Monday , 24 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Tanda-tanda Orang Tua Membutuhkan Perawat Lansia

Tanda-tanda Orang Tua Membutuhkan Perawat Lansia

Tanda-tanda Orang Tua Membutuhkan Perawat Lansia

Tanda-tanda Orangtua Membutuhkan Perawat Lansia

Tanda-tanda Orangtua Membutuhkan Perawat Lansia

Tanda-tanda Orangtua Membutuhkan Perawat Lansia – Semakin dewasa usia anda, semakin renta pula usia orangtua. Orang yang sudah sangat tua dosebut juga lansia atau lanjut usia. Biasanya semakin lanjut usia orangtua, semakin meningkat kebutuhan perawatannya karena uzur akan mengembalikannya seperti anak-anak dan butuh perhatian lebih. Apakah Anda mempunyai orangtua, keluarga dan saudara, atau kerabat terdekat yang telah lanjut usia (lansia)? Jika iya, Anda bisa saja sedang merencanakan berbagai perawatan yang penting untuk disediakan. Setiap orangtua lansia memang mempunyai kebutuhan yang berlainan. Akan tetapi, terkadang lansia tidak ingin untuk memberitahukan apa saja yang ia butuhkan. Contohnya kebutuhan memiliki perawat lansia. Padahal, sejalan dengan berlalunya waktu, orang terkasih Anda terutama orangtua mungkin sungguh memerlukan perhatian khusus agar dapat berkegiatan sehari-hari. Sehingga, Anda harus dapat mengetahui tanda-tanda bahwa orangtua Anda telah memerlukan perawat lansia.

Tipe perawatan yang diperlukan lansia
Bergantung pada kondisi kesehatan tiap orang, setiap lansia pasti memerlukan perawatan yang berlainan. Anda dapat mencocokkan sendiri tipe perawatan seperti apa yang cocok dengan kebutuhan lansia. Akan tetapi, secara umum berikut adalah beberapa tipe perawatan yang dibutuhkan untuk mendukung kegiatan harian lansia.

1. Perawatan personal
Perawatan personal termasuk menjaga pola makan, menyuapi makanan, membantu untuk mandi dan buang air, mengenakan pakaian, dan hal kegiatan lainnya yang merupakan kebutuhan pribadi.

2. Perawatan rumah tangga
Perawatan rumah tangga termasuk membersihkan area rumah, memasak makanan, mencuci pakaian lansia, belanja memenuhi kebutuhan harian, menjahit pakaian dan lain-lain, serta berbagai keperluan rumah tangga lainnya.

3. Perawatan medis
Perawatan medis termasuk memasangkan oksigen, menyuntik insulin, latihan fisik dan koordinasi, pengaturan jadwal untuk minum obat, serta kebutuhan medis lainnya.

Orang-orang yang membutuhkan perawat lansia
Survei yang dilaksanakan Home Instead yaitu suatu perusahaan jasa perawatan lansia internasional, mengungkapkan daftar orang-orang yang sangat memerlukan jasa perawat lansia seperti berikut.

• 61% lansia yang memiliki masalah mobilitas atau kesulitan berjalan
• 48% lansia yang ringkih, contohnya disebabkan otot dan tulang yang lemah
• 43% lansia dengan penyakit demensia
• 29% lansia dengan penyakit Alzheimer
• 22% lansia dengan riwayat serangan stroke

Tanda-tanda orangtua lansia membutuhkan perawat di rumah

Orangtua Anda dapat menolak ide untuk memakai jasa perawat lansia di rumah. Meski demikian, perhatikan jika orangtua telah memiliki tanda-tanda berikut. Telah tiba waktunya untuk Anda dan orangtua untuk mempertimbangkan dan merencanakan untuk mendapat bantuan dari perawat lansia.

• Kesulitan untuk bangun dari posisi duduk atau tidur
• Kesulitan berjalan, mempertahankan keseimbangan, atau berkoordinasi
• Merasa bingung atau kesulitan saat mengerjakan hal-hal yang sebelumnya dikuasai seperti memasak, membaca koran, atau membalas pesan singkat
• Mudah melupakan sesuatu atau pikun
• Menjadi lebih jarang mandi serta merawat diri
• Terbiasa mengompol atau tidak sadar buang air (uzur)
• Bau badan menjadi tidak sedap
• Rumah menjadi lebih kotor dan kurang terawat
• Berat badan menurun karena makan tidak teratur
• Suasana hati berubah-ubah
• Menjadi tidak tertarik dengan hal-hal yang sebelumnya sangat diminati seperti bersosialisasi, cocok tanam, atau jalan-jalan
• Munculnya ruam, memar atau bekas luka di tubuh orangtua (biasanya disebabkan terjatuh atau terbentur)
• Lupa minum obat atau salah obat, salah hitung dosis, atau tidak mau minum obat

Hal yang harus diingat sebelum mencari perawat lansia
Jika orangtua Anda telah menunjukkan tanda-tanda tersebut, bicarakanlah segera dengan orang-orang terkasih. Pastikan bahwa orangtua akan selalu terlibat dalam segala diskusi dalam proses pemilihan perawat. Mulai dari rencana untuk mempertimbangkan jasa agen atau membuka lowongan perawat dengan mengumumkan sendiri sampai pada tahap wawancara calon perawat jika diperlukan.
Ingatlah, orangtua atau orang terkasih Anda bukan merupakan anak-anak yang harus mengikuti semua perkataan Anda. Saat dalam berdiskusi, bayangkan bila Anda pribadi yang berada pada posisi beliau. Tunjukkanlah kepedulian dan keprihatinan Anda dengan sepeka dan sehormat mungkin. Jika orangtua Anda menolak untuk menggunakan jasa perawat lansia, coba berikan contoh nyata kasus-kasus yang meyakinkan bahwa beliau akan sangat membutuhkan bantuan perawat lansia.

About seli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates