Friday , 21 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Konsumsi Coklat Untuk Kesehatan

Manfaat Konsumsi Coklat Untuk Kesehatan

Manfaat Konsumsi Coklat Untuk Kesehatan

Manfaat Konsumsi Coklat Untuk Kesehatan

Manfaat Konsumsi Coklat Untuk Kesehatan – Coklat mempunyai rasa manis yang khas, dengan demikian membuat makanan ini banyak dikonsumsi setiap orang di dunia. Sebagian besar kandungan coklat yaitu terdiri dari berbagai jenis zat sebagai berikut:
1. 14% kandungan karbohidrat
2. 9% protein (terdiri dari zat protein, fenilalanin, asam amino triptofan dan tyrosin)
3. 31% lemak
4. zat lain, seperti  alkanoid (zat yang menyebabkan coklat terasa pahit)Sejumlah kandungan zat di dalam coklat yang begitu beragam inilah yang menjadikan coklat baik jika dikonsumsi dan juga memberikan dampak baik juga untuk kesehatan tubuh.
Coklat dikenal sebagai penghilang mood, namun tidak hanya sebagai penghilang mood saja, akan tetapi masih banyak manfaat lain dari kandungan yang terdapat dalam coklat diantaranya:

1. Mencegah penyakit jantung
Sebuah cokelat bisa membantu untuk mencegah penyakit jantung sebab mengandung beberapa bahan kimia yang membuat sistem kardiovaskular berjalan lancar. Terutama dark chocolate bisa mengurangi riseko serangan jantung dengan prosentase hampir 50% serta penyakit koroner sebesar 10%.

2. Menurunkan tekanan darah
Coklat mengandung flavonoid yang berguna sebagai antioksidan. Antioksidan dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan memproduksi oksida nitrat. Hal ini juga dapat menyeimbangkan hormon di dalam tubuh.

3. Menurunkan kolesterol
Makan coklat juga bisa membantu dalam menurunkan kolesterol jahat atau LDL. Disamping menurunkan LDL coklat juga dapat meningkatkan kolesterol baik atau HDL.

4. Anti depresan
Coklat dapat menjadi teman pada saat mengalami masalah dan sedang down. Hal ini sebab cokelat mengandung serotonin yang berguna sebagai merupakan anti depresan alami.

5. Kandungan lemak rendah
Cocoa powder merupakan bahan utama dalam coklat dengan rendah lemak.

6. Meningkatkan sirkulasi darah
Flavonoid terdapat dalam cokelat yang dapat membantu dalam meningkatkan sirkulasi darah selama 2 sampai 3 jam setelah mengkonsumsinya. Dengan melebarkan pembuluh darah pada otak, flavonoid dapat meningkatkan aliran darah.7. Menghindari kelelahan kronis
Kelelahan kronis merupakan ancaman untuk kesehatan serta kebahagiaan seseorang. Penyakit ini akan menyebakan sakit kepala, tubuh nyeri, jantung dan juga masalah pernapasan. Dengan makan sekitar 50 gram coklat dapat membantu untuk menghindari sindrom kelelahan kronis.

8. Menghambat penuaan
Kandungan dalam coklat dapat menghambat kerutan prematur atau garis yang menunjukkan penuaan pada wajah sebab mengandung antioksidan alami.

9. Coklat meningkatkan kesehatan mata
Dari kandungan cokelat dapat meningkatkan aliran darah yang menuju ke retina akan meningkat dengan baik serta dapat membantu memperbaiki penglihatan dan juga kekuatan mata.

10. Coklat mengurangi risiko kanker
Coklat mengandung antioksidan yang menghentikan pertumbuhan kanker, dengan menonaktifkan bagian-bagian yang dapat menghasilkan sel-sel tumor.

11. Coklat meningkatkan produksi insulin alami
Dengan mengonsumsi coklat, dengan demikian dapat meningkatkan produksi insulin secara alami. Sehingga menurunkan resiko terkena diabetes .

12. Coklat dapat menghaluskan kulit
Flavanoid yang terdapat dalam coklat dapat melindungi dari sinar UV, menjaga kelembaban kulit serta menjaganya untuk tetap bersinar.

13. Coklat sangat baik untuk Kesehatan Otak
Coklat akan membuat syaraf-syaraf rileks, bisa membantu system kerja otak yang bekerja untuk mengontrol semua bagian organ. Termasuk rasa senang yang bisa membuat enjoy untuk beraktifitas. Mood merupakan suasana hati seseorang pada saat tertentu yang sangat mempengaruhi kesuksesan. Orang yang mempunyai good mood (suasana hati yang gembira) akan bisa berfikir, berucap serta mengerjakan segala sesuatu dengan perasaan senang serta ia akan mampu meraih kesuksesan.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates