Thursday , 30 March 2017
Home » Info Kesehatan » Seputar Mengenai Bayi Tabung

Seputar Mengenai Bayi Tabung

Seputar Mengenai Bayi Tabung

Seputar Mengenai Bayi Tabung

Seputar Mengenai Bayi Tabung

Seputar Mengenai Bayi Tabung – Bayi tabung merupakan suatu aplikasi teknologi dalam bidang reproduksi pada manusia. Bayi tabung dalam bahasa kedokteran disebut dengan istilah In Vitri Fertilization (IVF). In Vitro ini berasal dari bahasa Latin yang artinya di dalam sedangkan kata Fertilization berasal dari bahasa Inggris yang memiliki arti yaitu pembuahan. Dengan demikian bayi tabung merupakan suatu upaya untuk memperoleh kehamilan dengan jalan mempertemukan sel sperma dan sel telur sehingga terjadi pembuahan dalam suatu wadah ataupun cawan petri atau semacam mangkuk kaca yang berukuran kecil, khusus yang hanya dapat dilakukan oleh petugas medis. Mungkin akibat proses pembuahan tersebut dilakukan di cawan kaca dengan demikian seolah seperti dalam tabung, pada akhirnya masyarakat mengenalnya sebagai istilah bayi tabung. Bayi tabung adalah suatu teknologi reproduksi berupa teknik dimana pembuahan sel telur atau ovum berada di luar tubuh wanita.

1. Proses Bayi Tabung
Dalam melakukan proses bayi tabung, prosesnya dengan mengendalikan proses ovulasi secara hormonal, dimana pemindahan sel telur dari ovarium dan juga pembuahan oleh sel sperma di dalam sebuah medium cair. Pada awal berkembangnya teknik ini bermula dari ditemukannya suatu teknik pengawetan pada sperma. Sperma dapat bertahan hidup lama jika dibungkus dalam gliserol yang dibenamkan di dalam cairan nitrogen dengan temperatur -321 derajat fahrenheit. Pada awalnya program ini mempunyai tujuan untuk menolong pasangan suami istri yang tidak mungkin untuk memiliki keturunan secara alamiah karena disebabkan tuba falopi istrinya yang mengalami kerusakan secara permanen. Akan tetapi seiring berkembangnya teknologi mulai terdapat perkembangan dimana kemudian program ini dapat diterapkan bagi yang memiliki penyakit ataupun kelainan lainnya yang dapat menyebabkan tidak dimungkinkan untuk memperoleh keturunan atau anak.

2. Alasan Mengikuti Program Bayi Tabung
Cita-cita dari sepasang suami istri adalah untuk mempunyai anak yang sholeh dan juga sholehah, akan tetapi jika tidak kunjung dikaruniai anak pula dengan demikian biasanya terdapat beberapa pasang suami istri yang mengikuti program bayi tabung ini. Mereka yang mengikuti program bayi tabung pada umumnya mempunyai masalah kesuburan. Berikut alasan mengikuti program bayi tabung, sebagai berikut:

a. Masalah pada saluran telur
Akibat saluran telur tidak berfungsi dengan baik, atau tidak ada memungkinkan terjadinya pertemuan antara sel telur dengan sperma, dengan demikian pembuahan tidak akan terjadi. Meskipun pembuahan bisa terjadi, kemungkinan embrio tidak akan masuk ke rongga rahim, dengan demikian terjadi kehamilan di luar kandungan.

b. Akibat Masalah sperma
1) Jumlah sperma yang sangat sedikit
2) Sebagian besar sperma tidak dapat bergerak (30%).
3) Gerakan pada sperma sangat lambat (Astenozoospermia).
4) Sperma tidak dapat keluar bersama air mani (Azoospermia).

c. Mengalami Endometriosis berat
Merupakan kondisi dimana kelenjar dinding rahim akan tumbuh abnormal. Pada endometriosis berat, maka kecil kemungkinan dapat terjadi kehamilan alami.

d. Mengalami Unexplained infertility
Unexplained infertility merupakan ketidaksuburan yang tidak dapat diketahui penyebabnya. Pembuahan normal yang sebenarnya bisa dilakukan, akan tetapi tidak kunjung berhasil karena tidak dapat diketahui apakah sperma bisa bertemu dengan sel telur, atau sperma bisa menembus sel telur untuk melakukan pembuahan.

e. Antibodi Antisperma
Dimana adanya antibodi terhadap sperma suami pada istri, atau terdapat antibodi pada sperma itu sendiri (sperma seperti halnya memakai “helm”, dengan demikian tidak bisa menembus sel telur),  maka dari itu dapat menghambat terjadinya pembuahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates