Thursday , 21 September 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Jenis Minuman dan Makanan yang Harus Dihindari pada Penderita Batu Ginjal Akut

Jenis Minuman dan Makanan yang Harus Dihindari pada Penderita Batu Ginjal Akut

Jenis Minuman dan Makanan yang Harus Dihindari pada Penderita Batu Ginjal Akut

Jenis Minuman dan Makanan yang Harus Dihindari pada Penderita Batu Ginjal Akut

Jenis Minuman dan Makanan yang Harus Dihindari pada Penderita Batu Ginjal Akut

Jenis Minuman dan Makanan yang Harus Dihindari pada Penderita Batu Ginjal Akut – Batu ginjal merupakan suatu jenis penyakit ginjal yang dapat dialami oleh pria maupun wanita yang usianya rata-rata lebih dari 40 tahun. Penyakit ginjal merupakan suatu kondisi dimana terdapat batu berupa kristal yang dapat keluar bersama dengan urine. Batu berbentuk kristal merupakan hasil dari pengendapan limbah kimiawi dalam tubuh.

Pada saat kristal tersebut tidak bisa keluar dan justru tertimbun di dalam saluran kencing ataupun kemih, otomatis aliran urine tidak bisa menjadi lancar dan tidak mampu keluar secara menyeluruh. Pada kondisi tertentu, infeksi saluran kencing pun dapat terjadi, bahkan kemungkinan terjadi infeksi ginjal.

Banyak orang masih tidak punya ide tentang bagaimana makanan dapat memengaruhi terjadinya batu ginjal. Tentu batu ginjal bisa terbentuk oleh karena makanan yang masuk ke dalam tubuh. Terdapat beberapa jenis makanan yang justru akan mendukung kondisi batu ginjal makin buruk, berikut penjelasannya:

1. Makanan Tinggi Oksalat
Makanan yang harus dihindari oleh penderita batu ginjal yaitu makanan dengan kandungan asam oksalat yang sangat tinggi. Sebab dapat memicu kadar kalsium meningkat di dalam tubuh. Jenis makanan yang mengandung kalsium tinggi menyebabkan tubuh tidak memakainya dan menyebabkan terbentuknya batu ginjal.

2. Garam
Makanan-makanan yang mengandung garam tinggi selain dapt memicu tekanan darah tinggi, garam juga berbahaya untuk ginjal, apalagi jika konsumsinya berlebihan. Denga demikian batasilah asupannya menjadi 3500 mg maksimal per hari.

3. Makanan yang Mengandung Vitamin C Tinggi
Vitamin C adalah jenis vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia, akan tapi ketika berlebihan maka vitamin ini dapat menyebabkan batu ginjal. Pada penderita batu ginjal, vitamin C yang konsumsinya tidak dibatasi akan memperparah kondisi batu ginjal.

4. Kafein
Efek kafein tidak hanya menjadikan tekanan darah dapat meningkat, akan tetapi menjadi pemicu batu ginjal serta mampu memperparah kondisi penderitanya.

5. Minuman Manis
Minuman-minuman yang mengandung gula tinggi tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi pada penderita batu ginjal. Sebab minuman yang mengandung gula tinggi dapat meningkatkan produksi asam urat pada tubuh. Asam urat dapat menjadi penyebab timbulnya batu ginjal.

6. Minuman Berkarbonasi
Minuman bersoda atau berkarbonasi harus dihindari sebab jenis minuman ini mengandung gula yang tinggi sebagai tambahan dari campuran air dan juga karbondioksida. Minuman dengan karbonat mempunyai kandungan kreatinin, asam oksalat, kalsium dan natrium yang sangat tinggi yang dapat memperburuk batu ginjal serta berisiko gagal ginjal.

7. Produk Olahan Susu
Jenis susu, keju, yogurt dan sejenisnya tidaklah dianjurkan untuk dikonsumsi pada penderita batu ginjal. Kandungan kalsium yang tinggi beserta oksalat dapat memperburuk kondisi seseorang yang sudah mengalami batu ginjal.

8. Daging Merah
Makanan yang mengandung protein tinggi merupakan makanan yang bisa memperburuk batu ginjal. Sebab ginjal dapat bekerja terlalu keras karena proses pemecahan protein.

9. Sayuran Hijau Gelap
Untuk penderita batu ginjal sayuran justru adalah yang harus dihindari. Sayuran dengan warna hijau terdapat kandungan banyak oksalat. Selan itu sayuran berdaun hijau gelap dapat memicu penimbunan jumlah kalsium yang akan semakin membahayakan orang-orang dengan batu ginjal.

10. Ikan
Meskipun memang ikan merupakan bahan makanan dengan kandungan protein tinggi, di dalamnya terdapat zat purin yang merupakan penyebab asam urat. Asam urat merupakan pemicu dari batu ginjal yang mampu memperburuk kondisi batu ginjal seseorang.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates