung nutrisi yang bermanfaat, teh herbal dapat memberikan efek rileks yang meringankan rasa sakit kepala.

7. Menggunakan aromaterapi
Dewasa ini teknik aromaterapi telah akrab dan biasa dipakai oleh orang-orang awam. Wangi minyak aromaterapi seringkali dipakai untuk memberikan rasa rileks dan santai, terutama untuk orang yang membutuhkan ketenangan seperti ibu hamil. Di antara beberapa jenis minyak aromaterapi, wangi lavender, peppermint atau jasmine dikenal dapat memciptakan rasa tenang. Minyak aromaterapi dapat diteteskan pada tisu atau saputangan untuk dihirup, dioleskan ke pelipis atau dituang ke cawan penguap yang dipanaskan untuk membuat ruangan menjadi wangi.

8. Mengonsumsi jahe
Jahe merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang sangat terkenal bahkan sebelum kedatangan bangsa eropa ke nusantara. Teh atau minuman yang dibuat dari jahe dapat memberikan rasa nyaman, hangat, dan baik untuk tubuh tentunya tanpa efek samping. Rasa santai yang didapat akan mengurangi sakit kepala.

9. Minum Air Putih dan Tidur yang Cukup
Fluktuasi hormon yang terjadi pada ibu hamil seringkali menyebabkan sakit kepala. Dengan memperbanyak minum air putih hingga dua sampai tiga liter perhari dan mendapat jam tidur yang cukup sekitar enam sampai delapan jam akan membantu tubuh untuk mengatasi perubahan hormon yang terjadi sehingga lebih kuat untuk menghadapi masalah kesehatan yang muncul karena kehamilan.

10. Massage atau Dipijit
Memijit bagian yang lelah dapat mengurangi rasa sakit kepala dengan aman saat kehamilan Bagian-bagian yang sering lelah dan memicu sakit kepala adalah leher, bahu, dan kaki. Selain itu, pijatan akan membuat ibu hamil merasa rileks dan bahagia, terutama jika dipjat oleh suami karena dapat menimbulkan perasaan disayang dan diperhatikan. Hal ini sangat baik bagi tumbuh kembang janin, dan dapat berpengaruh baik pada mentalnya.

About seli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates