Monday , 24 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Seputar Khasiat Sayur Gambas

Seputar Khasiat Sayur Gambas

Seputar Khasiat Sayur Gambas

Seputar Khasiat Sayur Gambas

Seputar Khasiat Sayur Gambas

Seputar Khasiat Sayur Gambas – Sayur gambas adalah salah satu jenis masakan yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Selain rasanya yang lezat dan juga unik, sayur gambas juga pada dasarnya mempunyai harga yang cukup terjangkau, dan nilai gizi yang cukup tinggi untuk tiap sajiannya.Sayur gambas disebut dengan istilah oyong. Sayur gambas mempunyai bentuk yang bulat dan panjang, yang berwarna hijau. Bentuknya mirip seperti sayur terong atau timun. Dengan tekstur yang renyah serta garing pada bagian kulitnya, dan lembut pada bagian tengah serta bijinya. Sebagai makanan yang kaya serat sayuran gambas juga mempunyai efek baik untuk kesehatan. Berikut uraian kandungan dan manfaat sayur gambas untuk kesehatan tubuh, diantaranya:

1. Vitamin A
Sayur gambas mempunyai kandungan vitamin A yang cukup tinggi dan dapat membantu anda untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin A untuk setiap harinya. Sayur gambas mengandung 380 IU Vitamin A per 100 gr dalam penyajian sayur gambas. Hal ini tentu dapat membantu pemenuhan kebutuhan vitamin A setiap sehari. Berikut ini beberapa manfaat dari vitamin A :

a. Menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh
b. Membantu merawat dan mencegah gangguan pada mata
c. Memperhalus kulit
d. Dapat menangkal penyakit malaria
e. Zat anti aging
f. Anti Oksidan

2. Vitamin B1
Kandungan vitamin B1 yang ada dalam sayur gambas tidak terlalu banyak, akan tetapi tetap saja dapat membantu memenuhi kebutuhan tubuh. Dalam 100 gr penyajian sayur gambas dapat terkandung 0.03 mg vitamin B1. Vitamin B1 sendiri juga dapat memberikan manfaat :
a. Membantu proses oksidasi di dalam tubuh
b. Memberikan energy bagi tubuh
c. Menjaga daya tahan tubuh.

3. Vitamin C
Sayur gambas merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang mempunyai kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Meskipun tidak setinggi kandungan vitamin C pada buah – buahan, akan tetapi tetap saja kandungan vitamin C pada sayur gambas bisa anda andalakan untuk mencukupi kebutuhan vitamin C dalam satu hari. 100 gr sayur gambas akan mengandung 8 mg Vitamin C bagi tubuh. Berikut ini merupakan manfaat dari vitamin C untuk tubuh kita :
a. Menjaga daya tahan tubuh
b. Mempercepat penyembuhan luka
c. Mencegah terjadinya sariawan dan panas dalam
d. Menurunkan kandungan kolestrol dalam tubuh
e. Mencegah terjadinya berbagai macam penyakit, seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, dan hipertensi.

4. Zat Besi
Sayur gambas, ternyata juga mempunyai kandungan zat besi yang cukup tinggi. Dalam 100 gr sayur gambas dapat mengandung 1 mg zat besi. Zat besi ini mempunyai fungsi untuk membantu menambah daya tahan tubuh serta baik untuk kesehatan tubuh kita.

5. Kalsium
Beberapa sayuran hijau mempunyai kandungan kalsium yang baik untuk tubuh. Meskipun memang tidak setinggi kalsium yang terkandung dalam produk susu, akan tetapi paling tidak kalsium yang terkandung dalam sayur gambas bisa membantu memenuhi kebutuhan kalsium tubuh. Dalam 100 gr sayur gambas mengandung 19 mg kalsium. Kalsium sendiri bermanfaat untuk:
a. Membantu pertumbuhan tulang
b. Menjaga kesehatan tulang dan gigi
c. Mencegah osteoporosis

6. Fosfor
Kandungan fosfor dalam 100 gr sayur gambas mempunyai 33 mg zat fosfor. Berikut ini manfaat fosfor:
a. Membantu menjaga kekuatan tulang
b. Mencegah osteoporosis
c. Membantu pertumbuhan tulang dan gigi

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates