Friday , 24 March 2017
Home » Info Kesehatan » Minuman Sehat Untuk Ibu Hamil

Minuman Sehat Untuk Ibu Hamil

Minuman Sehat Untuk Ibu Hamil

Minuman Sehat Untuk Ibu Hamil

Minuman Sehat Untuk Ibu Hamil

Minuman Sehat Untuk Ibu Hamil – Merasa haus bagi ibu hamil merupakan hal yang wajar dan sering terjadi. Kondisi ini disebabkan karena penyerapan air berlangsung banyak dan cepat. Selain itu memang wanita yang sedang hamil membutuhkan banyak nutrisi untuk dirinya dan janin yang sedang dikandung. Oleh sebab itu, ibu hamil perlu diberikan minum yang banyak, terutama dengan penambahan nutrisi yang tepat. Berikut ini beberapa minuman sehat yang seringkali direkomendasikan dokter untuk dikonsumsi ibu hamil.

1. Susu bebas lemak
Penyerapan kalsium ibu hamil akan meningkat dua kali lebih cepat, oleh karena itu sangat dianjurkan untuk banyak minum susu, terutama susu rendah lemak atau susu bebas lemak karena lebih sehat daripada susu biasa, mengandung lebih banyak kalsium dan tidak menyebabkan obesitas. Konsumsi rutin susu bebas lemak membantu perkembangan janin dan meningkatkan daya tahan janin dalam rahim.

2. Air kelapa
Mungkin banyak orang yang tidak mengetahui bahwa air kelapa sangat baik untuk ibu hamil. Air kelapa adalah minuman isotoknik alami yang efektif mencegah dehidrasi. Isotonik artinya memiliki konsentrasi ion-ion yang sama dengan cairan tubuh. Selain itu, rasa segar air kelapa saangat baik untuk menyegarkan tubuh dan menghilangkan dahaga. Minuman ini dapat menyehatkan janin dan menguatkan kondisi ibu sehingga tubuhnya prima saat melahirkan.

3. Air lemon
Buah lemon kaya dengan kandungan vitamin C sehingga sangat baik untuk daya tahan tubuh, dan mencegah sariawan. Air perasan lemon yang dicampur dengan sedikit garam dan beberapa potong daun mint dapat menjadi minuman yang menyehatkan dan menyegarkan bagi ibu hamil. Pada kehamilan trimester pertama, kebanyakan ibu hamil mengalami morning sickness seperti mual-mual. Air lemon ini dapat mengurangi rasa mual dengan efektif sekaligus memberi nutrisi.

4. Smoothie
Smoothie sendiri adalah buah-buahan yang diblender lalu ditambahkan sedikit susu. Minuman ini sangat kaya dengan kandungan kalsium, protein, dan serat yang baik untuk pencernaan dan metabolisme tubuh. Smoothie membawa nutrisi dari buah yang digunakan dan tentunya dari susu.

5. Jus buah
Seperti yang diketahui, buah-buahan sangat baik untuk kesehatan, sehingga ibu hamil perlu diberi nutrisi buah. Berikut adalah beberapa buah yang baik dijadikan jus untuk ibu hamil.
a. Jus Semangka
Kebanyakan orang terutama ibu hamil menghindari buah semangka karena takut membuat sakit perut. Namun buah yang kaya air ini tentunya sangat ampuh menghilangkan rasa haus karena kandungan airnya yang sangat tinggi. Kandungan air dan vitaminnya dapat menyegarkan dan memberi nutrisi bagi ibu hamil. Sebaiknya semangka dikonsumsi siang hari dimana tubuh sangat membutuhkan air.

b. Jus Jeruk
Jeruk kaya dengan vitamin C sehingga jus jeruk tentunya dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan menurunkan resiko terjadinya infeksi selama hamil. Selain itu, jeruk dapat membantu proses detoksifikasi atau pengeluaran racun dari dalam tubuh.

c. Jus Ceri
Buah mungil yang berwarna merah ini sangat baik untuk meningkatkan kualitas tidur di malam hari karena akan membuat tubuh lebih rileks jika dikonsumsi rutin. Selain itu, kandungan vitamin C nya juga tinggi.
d. Jus Alpukat
Konsumsi alpukat dengan rutin setiap hari sangat baik bagi ibu hamil khususnya trimeser ketiga. Sendiri selain kaya vitamin C, alpukar juga mengandung vitamin E dan K yang sangat penting bagi ibu hamil dan janin dalam kandungannya. Vitamin E dalam alpukat adalah prolaktin yang berperan untuk produksi ASI dan menjaga keseimbangan psikologis ibu.
e. Jus Buah Apel
Buah apel mengandung banyak sekali manfaat bagi ibu hamil. Misalnya menyembuhkan bengkak pada tubuh ibu, melancarkan pencernaan dan sulit buang air besar, serta bisa membantu menurunkan tekanan darah.

6. Jus sayuran
Jus sayuran tidak kalah khasiatnya dengan jus buah. Sayur yang dapat dijadikan jus misalnya campuran bayam dan daun mint atau wortel dengan tomat sangat baik untuk menghilangkan dahaga saat hamil. Kedua jus tersebut kaya dengan kandungan zat besi dan vitamin A yang dapat membuat tubuh penuh energi.

7. Teh Hijau
Teh hijau bagi ibu hamil masih menjadi perdebatan apakah aman atau sebaiknya dihindari. Namun jika dikonsumsi secukupnya, kandungan antioksidan dalam teh hijau sangat bagus untuk menjaga ibu dan janin dari resiko penyakit, serta mampu membuat ibu menjadi lebih rileks. Meski demikian, kandungan kafein dalam teh tidak baik bagi ibu hamil sehingga sebaiknya tidak diminum lebih dari satu cangkir sehari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates