Friday , 26 May 2017
artikel terbaru :
Home » Uncategorized » Depresi pada Ibu Hamil

Depresi pada Ibu Hamil

Depresi pada Ibu Hamil

Depresi pada Ibu Hamil

Depresi pada Ibu Hamil

Depresi pada Ibu Hamil – Kesehatan ibu hamil bukan hanya yang berhubungan dengan fisik, ibu hamil sering diliputi rasa sedih, tidak bisa menerima kondisi kehamilan bahkan terkadang mengalami perasaan sendiri tidak ada teman untuk berbagi saat usia kehamilannya semakin tua. Hal ini dialami oleh kebanyakan ibu hamil, faktor – faktor diatas bisa memicu terjadinya depresi ketika kehamilan.

Ibu hamil yang sering dihadapkan pada permasalahan dalam rumah tangga, kegiatan yang berulang, pekerjaan, dan kehidupan bermasyarakat sehingga menimbulkan perasaan jenuh. Rasa jenuh yang setiap hari dialami oleh ibu hamil dapat memicu terjadinya depresi. Depresi pada ibu hamil bisa menimbulkan permasalahan kesehatan, tak terkecuali pada masalah kesehatan ibu serta janin. Salah satunya bisa mempengaruhi tumbuh kembang janin. Artikel ini akan membahas tentang ibu hamil yang seringkali mengalami depresi. Bagaimana pengaruhnya terhadap janin serta bagaimana solusinya.

Ibu Hamil sering Menangis bisa Sebabkan Depresi
Perasaan kesepian dan merasa kesendirian menghadapi keluhan kehamilan terkadang membuat ibu hamil lebih sentitif. Bahkan beberapa perubahan hormon saat kehamilan bisa membuat ibu hamil lebih peka serta sensitif. Ibu hamil bisa menangis berlebihan ketika level hormon sedang berada di atas bahkan ibu hamil yang cenderung sering menangis yang bisa memicu depresi.

Ibu hamil yang sering menangis ketika hamil dipicu oleh hormon. Ada 3 hormon yang mempengaruhi ibu hamil yakni estrogen, progesterone serta gonadotropin. Hormon estrogen ialah yang paling dominan diproduksi oleh ovum sedangkan progesterone membantu untuk menyeimbangkan kadar hormon estrogen, lalu membentuk corpus luteum yang terjadi ketika awal kehamilan serta di plasenta saat usia kehamilan semakin tua. Terakhir ialah gonadotropin yang diproduksi plasenta sehingga bisa mengubah neurotransmitter. Ibu hamil bisa mengalami perubahan emosi pada minggu ke 6 serta minggu ke 10 kehamilan. Bahkan ibu hamil akan mengalami kejadian serupa yakni perubahan hormon saat usia kehamilan pada trimester akhir.

Sering menangis ketika hamil akan tetapi jika anda benar – benar merasa tertekan serta sedih sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter guna mengetahui penyebabnya. Depresi pada ibu hamil bisa menggangu tumbuh kembang janin. Bahkan ibu hamil akan lebih rentan terganggu kesehatannya sebab seringkali merasa terganggu dalam mengatur nafsu makan serta pola tidur.

Pengaruh Depresi pada Ibu juga Janin
Ibu hamil yang mengalami depresi perlu segera mendapatkan penanganan. Janin bisa mengalami gangguan serta beresiko mengalami depresi ketika dewasa. Walaupun risiko depresi pada anak cukup kecil namun kesehatan jiwa anak ketika dewasa harus dipertimbangkan.
Jika ibu mengalami depresi sebelum kehamilan akan lebih baik jika melakukan pengobatan terlebih dahulu namun jika ibu mengalami depresi ketika hamil maka penting untuk dilakukan konsultasi serta pengobatan sehingga tidak membahayakan kesehatan ibu serta janin.

Cara menghindari depresi ketika hamil
Saat ibu hamil depresi ialah masalah serius yang akan menyebabkan banyak masalah kesehatan. Perasaan depresi bisa membuat ibu hamil kurang tidur, terbebani, kehilangan selera makan, sering menangi serta menyebabkan hilangnya daya tahan tubuh.
Untuk menjaga daya tahan tubuh sebaiknya dilakukan, beberapa cara seperti berikut :

1. Istirahat
Diantara kesibukan anda bisa mencukupi dengan istirahat. Buatlah diri anda rileks dengan kegiatan yang menyenangkan. Anda bisa menghabiskan waktu seharian guna melakukan perawatan kecantikan / menonton. Beberapa kegiatan seperti berjumpa dengan kawan lama serta bertukar informasi mengenai kehamilan bisa menjadi solusi anda.

2. Yoga
Anda bisa menenangkan pikiran dengan melatih diri melalui olahraga yoga. Yoga khusus bagi ibu hamil akan membantu anda untuk mempersiapkan diri menjelang persalinan. Anda pun diajarkan untuk mengatur pemikiran serta pengaturan sirkulasi darah.

3. Pola Makan serta Olahraga
Ibu hamil sering mengalami gangguan pada pola makan. Penyebabnya ialah perasaan mual serta perubahan kondisi fisik. Anda bisa memperbanyak minum air putih serta memberi kebaikan fisik dengan berolahraga. Gunakan waktu luang anda dengan pasangan untuk sekedar berjalan jalan.

Perasaan depresi bisa disembuhkan dengan bantuan medis, konsultasikan keluhan anda dengan dokter atau bidan, metode pengobatan akan disesuaikan dengan kebutuhan dari setiap individu. Ibu hamil yang terhindar dari depresi bisa lebih mudah menerima kenyataan setelah proses persalinan.

About seli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates