Monday , 24 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Mengonsumsi Steak saat Hamil

Mengonsumsi Steak saat Hamil

Mengonsumsi Steak saat Hamil

Mengonsumsi Steak saat Hamil

Mengonsumsi Steak saat Hamil

Mengonsumsi Steak saat Hamil – Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan jenis makanan lezat yang satu ini. Akan tetapi mungkin kini di dalam benak anda tersirat berbagai pertanyaan. Amankah steak dijadikan sebagai menu makanan anda ketika sedang dalam masa kehamilan? Apakah steak dapat memberikan manfaat bagi tubuh anda? Apakah steak bisa membahayakan ketika dikonsumsi pada masa kehamilan? Adakah cara untuk mengonsumsi steak dengan cara yang aman? Mari kita bahas mengenai Mengonsumsi steak saat hamil.
Steak yang adalah makanan yang berasal dari Eropa, kini steak memang menjadi salah satu menu makanan yang sudah banyak digemari oleh masyarakat. Makanan berat berbahan dasar daging yang dipanggang / digoreng ini mempunyai beragam varian. Bahkan steak saat ramah terhadap para vegetarian sebab ada steak yang dimodifikasi dengan berbahan dasar tempe, jamur, dan berbagai jenis sayuran.

Konsumsi Daging Steak
Salah satu yang membuat steak sangat diminati ialah pilihan sausnya yang bisa disesuaikan dengan selera banyak orang. Steak biasanya dilengkapi dengan kentang ketika penyajiannya. Akan tetapi pada masa sekarang, sudah banyak penjual steak yang menyediakan nasi untuk memenuhi selera bagi sebagian besar masyarakat Indonesia.
Cara penyajian steak berbeda-beda. Di berbagai kedai steak / restoran yang menyediakan menu satu ini, anda dapat memesannya sesuai dengan keinginan dan selera. Anda dapat memesan steak yang dimasak setengah matang / matang sempurna.
Steak memang dapat menjadi makanan yang sangat menggugah selera. Tapi tahukah anda bila steak mempunyai efek samping jika dikonsumsi oleh ibu hamil? Apabila anda ialah wanita yang sedang dalam masa kehamilan, sebaiknya anda berhati-hati ketika mengonsumsi berbagai jenis makanan. Termasuk salah satu jenis makanan ini. Memang ketika hamil, anda akan dituntut untuk selalu memperhatikan makanan yang anda konsumsi. Lalu apa saja yang perlu anda perhatikan dari konsumsi steak itu sendiri? Mari kita lihat penjelasannya berikut ini!

Bahaya
Jika anda adalah seorang ibu hamil yang sangat menggemari steak, anda sebaiknya benar-benar memperhatikan konsumsi steak yang anda konsumsi mulai dari sekarang. Daging steak bila dikonsumsi secara sembarangan ketika hamil, akan memberikan dampak yang tidak baik pada diri anda juga janin dalam kandungan.
Daging steak yang dimasak setengah matang bisa mengandung parasit yang menyebabkan toxoplasmosis. Toxoplasmosis ialah infeksi yang disebabkan oleh parasit. Penyakit ini bisa menyebabkan keguguran, membahayakan keselamatan janin dalam kandungan / bayi meninggal saat dilahirkan.

Gejala toxoplasmosis bisa dirasakan setelah beberapa minggu anda terinfeksi, yaitu berupa flu parah ketika hamil.
Daging steak yang tidak dimasak dengan baik bisa mengandung bakteri salmonela yang menyebabkan tifus serta listeria yang bisa membahayakan bayi anda serta anda sendiri. Bakteri yang ikut masuk ke dalam tubuh bisa menyebabkan infeksi serta risiko terkena penyakit. Di sisi lain, sistem imun selama hamil bisa mengalami penurunan.
Daging merah seperti daging sapi banyak mengandung lemak jenuh yang tidak baik bagi jantung. Apabila dikonsumsi melebihi batas normal ketika hamil, hal ini bisa membahayakan pertumbuhan serta perkembangan janin. Bukan hanya itu, ibu yang sedang hamil akan mendapatkan risiko terkena penyakit jantung.
Apabila anda mengkonsumsi daging steak yang tidak dimasak sampai matang (setengah matang / mentah) akan bisa memberikan efek jangka panjang pada kehamilan berupa kecacatan saraf, masalah pendengaran serta masalah penglihatan, keterbelakangan mental juga keterlambatan perkembangan pada janin di dalam kandungan.

Manfaat
Meski mengkonsumsi steak ketika hamil bisa membahayakan kehamilan. Apabila steak diolah dengan benar dan matang sempurna, dikonsumsi dalam batas normal serta sesuai dengan anjuran dokter atau ahli gizi, maka akan memberikan beberapa manfaat bagi anda. Berikut ialah beberapa manfaat mengkonsumsi steak ketika hamil, yaitu :
• Steak diperkaya oleh vitamin B12 yang dapat membantu pembentukan sel saraf di dalam otak janin. Kekurangan vitamin B12 ini bisa membuat anda terkena risiko berbagai penyakit seperti anemia saat hamil serta kelelahan.
• Konsumsi steak bisa membantu dalam mengurangi risiko gangguan pencernaan sebab menyediakan vitamin yang diperlukan.
• Konsumsi steak juga bisa membantu anda mendapatkan tidur yang nyenyak. Selama masa kehamilan, terdapat kemungkinan anda akan merasa kesulitan untuk mendapatkan tidur yang baik sebab perut yang membesar serta perubahan hormon.
• Steak menjadi sumber protein serta manfaat zat besi bagi ibu hamil yang diperlukan selama masa kehamilan.

About seli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates