Saturday , 21 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Resiko Mengonsumsi Bakso Bagi Ibu Hamil

Resiko Mengonsumsi Bakso Bagi Ibu Hamil

Resiko Mengonsumsi Bakso Bagi Ibu Hamil

Resiko Mengonsumsi Bakso Bagi Ibu Hamil

Resiko Mengonsumsi Bakso Bagi Ibu Hamil

Resiko Mengonsumsi Bakso Bagi Ibu Hamil – Apabila dikatakan bahwa bakso iaalah makanan yang berbahaya bagi ibu hamil, jawabannya mungkin Ya. Namun, kita perlu menguraikan terlebih dahulu mengenai isi dari menu bakso yang dikonsumsi sebab, sebenarnya tidak hanya bola-bola bakso yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, tetapi juga campuran dari bahan-bahan bakso itu. Oleh karena itu, bakso dikatakan berbahaya bagi ibu hamil jika disajikan dengan cara yang tidak benar. Yang dimaksud dengan tidak benar di sini ialah baik dari bahan ataupun cara pengolahannya. Bahkan, sudah bukan barang baru lagi bila kita mendengar berita bahwa terdapat bahan makanan yang tidak lazim dimasukkan kedalam campuran bakso, atau terdapat zat-zat kimia berbahaya, seperti formalin, yang ada di dalamnya. Hal itulah yang menyebabkan bakso jadi berbahaya jika dikonsumsi, tidak hanya oleh ibu hamil, tetapi juga oleh semua orang. Oleh karena kandungan berbahaya seperti yang terkandung di dalam bakso, akibatnya ibu hamil serta janin juga terkena dampaknya, diantaranya:

1. Merusak Saraf Janin
Salah satu kandungan terbesar dalam makanan bakso ialah adanya Monosodium Glutamate / MSG. Konsumsi MSG ketika masa kehamilan berisiko mengganggu perkembangan sel otak janin serta juga dapat menyebabkan terjadinya gangguan sampai kerusakan pada sel saraf janin. Sedangkan risiko pada Ibu jika terlalu sering mengkonsumsi MSG akan meningkatkan risiko untuk terkena kanker payudara (CA Mamae). Padahal, semua penyakit yang diderita oleh ibu hamil juga dapat meningkatkan risiko kegawatdaruratan bagi janin. Akibatnya, janin menjadi rentan terhadap berbagai amcam penyakit.

2. Meningkatkan Risiko Hipertensi dalam Kehamilan
Selain tinggi akan kadar MSG, bakso pun biasanya mempunyai kandungan garam yang sangat banyak. Padahal, ibu hamil disarankan untuk mengurangi konsumsi garam yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.
Di dalam garam serta MSG terdapat Natrium (Na) yang dapat membuat retensi cairan tubuh. Hal ini bisa berdampak pada meningkatnya volume darah sehingga menyebabkan tekanan darah menjadi meningkat serta ibu hamil pun jadi mengalami hipertensi (tekanan darah tinggi). Walaupun Natrium tidak berpengaruh terhadap ringan atau beratnya penyakit Preeklampisa dan Eklampsia, akan tetapi penyakit tekanan darah tinggi selama kehamilan tetap perlu dihindari karena hipertensi sendiri merupakan salah satu tanda akan adanya keracunan kehamilan (preeklampsia).

3. Risiko Bayi Lahir Cacat
Pada olahan daging bakso yang tidak baik, dari binatang yang tidak halal, atau dibuat oleh oknum nakal yang menggunakan hewan yang telah mati terlebih dulu / bangkai tentu dapat mengandung parasit hingga mikroorganisme berbahaya lainnya seperti Toksoplasma yang bisa membahayakan terutama bagi pertumbuhan fisik janin. Kelainan seperti lahir tanpa tungkai bawah, jari yang tidak utuh serta tidak lengkap, kelainan jantung, hydrocephalus, sampai ketidaksempurnaan bentuk serta struktur tengkorak ialah manifestasi dari ibu yang dalam keadaan hamil yang mengidap virus Toksoplasma. Oleh karena itu, pengolahan daging harus benar-benar diperhatikan dengan seksama. Daging mentah ialah inang yang sangat baik bagi berbagai virus termasuk Toksoplasma.

4. Keguguran
Selain bola dagingnya, bakso pun mengandung sayuran seperti sawi serta seledri yang kemungkinan dalam perkembangbiakkannya, para petani telah menggunakan zat kimia seperti pestisida / insektisida. Menurut penelitian yang dilakukan di America, kandungan pestisida serta insektisida pada sayuran apabila tidak dicuci bersih, lalu masuk ke dalam tubuh manusia, maka akan mengganggu proses pencernaan serta metabolisme tubuh. Bagi ibu hamil berisiko menyebabkan terjadinya keguguran, , kelainan organ jantung, kelainan anggota gerak tubuh, kelainan saraf, bahkan juga dapat menyebabkan terjadinya berbagai komplikasi pada kehamilan.

5. Meningkatkan Asam Lambung
Mengonsumsi bakso rata-rata disertai dengan cuka / jeruk yang keduanya sama-sama bersifat asam terhadap lambung sehingga dapat menyebabkan ibu hamil menderita penyakit maag.
Penyakit maag yang tidak segera ditangani dapat menyebabkan gangguan pada kehamilan yaitu stres pada kandungan serta meningkatkan risiko akan terjadinya keguguran.

Namun, jika ibu hamil tetap ingin mengonsumsi bakso, lebih baik jangan terlalu sering serta ada baiknya untuk membuat bakso sendiri sehingga ibu dapat mengetahui dengan pasti bahan yang digunakan dan sebaiknya tidak menggunakan penyedap rasa.

About seli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates