Saturday , 27 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Seputar Penyebab Penyakit ISPA

Seputar Penyebab Penyakit ISPA

Seputar Penyebab Penyakit ISPA

Seputar Penyebab Penyakit ISPA

Seputar Penyebab Penyakit ISPA

Seputar Penyebab Penyakit ISPA – Penyakit ISPA atau kepanjangan dari Infeksi Saliran Pernapasan Akut merupakan kondisi penyakit yang dapat menyerang bagian saluran pernafasan yang disebabkan karena infeksi yang terjadi dibagian tenggorokan, sinus, saluran udaran ataupun paru-paru yang pada umumnya penyakit ini bisa berlangsung selama kurang lebih 14 hari ataupun dua minggu lamanya. Penyakit ISPA pada umumnya terjadi pada pergantian musim atau musim pancaroba yang akan mengakibatkan terjadinya peningkatan sirkulasi virus yang dapat menyebar di udara. Dengan demikian udara yang dihirup kan terkontaminasi dengan bakteri dan juga virus. Jika virus ini masuk ke dalam tubuh dengan melalui saluran pernapasan, dengan demikian yang terjadi yaitu adanya gangguan pernapasan atau ISPA.Gejala Penyakit ISPA yaitu badan pegal-pegal dan terasa tidak nyaman, sakit di bagian kepala seperti tertusuk benda tajam, mengalami batuk-batuk, sakit tenggorokan,
beringus dan juga tekanan dibagian muka serta seringnya bersin.
Berikut merupakan beberapa mikroorganisme yang seringkali dapat menimbulkan ISPA diantaranya:

1. Coronavirus
Coronavirus adalah mikroorganisme virus yang bisa menyebabkan timbulnya penyakit ISPA. Virus akan menyerang siapa saja tidak terkecuali anak-anak dan balita. Namun, pada anak-anaklah virus ini akan rentan menginfeksi. Penyebaran dari coronavirus akan dialirkan lewat udara pada penderita batuk maupun bersin, dan melalui kontak langsung dengan berjabat tangan ataupun menyentuh.

2. Rhinovirus
Rhinovirus adalah mikroorganisme virus yang mempunyai RNA dan merupakan bagian dari kaluarga Piconaviridae. Masalah pilek merupakan gangguan yang dapat diakibatkan akibat infeksi dari rhinovirus. Namun, pada anak-anak virus ini dapat berubah menjadi ISPA yang serius apabila sistem kekebalan tubuh si anak lemah.

3. Pneumokokus
Pneumokokus dengan ciri utama yaitu kapsul polisakarida yang selalu menyelubungnya. Pada umumnya, bakteri ini akan datang dengan mudah melalui percikan air liur. Apabila seseorang terinfeksi virus ini lewat air ludah, sehingga bakteri akan bisa langsung masuk ke bagian paru-paru hingga mengakibatkan radang paru.

4. Virus Influenza
Virus influenza adalah virus yang sangat menular. Penularan virus ini dapat terjaid lewat udara pada saat si penderita influenza batuk ataupun bersin. Mekanisme penularan yang terjadi yaitu virus ini akan dikeluarkan ke udara melalui batuk dan bersin dan apabila terdapat orang yang sehat disekelilingnya, dengan demikian virus ini bisa dengan mudah hinggap atau bahkan akan masuk lewat hidung ataupun tenggorokan.
Virus Influenza merupakan virus yang mengakibatkan timbulnya penyakit flu atau dikenal dengan influenza dimana penyakit ini merupakan gejala dari adanya penyakit ISPA. Dengan 3 tipe yang dimilikinya, virus ini bukan hanya dapat menyerang manusia namun hewan pun bisa terinfeksi.

Penyebab ISPA Selain dari pada Virus
Selain diakibatkan oleh serangan mikroorganisme berbahaya yang akan memicu timbulnya ISPA. Penyakit ini pun dapat terjadi kibat paparan debu dan asap. Debu serta asap yang halus dan mempunyai partikel halus yang tidak terlihat oleh kasat mata, bisa masuk ke lapisan mukosa sampai terdorong hingga ke jaringan faring karena tidak bisa disaring oleh bulu hidung.

Pada umumnya, udara yang terkontaminasi dengan virus dan juga bakteri bisa menyebabkan pergerakan silia pada hidung akan menjadi lambat, kaku bahkan hingga berhenti berfungsi. Dampaknya, saluran pada bagian pernafasan bisa teriritasi karena tidak bisa membersihkan dirinya sendiri dari kontaminasi virus dan juga partikel lainnya. Selain itu, dampak yang akan dirasakan adalah penyempitan di bagian saluran pernapasan serta sel pembunuh bakteri akan rusak pada saluran pernapasan apabila prosuksi lendir terus meningkat.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates