Sunday , 22 October 2017
artikel terbaru :
Home » Bisnis » Peluang Bisnis Camilan Jagung

Peluang Bisnis Camilan Jagung

Peluang Bisnis Camilan Jagung

Peluang Bisnis Camilan Jagung

Peluang Bisnis Camilan Jagung

Peluang Bisnis Camilan Jagung – Jika sebelumnya masyarakat di pedesaan menjadikan jagung sebagai suatu makanan pokok pengganti nasi, maka kini banyak dari masyarakat kita yang menjadikan jagung sebagai makanan selingan di waktu-waktu santai. Beragam jenis camilan jagung seperti popcorn kemudian marning lalu emping jagung dan sweet corn, kerap menjadi alternatif makanan ringan untuk bisa menemani waktu santai bersama keluarga. Sehingga tidak heran jika sekarang ini aneka macam camilan jagung tidak hanya renyah dikonsumsi kalangan masyarakat luas, namun juga mampu mendatangkan keuntungan untuk para pebisnisnya.

Konsumen
Banyaknya kandungan seperti karbohidrat dan nutrisi yang terdapat dalam biji jagung, menjadikan aneka camilan jagung tidak hanya lezat untuk bisa dikonsumsi namun juga bisa memberikan banyak manfaat bagi para konsumennya. Kelebihan inilah yang bisa menjadikan aneka camilan jagung digemari oleh konsumen dari berbagai kalangan masyarakat, baik itu dari kalangan middle class ataupun dari kalangan konsumen menengah ke bawah.

Info Bisnis
Saat ini banyak dari masyarakat yang senang dengan aneka produk camilan jagung. Selain enak, camilan dari jagung juga dikenal kaya manfaat. Peluang inilah yang dapat Anda bidik dengan baik untuk bisa mendatangkan untung besar setiap bulan.

Berikut ini kami informasikan tahap demi tahap yang perlu Anda persiapkan dari sekarang untuk bisa merintis peluang bisnis camilan jagung :

1. Pilih suatu produk camilan sesuai dengan target pasar yang hendak Anda bidik. Pada dasarnya produk camilan jagung itu cukup beragam, dari mulai popcorn, marning kemudian emping jagung, sampai sweet corn yang belakangan ini cukup populer di tengah-tengah konsumen. Agar Anda tidak salah langkah, ada baiknya jika Anda menentukan produk apa saja yang hendak Anda coba pasarkan dan juga mulai unutk menentukan bagaimana konsep pemasaran yang hendak Anda jalankan.

2. Setelah Anda menentukan produk camilan jagung yang akan Anda coba dipasarkan, selanjutnya Anda harus putuskan untuk memproduksi sendiri atau hanya repackaging (mengemas ulang) camilan jagung Bisa Anda ambil dari para produsen di sekitar Anda.

3. Dukung camilan jagung yang Anda pasarkan tersebut dengan kemasan produk yang menarik serta izin yang legal dari Badan Pengawas Obat dan Makanan, izin PIRT dari Dinas Kesehatan setempat atapu dari MUI. Dengan begitu, produk camilan jagung yang Anda punyai dapat diterima oleh pasar dengan baik dan juga bisa menembus pusat perbelanjaan besar seperti misalnya supermarket lalu toko oleh-oleh  kemudian swalayan, dan toko-toko besar lainnya.

4. Pilih suatu lokasi usaha yang dekat dengan tempat umum seperti misalnya di pinggir jalan, di sekolah, atau dekat dengan pemukiman warga.

5. Lengkapilah produk Anda tersebut dengan tanggal kadaluarsa, supaya konsumen yakin dengan kualitas camilan jagung yang Anda pasarkan.

Keuntungan Bisnis
Peluang dari bisnis camilan ini masih sangat terbuka lebar. Kebiasaan dari masyarakat Indonesia yang rata-rata suka ngemil, menjadikan peluang dari bisnis camilan jagung turut diminati para konsumen di negara kita. Tentu saja peluang ini bisa Anda pergunakan dengan baik untuk bisa mendatangkan untung besar dari bisnis camilan jagung. Tidak hanya permintaannya yang cukup besar namun modal usaha yang dibutuhkan untuk merintis bisnis camilan jagung juga tidaklah besar. Anda dapat memulainya dengan mengemas ulang (repackaging) camilan jagung dari para produsen yang ada di sekitar Anda, dan juga memasarkannya dengan menggunakan merek produk Anda.

Kendala Bisnis

1. Besarnya minat dari pasar terhadap aneka macam produk camilan jagung, tentunya diikuti dengan kompetisi dari usaha yang semakin hari semakin pesat. Untuk bisa menyiasati kehadiran para kompetitor, sebaiknya anda berikan nilai tambah pada produk camilan Anda supaya konsumen tertarik dengan produk unggulan yang Anda pasarkan.

2. Mengingat kerenyahan dari camilan jagung cukup mempengaruhi suatu kualitas produk yang ditawarkan. Salah satu kendala yang sering dihadapi oleh para pelaku usaha yaitu menurunnya suatu kualitas produk karena remuk atau juga melempem. Untuk bisa mengantisipasi kendala tersebut, maka perhatikan dengan sangat baik proses pengemasannya supaya tidak ada udara yang masuk ke dalam kemasan produk sehingga kualitas camilan juga tetap terjaga keutuhannya.

3. Kejenuhan dari konsumen menjadi satu kendala usaha yang paling ditakuti para konsumen. Untuk itu penjual harus bisa mengamati perubahan selera pasar supaya tidak ditinggal para pelanggan. Lengkapi produk camilan yang Anda coba pasarkan dan lakukan suatu survey pasar untuk bisa mengetahui produk-produk apa saja yang banyak dicari oleh para konsumen.

4. Kenaikan dari bahan baku jagung yang cukup fluktuatif, terkadang bisa mempengaruhi harga jual camilan jagung di pasaran. Jika harga bahan bakunya melonjak, otomatis juga akan berimbas pada harga jual camilan jagung. Oleh karena itu, jalin suatu kerjasama dengan beberapa produsen camilan jagung di sekitar Anda, untuk bisa mendapatkan harga yang cukup terjangkau.

Strategi Pemasaran
Untuk mampu mendongkrak strategi pemasaran produk, Anda dapat mulai mempromosikannya kepada orang-orang di sekitar Anda. Sebut saja seperti misalnya adalah keluarga dekat lalu tetangga rumah kemudian kepada teman kantor, atau relasi kerja Anda baik melalui telepon atau sms, maupun menggunakan strategi pemasaran dari mulut ke mulut. Selanjutnya untuk coba mengoptimalkan penjualan produk setiap bulannya, Anda juga dapat menerapkan sistem konsinyasi dengan beberapa toko oleh-oleh lalu swalayan atau supermarket, dan juga toko kelontong yang ada di sekitar lokasi usaha. Disamping mengandalkan strategi pemasaran yang  konvensional, Anda juga dapat  mengoptimalkan peran dunia cyber (internet) yang belakangan ini sudah cukup strategis untuk bisa digunakan sebagai ladang promosi.

Kunci Sukses
Terus berinovasi akan menjadi kunci kesuksesan Anda untuk bisa memenangkan persaingan pasar di bisnis camilan.

Analisa Ekonomi
Asumsi
Repackaging pada aneka camilan jagung

1. Modal awal
Modal untuk Peralatan :
Modal untuk timbangan = Rp 500.000,00
Modal untuk mesin sealer = Rp 300.000,00
Modal untuk tas Motor (untuk membawa produk)  = Rp   250.000,00+
Total dari modal awal  = Rp 1.050.000,00

2. Biaya penyusutan
Peralatan akan mengalami penyusutan setelah pemakaian 2 tahun
= 1/24 bulan x Rp 1.050.000,00      =          Rp 43.750,00/bln

3. Biaya operasional
Biaya untuk belanja aneka camilan jagung = Rp 3.000.000,00
Biaya untuk kemasan plastik dan label produk =  Rp   500.000,00
Biaya untuk telepon = Rp   200.000,00
Biaya untuk transportasi dan promosi = Rp 750.000,00
Biaya untuk penyusutan peralatan  = Rp 43.750,00+
Total  = Rp 4.493.750,00

4. Pendaptan per bulan
Penjualan aneka camilan jagung setiap bulan :
= Rp 5.000,00 x 50 bungkus x 26 hari   = Rp 6.500.000,00

5. Pendapatan bersih per bulan
= Rp 6.500.000,00 – Rp 4.493.750,00  = Rp 2.006.250,00

About mr ikbal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates