Thursday , 30 March 2017
Home » Info Kesehatan » Tips Mencegah Bertambahnya Mata Minus

Tips Mencegah Bertambahnya Mata Minus

Tips Mencegah Bertambahnya Mata Minus

Seputar Resiko dan Pencegahan Anemia pada Ibu Hamil

Seputar Resiko dan Pencegahan Anemia pada Ibu Hamil

Tips Mencegah Bertambahnya Mata Minus – Mencegah mata minus bertambah, penyakit mata minus dapat menyerang siapa saja, tidak terkecuali menyerang pada anak yang masih sekolah dasar sekalipun. Kebanyakan hal ini terjadi akibat dari produksi modern yang semakin marak beredar di semua kalangan masyrakat seperti; gadget, smartphone, LCD, TV, Laptop dan barang-barang lainnya yang semuanya itu menggunakan pencahayaan yang tajam. Awal mulanya teknologi tersebut sekedar bertujuan untuk berlomba dari segi virus saja, akan tetapi tanpa disadari, efek yang di timbulkan dari jutaan warna yang bercahaya tajam bisa berakibat terjadinya keruskan kornea mata. Ketika sudah terbiasa melihat jarak dekat, pada saat jauh penglihatan akan menjadi buram, jadilah minus pada mata.

Mata Minus
Mata minus (Miopia) atau disebut juga rabun jauh adalah berkurangnya kemapuan mata untuk melihat jauh namun dapat melihat jarak dekat dengan baik. Terjadinya mata minus dikarenakan oleh lensa mata melewatkan sinar titik fokus mata sehingga benda yang terlihat seperti kabur.

Untuk membantu penglihatan kembali jelas, biasanya dokter menyarankan untuk memakai kaca mata yang sesuai dengan ukuran minus pada mata, semakin tinggi minus itu berarti akan semakin besar pula rabun jauhnya. Tetapi tidak setiap orang dapat merasa nyaman dengan penggunaan kacamata. Diantaranya untuk pencegahan keberlanjutan terjadinya minus pada mata dapat dengan resep atau tata cara tertentu.

Hal lain yang dapat dikatakan sebagai penyebab utama mata minus ialah terlalu banyak menonton televisi dengan jarak yang dekat, jarang bersentuan dengan sinar matahari langsung, mengkonsumsi gula yang berlebihan, dan seringnya bekerja menggunakan komputer dengan monitor yang buruk. Lalu bagaimanakah cara untuk mencegah mata minus agar tidak semakin bertambah?

Tips Mencegah Bertambahnya Mata Minus:

Salah seorang dokter ahli mata mengungkapkan pernyataan bahwa minus mata tidak bisa turun (berkurang), tetapi minus bisa di cegah agar tidak bertambah besar atau parah. Mata minus tidak dapat di kontrol hanya dengan mengkonsumsi wortel atau vitamin A saja, sebaiknya pencegahan bertambahnya mata minus dapat dilakukan dengan cara-cara berikut ini :

1. Kurangi pemakaia kacamata

Hal ini dilakukan ketika mata kita masih belum 100% siap untuk menerima cahaya, seperti pada saat bangun tidur. Apabila dibiasakan langsung memakai kacamata minus saat baru bangun tidur, saraf-saraf pada mata lama-kelamaan akan berakibat bertambah melemah. Sebaiknya setelah bangun tidur anda dapat memberikan sedikit pijatan pada mata agar lebih rileks dan lebih baik lagi jika memakai kacamata setelah 20 menit dari bagun tidur agar otot-otot pada mata tidak terlalu tegang.

2. Rutin cek kondisi mata

Mencegah mata minus bertambah dapat dilakukan dengan rutin melakukan pemeriksaan ke dokter mata. Bila dirasa tidak adanya masalah pada mata atau masalah pada mata minus anda, kemudian tiba-tiba saat anda memakai kacamata minus anda merasa pusing, segeralah lepas kacamata tersebut dan cepat-cepat anda periksa ke dokter mata untuk melkukan pemeriksaan.

3. Kurangi melihat monitor

Sebaiknya jika anda sering bermain komputer atau laptop atau juga menonton televisi kurangi jarak menontonnya lebih dari 2,5 meter dari jarak duduk, karena pada televisi atau computer ataupun laptop memiliki radiasi tinggi yang dapat menyebabkan bertambahnya tingkat angka minus pada mata.

Hal lain yang baik untuk diterapkan dalam mencegah bertambahnya mata minus diantaranya:

  • Tetap gunakan kacamata yang sesuai atau pakai lensa kotak untuk myopia.
  • ┬áMelindungi tubuh dari penyakit yang dapat mempengaruhi mata, seperti diabetes mellitus dan juga hipertensi.
  • Konsumsi makanan yang mengadung vtamin A seperti wortel.
  • Meng-istirahatkan mata bila bekerja di depan komputer atau apabila terlalu lama membaca.
  • Biasakan membaca dengan jarak 40 samapi 45 cm dan dengan penerangan pencahayaan yang baik.

Itulah hal-hal terpenting yang harus dihindari dari kegiatan-kegiatan yang dapat menyebabkan bertambahnya minus yang sudah ada pada mata anda. Mata minus dikatakan berat jika angka minus sudah diatas 3.

Bagi yang masih memiliki mata normal upayakan untuk menerpakan kebiasaan pola hidup sehat dan hindari hal-hal yang dpat menyebabkan minus pada mata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates