Friday , 21 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Seputar Gejala dan Penyebab Anemia pada Ibu Hamil

Seputar Gejala dan Penyebab Anemia pada Ibu Hamil

Seputar Gejala dan Penyebab Anemia pada Ibu Hamil

Seputar Gejala dan Penyebab Anemia pada Ibu Hamil

Seputar Gejala dan Penyebab Anemia pada Ibu Hamil

Seputar Gejala dan Penyebab Anemia pada Ibu Hamil – Selama masa kehamilan tubuh ibu akan menjadi lebih rentan untuk terkena gangguan kesehatan jika dibandingkan sebelum masa kehamilan. Hal ini disebabkan adanya perubahan hormon dalam tubuh ibu dengan demikian tubuh perlu penyesuaian. Pada masa ini terdapat banyak jenis gangguan kesehatan yang harus di waspadai, dimana salah satunya yaitu masalah anemia. Anemia bisa terjadi pada saat tubuh tidak mempunyai jumlah sel darah merah yang cukup, dengan demikian dapat menyebabkan banyak gejala buruk pada masa kehamilan.1. Gejala Anemia pada Ibu Hamil
Kondisi anemia pada ibu hamil bisa terjadi akibat kekurangan zat besi. Zat besi adalah salah satu zat penting untuk membantu dalam pembentukan sel darah merah di dalam tubuh. Zat besi dapat berperan untuk membantu pembentukan hemoglobin yang mempunyai fungsi membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh. Pada umumnya anemia bisa menimbulkan gejala berikut ini :
a. Pusing
b. Lemas
c. Mudah mengantuk
d. Mata berkunang-kunang
e. Lekas letih
f. Nafsu makan berkurang
g. Daya tahan tubuh yang berkurang
h. Pingsan
i. Mata berkunang-kunang
j. Lidah luka
k. Konsentrasi hilang
l. Malaise
m. Nafas pendek
n. Keluhan mual dan muntah

2. Penyebab Anemia pada Ibu Hamil
Apabila ibu hamil merasakan gejala-gejala tersebut, dengan demikian harus diwaspadai dan ada baiknya ibu hamil untuk segera berkonsultasi dengan dokter. Anemia pada ibu hamil akan terjadi akibat kekurangan vitamin B12 ataupun kekurangan zat besi.

a. Anemia Defisiensi Vitamin B12
Kekurangan sel darah merah di dalam dalam tubuh akan menjadi akibat asupan vitamin B12 yang kurang. Pada saat dalam kondisi hamil, seorang ibu yang tidak memperoleh asupan vitamin B12 yang cukup maka tubuhnya tidak dapat mampu mencukupi kebutuhan sel darah merah di dalam tubuh. Dalam hal ini dimana seorang ibu hamil perlu mengkonsumsi banyak makanan yang bagus agar dapat mencukupi kebutuhan sel darah merahnya misalnya makanan yang berasal dari daging, telur serta susu.

b. Anemia Defisiensi Zat Besi
Kekurangan sel darah merah dalam tubuh akan disebabkan oleh kurangnya asupan zat besi yang dapat berperan sebagai penghasil hemogoblin di dalam tubuh. Dengan tidak adanya hemoglobin yang cukup di dalam tubuh, maka darah tidak akan mengedarkan oksigen yang cukup ke seluruh bagian organ tubuh. Agar dapat mencukupi kebutuhan zat besi sehari- hari, dibutuhkan keberagaman menu harian serta jangan hanya memperbanyak makan nasi saja. Lengkapi juga menu anda dengan beragam jenis sayuran ataupun daging yang memiliki zat besi cukup tinggi di dalamnya.

Untuk anda yang gemar mengkonsumsi menu sehat harian yang cukup kandungan zat besi di dalamnya, bisa juga dapat terkena resiko anemia sebagai akibat konsumsi obat- obatan. Obat- obatan antasida bisa mengurangi produksi asam lambung kan tetapi sebaliknya obat ini bisa mengurangi penyerapan zat besi di dalam tubuh.

c. Anemia Defiensi Vitamin C
Penyebab adanya penyakit anemia selanjutnya yaitu akibat kurangnya dalam mengkonsumsi vitamin C. Hal ini bisa terjadi apabila ibu kurang memperhatikan asupan mereka dalam sehari-hari. Sayur dan juga buah akan menjadi salah satu sumber vitamin C yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan anda sehari-hari.
Anemia bisa diatasi dengan baik apabila ibu hamil bisa lebih tanggap dalam mendeteksi gejala-gejala anemia yang dialami.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates