Saturday , 27 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Madu Dalam Kesehatan Sebagai Pengganti Gula

Madu Dalam Kesehatan Sebagai Pengganti Gula

Madu Dalam Kesehatan Sebagai Pengganti Gula

Madu Dalam Kesehatan Sebagai Pengganti Gula

Madu Dalam Kesehatan Sebagai Pengganti Gula


Madu Dalam Kesehatan Sebagai Pengganti Gula
– Madu adalah cairan yang kental dan sangat manis dan menyerupai sirup yang di hasilkan oleh lebah atau beberapa serangga lain dari nektar bunga. Madu sudah lama di gunakan oleh manusia sebagai perasa dan pemanis pada makanan maupun minuman. Madu merupakan larutan alami yang mengandung 80% gula dan fruktosa yaitu  monosakarida yang banyak terkandung di dalam buah sehingga madu sering disebut gula buah. Fruktosa mengandung kadar glisemik rendah sehingga tidak cepat menaikkan kadar gula dalam tubuh. Hal ini cocok untuk para penderita diabetes.

Madu juga banyak mengandung karbohidrat, vitamin, mineral dan asam amino. sehingga dalam satu sendok madu mengandung skitar 60-70 kalori. Madu mengandung kalori rendah tapi mempunyai kandungan nutrisi yang tinggi.

Manfaat pada madu :
1. Mengandung senyawa antimikroba
2. Sebagai antiseptic
3. Penambah stamina
4. Dapat membantu dalam memulihkan fungsi syaraf
5.  Aman di komsumsi bagi penderita diabetes karena mengandung fruktosa yang dapat merangsang kadar insulin tubuh.
6. Membantu proses pencernaan
7. memperbaiki beberapa fungsi organ dalam tubuh dan meningkatkan kebugaran tubuh
Dengan demikian betapa bagusnya madu untuk kesehatan dan pengganti gula. Gula dikenal dapat membahayakan kesehatan tubuh jika di komsumsi secara berlebihan. ternyata jika di komsumsi secara berlebihan gula dapat menyebabkan penyakit yang mengerikan.

Maka dari itu jangan menganggap remeh tentang konsumsi gula berlebih ini dan Anda harus mulai mengontrol asupan makanan yang Anda konsumsi.

Dibawah ini beberapa dampak kesehatan dan bahaya gula yang ditimbulkan akibat mengkonsumsi gula secara berlebih.

1.) Merusak Jantung

kebanyakan mengkonsumsi gula bisa membuat terganggunya cara kerja organ jantung dalam melakukan fungsinya sebagai pemompa darah yang dapat  mengakibatkan otot jantung berubah dan apabila hal tersebut terus dibiarkan, maka gula sama saja dapat meningkatkan seseorang terkena gagal jantung.

2.) Lemak pada Perut
Sekarang ini kasus obesitas semakin meningat dari tahun-ketahunnya dikarenakan semakin banyaknya orang yang kurang memperhatikan akan pentingnya kesehatan tubuhnya, salah satunya yaitu mengkonsumsi gula secara berlebihan. Apabila seseorang mengkonsumsi gula secara berlebihan maka resiko tertimbunnya lemak pada lingkar pinggang dan perut Anda semakin meningkat dan bisa menyebabkan obesitas.

3.) Gula Diam-diam Mematikan
Banyak orang yang menganggap kegemukan yang terjadi akibat mengkonsumsi gula adalah hal yang wajar namun apabila dibiarkan konsumsi gula berlebih dapat mengancam kesehatan seseorang dari waktu-kewaktu.

4.) Kanker
Bagi orang-orang yang menderita kanker, mengkonsumsi gula dengan jumlah yang tinggi akan membuat kesempatan bertahan hidup semakin relatif rendah, apalagi kanker payudara dan kanker usus besar.

5.) Kecanduan
Gula memiliki sifat yang buruk bagi tubuh sama halnya dengan alk0h0l yang bisa membuat seseorang kecanduan. Pada saat konsumsi gula mulai ditinggalkan biasanya seseorang akan merasakan lapar dan memiliki keinginan kembali untuk megkonsumsi gula.

6.) Hati
Pada sebuah penelitian yang dilakukan menunjukan bawa gula dan Alk0h0l memiliki efek yang beracun bagi organ hati. Jika konsumsi gula berlebihan maka organ hati akan terganggu fungsinya karena mengalami kerusakan.

7.) Otak
Dampak buruk bagi kesehatan akibat mengkonsumsi gula berlebih  adalah  terjadinya penuaan yang terjadi dalam sel-sel otak.

8.) Gula Tersembunyi
Mungkin Anda berfikir bahwa gula ada hanya pada makanan yang memiliki rasa yang manis saja seperti permen, biskut dan lainnya, namun nyatanya tidak. Beberapa jenis makanan yang tidak memiliki rasa yang manis bisa saja mengandung gula, misalnya roti, kraker dll. Maka dari itu, Anda sebaiknya memperhatikan selalu makanan yang akan dikonsumsi setiap harinya.

9.) Usia
Kematian didunia disinyalir karena konsumsi makanan yang memiliki kandungan pemanis. Maka sudah tak heran bahwa gula memiliki hubungan dengan beberapa penyakit seperti penyakit jantung, penyakit kanker dan penyakit diabetes.

10.) Gula Merusak Gigi
Kandungan gula bisa menimbulkan karang dan juga memicu munculnya lubang pada gigi dan menyebabkan sakit gigi. Gula adalah makanan yang dikonsumsi bakteri dan bisa menghasilkan asam yang mengakibatkan gigi berlubang.

11.) Diabetes
Apabila gula dikonsumsi secara berlebihan maka akan membuat sistem insulin dalam tubuh menjadi terganggu dan akibat apabila tidak terkontrol maka akan meningkatkan resiko terkena diabetes tipe 2

Dengan demikian, jika tidak ingin masalah berat menimpa Anda karena gula, sudah saatnya mengganti asupan gula dengan madu sebagai pengganti gula yang tak kalah manisnya. Bukan hanya sekedar manis, namun yang paling penting adalah manfaatnya yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.
Semoga bermanfaat.

About ai risyanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates