Monday , 11 December 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Tentang Penyakit Leukimia

Ketahui Tentang Penyakit Leukimia

Ketahui Tentang Penyakit Leukimia

Ketahui Tentang Penyakit Leukimia

Ketahui Tentang Penyakit Leukimia

Ketahui Tentang Penyakit Leukimia – Leukemia merupakan kanker darah akibat berkembangnya kelebihan produksi sel darah putih yang belum matang. Akibat jumlah sel darah putih yang sangat banyak di dalam aliran darah dan sumsum tulang, dengan demikian sel-sel darah lainnya akan terganggu proses pembuatannya. Dampaknya, sel-sel darah putih serta sel darah lainnya tidak dapat berfungsi sebagaimana seharusnya. Leukemia dapat diklasifikasikan menjadi leukimia akut serta leukimia kronis.

1. Penyebab
Tidak ada yang mengetahui persis apa yang menjadi menyebabkan leukemia, akan tetapi kelainan akibat kromosom, akibat paparan polusi, paparan radiasi, dan kebiasaan merokok dapat menjadi faktor risiko.

2. Gejala
Leukemia tidak dapat memberikan gejala yang khas pada tahap awal. Pada saat timbul, salah satu dari gejala berikut bisa muncul:

a. Anemia dan gejala yang terkait, misalnya kelelahan, pucat pada bibir, pucat pada konjungtiva mata.

b. Kecenderungan untuk terjadi memar atau mudah berdarah, termasuk perdarahan di gusi atau hidung, atau darah di dalam tinja atau urin.

c. Kerentanan terhadap infeksi misalnya sakit tenggorokan atau pneumonia bronkial, yang dapat disertai dengan sakit kepala, mengalami demam ringan, sariawan, atau ruam kulit.

d. Pembengkakan kelenjar getah bening, biasanya pada tenggorokan, ketiak, ataupun selangkangan.

e. Kehilangan nafsu makan serta berat badan.

f. Ketidaknyamanan di bawah tulang rusuk kiri bagian bawah (yang diakibatkan oleh limpa bengkak).

g. Jumlah sel darah putih yang sangat tinggi bisa mengakibatkan masalah penglihatan akibat perdarahan retina, telinga berdenging (tinnitus), terjadi perubahan status mental, ereksi berkepanjangan (priapismus), stroke, maupun kejang karena perdarahan di otak.

3. Jenis leukimia
a. Leukemia myeloid kronis (CML) termasuk dalam gangguan myeloproliferative kronis.
b. Leukemia limfositik kronis (CLL) termasuk dalam sindrom limfoproliferatif dan sebanding dengan limfoma limfositik.
c. Limfoid akut leukemia atau lymphoblastic leukemia akut (ALL )
d. Akut myeloid leukemia myelogenous leukemia atau (AML )
e. Myelogenous leukemia (LM)

4. Cara Pencegahan
a. Olahraga yang Teratur
Olahraga yang teratur dapat membuat tubuh kita menjadi sehat. Sehat sudah berarti bebas dari penyakit, termasuk Leukimia. Lakukan minimal 30 menit per hari untuk berolahraga, dapat dilakukan minimal 5 hari per minggu.

b. Diet
Diet yang sehat bisa membantu mencegah perkembangan kanker, termasuk kanker darah ini. Diet ini dapat dilakukan dengan cara memperbanyak mengkonsumsi makanan yang kaya biji-bijian, buah-buahan, serta sayuran, juga meminimalkan konsumsi lemak, khususnya pada lemak hewan.

c. Menghindari Rokok dan alkohol
Selain melakukan olahraga dan diet, anda juga harus menghindari kebiasaan merokok, baik sebagai perokok aktif maupun pasif. Rokok adalah penyebab sebagian kanker yang terjadi. Rokok selain dapatmenyebabkan kanker paru, juga mengakibatkan kanker jenis lain, seperti kanker darah serta kanker leher rahim.  Selain itu juga menghindari alkohol.

d. Menghindari Zat Karsinogenik
Hindarilah zat karsinogenik, sebab dapat menyebabkan  kanker. Zat karsinogenik merupakan zat penyebab kanker, zat ini dapat dihasilkan dari proses pemasakan dengan cara digoreng, ditumis maupun dibakar. Buah serta sayuran non-organik kemungkinan besar bersifat karsinogen.

e. Deteksi Dini
Untuk mencegah kanker darah dapat dilakukan dengan deteksi dini. Hal ini dapat dilakukan dengan demikian bisa mencegah kanker lebih cepat.

f. Konsumsi Lemon
Sangat segar sekali jika dikonsumsi pada siang hari, selain itu, ternyata minuman menyegarkan ini bisa mencegah kanker ebab kandungan limonen yang dapat menghancurkan sel kanker dalam darah. Limonen terdapat pada kulit lemon yang berwarna putih

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates