Sunday , 26 March 2017
Home » Info Kesehatan » Seputar Kandungan dalam Kangkung

Seputar Kandungan dalam Kangkung

Seputar Kandungan dalam Kangkung

Seputar Kandungan dalam Kangkung

Seputar Kandungan dalam Kangkung

Seputar Kandungan dalam Kangkung – Sayuran kangkung merupakan salah satu jenis makanan yang sangat digemari oleh masyarakat luas khususnya masyarakat di pedesaan. Selain harganya yang terjangkau, ternyata kangkung sangat berguna sebagai obat dan mencegah berbagai penyakit. Kangkung yang mempunyai batang yang menjalar serta sangat cocok untuk tumbuh di perairan seperti sawah, sungai dan lain sebagainya. Kangkung yang awalnya berasal dari negara India ini sudah banyak tersebar di negara-negara Asia, termasuk di Negara Indonesia. Kandungan yang terdapat pada kangkung cukup berkhasiat. Berikut merupakan penjelasan kandungan kangkung dan fungisnya, diantaranya:1. Mengandung Zat Besi
Zat besi dalam kangkung berfungsi sebagai alat pengakut oksigen dari paru-paru ke bagian seluruh tubuh. Zat besi disini juga berguna sebagai pembantu dalam pembentukan hemoglobin di dalam tubuh untuk mencegah terjadinya anemia.

2. Memiliki Kandungan Protein
Dalam Kangkung terdapat kandungan Protein yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah sebagai pengatur metabolisme dalam tubuh. Tubuh yang tidak seimbang kadar proteinnya bisa lebih mudah sakit. Selain itu juga Protein dalam kangkung sangat berguna dalam proses regenerasi sel kulit.

3. Vitamin C
Vitamin C bukan hanya terdapat pada buah jeruk, akan tetapi dalam sayuran hijau ini juga. Vitamin C ini sangat baik untuk mencegah kanker, kesehatan kulit, dan juga mencegah diabetes.

4. Lemak
Tidak selamanya Lemak itu buruk, jika selama di konsumsi secara tidak berlebihan. Lemak merupakan salah satu sumber energi yang baik untuk tubuh. Bagi yang mempunyai aktifitas yang cukup padat, sangat wajib memilih makanan dengan kandungan lemak. Lemak juga sangat berpengaruh dalam pembetukan sel dalam tubuh serta menjaga organ tubuh.

5. Vitamin A
Mungkin Vitamin A identik dengan jenis makanan seperti wortel dan tomat. Akan tetapi, jangan sangka sayuran hijau ini juga ternyata mengandung Vitamin A. Vitamin A yang berfungsi dapat menjaga kesehatan mata, akan mempercepat penyembuhan luka, dapat mencegah kanker, dan dapat membantu pembentukan sperma, indung telur serta plasenta pada saat hamil. Akibat kekurangan Vitamin A, dapat menyebabkan berkurangnya imunitas pada tubuh.

6. Mengandung Karbohidrat
Karbohidrat bukan hanya tedapat pada nasi saja, karbohidrat juga terdapat dalam sayuran kangkung. Karbohidrat berfungsi untuk menjaga metabolisme di dalam tubuh, sebagai cadangan sumber energi, serta sebagai pelindung protein supaya tidak terbakar sebagai penghasil energi. Apabila kekurangan karbohidrat memungkinkan bisa terkena penyakit hipoglikemia, tentunya dapat berbahaya jika tidak ditangani dan melakukan pencegahan dengan tepat.

7. Pembentuk Fosfor
Kangkung mengandung fosfor yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Fosfor disini berguna untuk membantu menjaga kesehatan otak dan menjaga kesehatan tulang. Fosfor ini baik untuk mencegah osteoporosis.

8. Mengandung Serat
Kandungan kangkung yang lainnya yaitu memang mengandung serat yang baik agar dapat menjaga kesehatan usus, dan juga untuk yang sedang berdiet. Serat juga bisa membantu dalam pencegahan diabetes dan kolestrol.

9. Kalsium
Ternyata kalsium bukan hanya terdapat dalam susu saja. Kalsium juga ada dalam sayuran kangkung. Sayuran yang bermuara di sawah-sawahan ini sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi enzim yang kemudian bisa menjadi energi. Apabila tubuh kita kekurangan kalsium, sehingga tubuh kita akan mengalami masalah pada tulang, misalnya osteoporosis.10. Vitamin B1
Vitamin B1 adalah bagian dari Vitamin B Kompleks. Vitamin B1 ini baik untuk mencegah katarak, serta membantu kerja otak. Bagi yang mempunyai darah rendah, alangkah baiknya untuk mengkonsumsi sayuran yang mengandung Vitamin B1 seperti kangkung ini. Sebab, Vitamin B1 akan mampu memproduksi sel darah merah yang sangat dibutuhkan tubuh. Selain itu juga, Vitamin B1 bisa mencegah penuaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates