Sunday , 22 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Seputar Penyakit Lupus

Seputar Penyakit Lupus

Seputar Penyakit Lupus

Seputar Penyakit Lupus

Seputar Penyakit Lupus


Seputar Penyakit Lupus – Lupus merupakan penyakit inflamasi kronis yang diakibatkan oleh sistem kekebalan tubuh yang keliru sehingga akan menyerang jaringan dan organ tubuh sendiri. Inflamasi akibat lupus bisa menyerang berbagai bagian tubuh, seperti: kulit, sendi, sel darah, paru-paru dan jantung. Gejala penyakit lupus kerap mirip dengan penyakit lain dengan demikian sulit untuk didiagnosis. Gejala lupus sangatlah beragam. Ada yang ringan serta ada yang mengancam jiwa. Penyakit ini memang tidak dapat menular, akan tetapi bisa berbahaya serta bahkan berpotensi mematikan. Gejala pada umumnya adalah ruam kulit, kelelahan, sakit serta pembengkakan pada sendi.Penyakit lupus ini kebanyakan menyerang wanita dengan usia 15-50 tahun atau usia masa produktif. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa lupus juga bisa menyerang anak-anak dan pria. Penyakit lupus terbagi ke dalam beberapa tipe, yaitu:

a. Lupus eritematosus sistemik (systemic lupus erythematosus/SLE).
b. Lupus eritematosus diskoid (discoid lupus erythematosus/DLE).
c. Lupus akibat penggunaan obat.

Jenis lupus
1. Lupus eritematosus sistemik (systemic lupus erythematosus/SLE)
Jenis lupus ini dapat menyerang jaringan dan organ tubuh mana saja dengan tingkat gejala yang ringan hingga parah. Gejala SLE juga bisa datang dengan tiba-tiba atau berkembang secara perlahan-lahan serta dapat bertahan lama ataupun bersifat lebih sementara sebelum akhirnya kambuh lagi. Banyak yang hanya akan merasakan beberapa gejala ringan untuk waktu lama ataupun bahkan tidak sama sekali sebelum tiba-tiba akan mengalami serangan yang parah. Gejala-gejala ringan SLE yaitu rasa nyeri dan lelah berkepanjangan yang bisa menghambat rutinitas kehidupan. Oleh sebab itu para penderita SLE akan merasa tertekan, depresi, dan juga cemas meski hanya mengalami gejala ringan. SLE tidak dapat disembuhkan, dimana tujuan pengobatannya yaitu untuk mengurangi tingkat gejala dan mencegah kerusakan organ pada penderita SLE.

2. Lupus eritematosus diskoid (discoid lupus erythematosus/DLE)
Jenis lupus ini hanya akan menyerang kulit yang disebut lupus eritematosus diskoid (discoid lupus erythematosus/DLE). Meski pada umumnya berdampak pada kulit saja, namun jenis lupus ini juga bisa menyerang jaringan dan organ tubuh yang lain. DLE biasanya bisa dikendalikan dengan menghindari paparan sinar matahari langsung serta obat-obatan. Gejala DLE di antaranya: rambut rontok, pitak permanen, ruam merah dan bulat seperti sisik pada kulit yang terkadang bisa menebal dan menjadi bekas luka.

3. Lupus akibat penggunaan obat
Efek samping obat pasti akan berbeda-beda pada tiap orang. Terdapat lebih dari 100 jenis obat yang bisa menyebabkan efek samping yang sama dengan gejala lupus pada orang-orang tertentu. Gejala lupus akibat mengkonsumsi obat umumnya akan hilang apabila berhenti mengonsumsi obat tersebut dengan demikian Anda tidak perlu menjalani pengobatan khusus. Akan tetapi jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter.

Cara Pencegahan
1. Pola Hidup Sehat
Misalnya dalam hal makanan. Alangkah baiknya makanan yang kita konsumsi adalah makanan 4 sehat 5 sempurna. Selain dari asupan makanan, perlu juga memperhatikan aktivitas sehari-hari seperti berolahraga minimal 15 menit setiap harinya, dengan demikian kesehatan tubuh akan tetap terjaga.

2. Cek Kesehatan
Pada umumnya untuk mencegah timbulnya penyakit bisa memeriksakan kesehatan ke dokter. Hal ini dimaksudkan agar mengetahui apakah kondisi tubuh benar-benar sehat.

3. Konsumsi vitamin
Selain pola hidup yang sehat serta cek kesehatan, berikutnya yaitu mengkonsumsi vitamin. Vitamin ini dimaksudkan agar dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta menjaga daya tahan tubuh, untuk menangkal radikal bebas yang masuk kedalam tubuh dan membantu organ tubuh dalam melakukan pekerjaannya.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates