Sunday , 23 July 2017
artikel terbaru :
Home » Bisnis » Bisnis Sampingan Kentang Ulir

Bisnis Sampingan Kentang Ulir

Bisnis Sampingan Kentang Ulir

Bisnis Sampingan Kentang Ulir

Bisnis Sampingan Kentang Ulir

Bisnis Sampingan Kentang Ulir – Mempunyai aktivitas harian seperti misalnya adalah kegiatan rutin para karyawan, pelajar, mahasiswa, dan juga ibu rumah tangga, ternyata tidak menutup suatu peluang bagi mereka untuk bisa sukses merintis sebuah usaha. Bermodalkan waktu luang di luar jam kerja mereka dan juga mengorbankan sedikit uang tabungan yang dipunyai, setiap orang dapat sukses dalam merintis bisnis sampingan untuk bisa mendapatkan tambahan penghasilan yang cukup besar setiap bulannya. Contohnya saja dengan cara berjualan kentang ulir di sela-sela kesibukan kerja yang dijalani setiap hari.

Konsumen
Makanan kecil atau camilan yang berbahan dasar dari kentang ini memang selalu menjadi suatu pilihan favorit bagi banyak orang. Diolah dengan berbagai cara pun, kentang tetap mempunyai ciri rasa yang gurih dan juga unik, sehingga wajar adanya jika pangsa pasarnya juga masih sangat luas karena banyak masyarakat yang jatuh cinta dan juga selalu ingin menikmati camilan lezat yang satu ini.

Info Bisnis
Untuk bisa merintis peluang bisnis sampingan ini, ada beberapa hal yang perlu Anda coba persiapkan dengan baik. Antara lain adalah sebagai berikut :

1. Mengingat Anda masih mempunyai rutinitas lain yang wajib dijalankan maka penting bagi Anda untuk bisa mengatur waktu operasional bisnis tersebut.

2. Memilih suatu lokasi usaha yang strategis.

3. Ciptakan suatu kreasi unik untuk bisa menarik minat konsumen.

4. Lengkapi dengan kemasan produk yang begitu unik, higienis serta aman bagi kesehatan konsumen.

5. Lengkapi bisnis Anda dengan cara membuat tampilan both (gerobak) yang menarik.

Kelebihan Bisnis
Meskipun sekarang ini tingkat persaingannya sudah semakin ketat, namun dengan sedikit tambahan inovasi, Anda dapat memanfaatkan celah kecil yang tersisa untuk bisa mendatangkan untung yang besar setiap bulannya. Seperti misalnya dalah bisnis kentang ulir ini, melihat persaingan di pasar bisnis kentang goreng yang sudah sangat sesak sekali. Para pelaku bisnis mulai memutar otak dan juga melakukan sebuah gebrakan baru dengan cara mengubah bentuk kentang goreng menyerupai spiral sehingga terlihat lebih menarik dan juga mempunyai cita rasa yang lebih renyah jika dibandingkan dengan kentang goreng lain yang biasanya hanya berbentuk balok panjang. Tidaklah heran jika inovasi tersebut akan mendatangkan omzet jutaan rupiah bagi para pelakunya.

Kekurangan
Melihat peluang dari bisnis sampingan ini menjanjikan keuntungan yang cukup besar, banyak dari para pemula yang tertarik untuk menekuni bisnis serupa. Kondisi ini tentu juga akan punya resiko diantaranya tingkat persaingan di pasar menjadi akan semakin besar sehingga kita harus bisa mempersiapkan strategi jitu untuk menjaga suatu eksistensi bisnis sampingan yang sedang dijalankan.

Strategi Pemasaran
Untuk dapat mengoptimalkan pemasaran dari bisnis sampingan yang dijalankan, Anda dapat memulainya dengan cara menginformasikan keberadaan bisnis tersebut ke orang-orang yang ada di sekitar Anda. Mulailah dari keluarga dekat Anda kemudian rekan kerja lalu teman kuliah atau sekolah, tetangga sekitar, serta masyarakat umum lainnya yang berada di kota Anda. Selanjutnya, Anda juga dapat memanfaatkan alat promosi seperti both cantik lalu neon box, spanduk, X-banner, serta membagikan suatu brosur dan juga kartu nama di sekitar lokasi usaha Anda. Semakin aktif Anda dalam menginformasikan keberadaan bisnis kentang ulir tersebut, maka akan semakin besar pula peluang pasar yang Anda ciptakan untuk bisa mendatangkan banyak konsumen. pelaku usaha juga bisa memanfaatkan jejaring sosial maupun forum-forum bisnis yang ada di media internet, untuk bisa  memperluas jaringan bisnis yang dipunyai. Strategi pemasaran ini terbukti cukup efektif dalam menjaring banyak konsumen serta melakukan branding produk supaya keberadaan bisnis Anda semakin dikenal banyak orang.

Kunci Sukses
Kualitas dari cita rasa yang ditawarkan dan juga kisaran harga yang terjangkau semua kalangan, menjadi dua kunci utama yang perlu Anda coba perhatikan untuk dapat mencapai suatu kesuksesan bisnis kentang ulir. Sebagai salah satu dari camilan yang cukup familiar di kalangan banyak masyarakat, tentunya Anda perlu mengolah kentang selezat mungkin dan juga menawarkannya ke pasaran dengan harga jual yang relatif cukup bersahabat.

Analisa Ekonomi

1. Modal awal
Modal untuk both cantik = Rp 2.500.000,00
Modal untuk mesin ulir kentang = Rp   850.000,00
Modal untuk kompor gas dan penggorengan = Rp   250.000,00
Modal untuk botol bumbu = Rp 3.000 x 20 btl = Rp    60.000,00+
Total dari modal awal = Rp 3.660.000,00

2. Biaya penyusutan
Peralatan akan mengalami penyusutan setelah dipakai selama 5 tahun (60 bln) :
= 1/60 x Rp 3.660.000,00               =          Rp 61.000,00

3. Biaya operasional setiap bulan
Biaya untuk bahan baku :
Untuk kentang (@ Rp 10.000/kg x 300 kg) = Rp 3.000.000,00
Untuk aneka rasa bumbu = Rp 500.000,00
Untuk minyak goreng dan tabung gas = Rp 500.000,00
Untuk kemasan produk = Rp 300.000,00
Untuk sewa tempat depan minimarket = Rp 600.000,00
Biaya penyusutan = Rp 61.000,00+
Total dari biaya = Rp 4.961.000,00

4. Pendapatan per bulan
Penjualan setiap hari = Rp 8.000,00 x 25 bungkus = Rp 200.000,00
Penjualan setiap bulan  = Rp 200.000,00 x 30 hari = Rp 6.000.000,00

5. Keuntungan
= Rp 6.000.000,00 – Rp 4.961.000,00 = Rp 1.039.000,00

About mr ikbal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates