Thursday , 30 March 2017
Home » Info Kesehatan » Ketahui Keuntungan dan Kerugian Kontrasepsi Metode Kalender

Ketahui Keuntungan dan Kerugian Kontrasepsi Metode Kalender

Ketahui Keuntungan dan Kerugian Kontrasepsi Metode Kalender

Ketahui Keuntungan dan Kerugian Kontrasepsi Metode Kalender

Ketahui Keuntungan dan Kerugian Kontrasepsi Metode Kalender

Ketahui Keuntungan dan Kerugian Kontrasepsi Metode Kalender – Metode kalender atau disebut dengan pantang berkala merupakan tidak melakukan persetubuhan  pada masa subur seorang istri. Sistem ini dikenal juga dengan istilah sistem Ogino-knaus, dimana ini merupakan nama orang yang meneliti terjadinya ovulasi sekitar 16 hari sebelum menstruasi.Kalemahan sistem kalender ini sulit menilai waktu menstruasi yang akan datang. Metode ini membutuhkan sistem menstruasi yang teratur dengan demikian dapat memperhitungkan masa subur agar dapat menghindari masa kehamilan dengan tidak melakukan hubungan seksual. Terdapat hal yang dapat mengakibatkan metode kalender menjadi tidak efektif diantaranya:

1. Dalam menentukan masa tidak subur di dasarkan pada kemampuan hidup sel sperma di dalam saluran reproduksi (dimana sperma mampu bertahan selama 3 hari).

2. Adanya anggapan bahwa perdarahan yang datang bersama ovulasi, diinterpretasikan sebagai kondisi menstruasi. Hal ini akan menyebabkan perhitungan masa tidak subur sebelum serta setelah ovulasi akan menjadi tidak tepat.

3. Dalam menentukan masa tidak subur tidak didasarkan pada siklus menstruasi yang dialami sendiri.

4. Kurangnya terkait hubungan masa subur atau ovulasi dengan perubahan jenis mukus atau lendir serviks yang dapat menyertainya.

5. Adanya anggapan bahwa hari pertama menstruasi dihitung sebagai haris berakhirnya perdarahan menstruasi. Hal ini akan menyebabkan penentuan masa tidak subur akan menjadi tidak tepat.1. Keuntungan metode KB kalender
a. Ditinjau dari segi ekonomi yaitu: KB kalender dapat dilakukan secara alami serta tanpa biaya dengan demikian tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli alat kontrasepsi.

b. Dari segi kesehatan yaitu: sistem kalender ini jelas akan jauh lebih sehat sebab bisa dihindari adanya efek samping yang akan merugikan seperti halnya dalam penggunaan alat kontrasepsi lainnya (terutama yang berupa obat seperti pil).

c. Dari segi psikologis yaitu: sistem kalender ini tidak akan mengurangi kenikmatan hubungan itu sendiri seperti dengan memakai kondom misalnya.

2. Kerugian KB kalender
Kemungkinan kegagalan yang akan jauh lebih tinggi. Ini terutama jika tidak dilakukan pengamatan yang mendalam untuk mengetahui secara pasti masa subur, sebab tidak ada yang dapat menjamin ketepatan perhitungan karena masa suburpun akan terjadi secara alami, selain itu juga pasangan tidak dapat menikmati hubungan suami istri secara bebas sebab ada aturan yang ditetapkan dalam menjalankan sistem ini. Masa berpantang yang cukup lama bisa membuat pasangan tidak dapat menanti serta melakukan hubungan pada waktu yang berpantang.

Kerugian lain dari KB kalender yaitu bahwa waktu yang tepat dari ovulasi akan sulit untuk ditentukan, ovulasi pada umumnya terjadi 14 ±2 hari sebelum hari pertama mengalami haid yang akan datang. Sehingga pada wanita dengan kondisi haid yang tidak teratur, pada saat terjadi ovulasi, akan sulit atau sama sekali tidak bisa diperhitungkan. Selain itu juga, ada kemungkinan bahwa pada wanita dengan haid yang teratur oleh salah satu sebab (seperti karena sakit) ovulasi tidak akan datang pada saat yang semestinya.

3. Efektivitas Metode Kalender
Untuk wanita dengan siklus haid yang teratur, efektifitasnya akan lebih tinggi jika dibandingkan wanita dengan siklus haidnya tidak teratur. Angka kegagalan akan berkisar antara 6  sampai 42. Metode kalender dapat lebih efektif jika dilakukan dengan baik dan juga benar. Sebelum suami istri menggunakan metode kalender ini, pasangan suami istri wajib mengetahui masa subur. Meskipun, masa subur pada setiap wanita tidaklah sama. Oleh sebab itu, dibutuhkan pengamatan minimal 6 kali siklus menstruasi. Selain itu juga, metode ini dapat lebih efektif jika digunakan bersama dengan metode kontrasepsi yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates