Thursday , 30 March 2017
Home » Info Kesehatan » Ketahui Jenis Penyakit Pada Sistem Pernafasan

Ketahui Jenis Penyakit Pada Sistem Pernafasan

Ketahui Jenis Penyakit Pada Sistem Pernafasan

Ketahui Jenis Penyakit Pada Sistem Pernafasan

Ketahui Jenis Penyakit Pada Sistem Pernafasan

Ketahui Jenis Penyakit Pada Sistem Pernafasan – Sistem pernapasan pada manusia merupakan salah satu sistem organ yang sangat penting untuk dijaga kesehatannya. Apabila manusia tidak bernapas selama beberapa menit kemudian, dengan demikian dia akan mati. Sama seperti halnya sistem organ yang lain, sistem pernapasan pada manusia akan mengalami gangguan atau mengalami kelainan yang akan mempengaruhi sistem itu sendiri. Berikut beberapa gangguan kesehatan pada organ sistem pernafasan, diantaranya:1. Faringitis
Faringitis merupakan radang pada faring akibat infeksi sehingga timbul rasa  nyeri pada saat menelan makanan ataupun kerongkongan akan terasa kering. Gangguan ini dapat diakibatkan oleh infeksi bakteri Streptococcus pharyngitis. Peradangan juga bisa terjadi akibat terlalu banyak merokok.

2. Asma
Asma merupakan kelainan penyumbatan saluran pernapasan yang diakibatkan oleh alergi seperti debu, bulu, maupun rambut. Asma ditandai dengan adanya kontraksi yang kaku dari bronkiolus yang mengakibatkan kesulitan untuk bernapas. Asma terlalu sensitif terhadap debu, obat, makanan, dan  juga minuman. Selain itu merokok dan stress dapat mempengaruhi asma.

3. Influenza (Flu)
Penyakit influenza diakibatkan oleh virus influenza. Gejala yang ditimbulkan yaitu pilek, hidung tersumbat, bersin-bersin, tenggorokan akan terasa sakit dan gatal, demam, gigil, sakit otot serta sakit kepala.

4. Emfisema
Emfisema merupakan penyakit pada paru-paru yang ditandai dengan adanya pembengkakan pada paru-paru akibat pembuluh darahnya kemasukan udara. Emfisema diakibatkan hilangnya elastisitas alveolus yang akan membuat penderita sulit bernafas.

5. Bronkitis
Bronkitis merupakan peradangan di bagian selaput lendir dari saluran bronkial. Sementara itu apabila pleuritis merupakan peradangan pada pleura, yaitu lapisan pelindung yang membungkus paru-paru. Laringitis merupakan pembengkakan pada laring, sedangkan sinusitis merupakan pembengkakan pada sinus ataupun rongga hidung. Gejala-gejala peradangan tersebut pada umumnya yaitu batuk-batuk, demam, sulit menelan, serta sakit di dada.

6. Asbestosis
Asbestosis merupakan suatu penyakit saluran pernafasan yang terjadi sebagai akibat menghirup serat-serat asbes, dimana pada bagian paru-paru terbentuk jaringan parut yang luas. Menghirup asbes akan menyebabkan penebalan pleura atau selaput yang melapisi paru-paru.

7. Sinusitis
Sinusitis adalah penyakit peradangan di bagian atas rongga hidung ataupun sinus paranasalis. Penyakit sinusitis diakibatkan oleh infeksi bakteri, jamur, akibat virus, akibat menurunnya kekebalan tubuh, flu, stress, akibat kecanduan rokok, dan juga infeksi pada gigi.

8. Tuberculosis (TBC)
TBC merupakan penyakit yang diakibatkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Bakteri ini akan menyerang seluruh organ tubuh pada manusia, akan tetapi yang paling sering diserang yaitu paru-paru.

9. Pneumonia
Pneumonia merupakan penyakit radang pari-paru yang diakibatkan oleh Diplococcus pneumoniae. Dimana akibat peradangan alveolus yang dipenuhi oleh nanah dan lendir dengan demikian oksigen akan sulit berdifusi mencapai darah.

10. Dipteri
Dipteri merupakan infeksi pada saluran pernapasan bagian atas. Yang pada umumnya, diakibatkan oleh Corynebacterium diphterial. Pada tingkat lanjut maka penderitanya akan mengalami kerusakan selaput jantung, mengalami demam, lumpuh, bahkan dapat meninggal dunia.11. Renitis
Renitis adalah peradangan pada rongga hidung dengan demikian hidung menjadi bengkak dan akan banyak mengeluarkan lendir. Gejala-gejala yang akan timbul pada seseorang yang menderita renitis yaitu bersin-bersin, hidung gatal, hidung tersumbat, serta berair.

12. Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA)
Penyakit ISPA ini sering dijumpai pada masa pergantian cuaca. Penyebab munculnya ISPA akan hampir sama dengan influenza, yakni akibat kekebalan tubuh yang menurun.

13. Kanker Paru-Paru
Penyakit kanker paru ini merupakan salah satu yang paling sangat berbahaya. Sel-sel kanker pada paru-paru akan terus tumbuh yang tidak terkendali. Penyakit ini lama – kelamaan bisa menyerang seluruh tubuh. Salah satu pemicu adanya kanker paru-paru yaitu akibat kebiasaan merokok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates