Saturday , 27 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Tips Mencegah Infeksi pada Bayi Baru Lahir

Tips Mencegah Infeksi pada Bayi Baru Lahir

Tips Mencegah Infeksi pada Bayi Baru Lahir

Tips Mencegah Infeksi pada Bayi Baru Lahir

Tips Mencegah Infeksi pada Bayi Baru Lahir

Tips Mencegah Infeksi pada Bayi Baru Lahir – Bayi yang baru lahir baik melalui melahirkan normal maupun caesar mempunyai resiko untuk terkena infeksi yang sangat besar. Keadaan ini sangat berhubungan dengan kondisi sistem kekebalan tubuh pada bayi yang sangat lemah. Bayi yang baru lahir hanya mempunyai sistem kekebalan tubuh yang terbatas. Dengan demikian membutuhkan perawatan khusus untuk bayi yang baru lahir. Infeksi dapat menular ke tubuh bayi baik selama dalam kehamilan, persalinan ataupun setelah dilahirkan.

Berikut ini merupakan beberapa tips untuk mencegah infeksi pada bayi baru lahir, diantaranya:1. Hidung dan mulut bayi segera dibersikan setelah lahir
Setelah bayi baru lahir tenaga medis harus segera membersihkan bagian mulut serta hidung bayi. Pada saat bayi lahir normal serta melewati perineum dengan demikian kemungkinan bayi akan menghisap berbagai cairan serta kotoran yang mungkin dapat masuk ke dalam tubuh bayi.

2. Segera mengikat plasenta setelah lahir
Pada saat bayi lahir maka tali plasenta masih terhubung langsung dengan plasenta. Setelah bayi lahir sehingga sistem peredaran darah beralih dari plasenta ke tubuh bayi secara mandiri. Sehingga tenaga medis akan memotong plasenta yang harus dilakukan dengan alat yang steril untuk mencegah infeksi.

3. Bayi menerima suntikan vitamin K
Suntikan vitamin K sangat penting untuk membantu sistem pembekuan darah di dalam tubuh bayi dan dapat mencegah adanya pendarahan di dalam tubuh bayi.

4. Pemberikan vaksin hepatitis B
Penyakit hepatitis B merupakan jenis penyakit infeksi yang dapat ditularkan melalui kontak cairan serta hubungan seksual. Kemungkinan bayi akan mengalami infeksi ini sebab tertular dari ibu hamil yang mengalami hepatitis B.

5. Pemberian antibiotik salep ke mata bayi
Bayi yang lahir secara normal atau caesar kemungkinan akan terkena infeksi akibat penyakit gonorheo atau clamidya dari ibu hamil. Penyakit ini dapat menular ke bayi dengan melalui cairan mata. Dengan demikian bayi harus menerima antibiotik supaya tidak terkena penyakit infeksi mata pada bayi.

6. Membersihkan semua cairan dalam tubuh bayi
Pada saat bayi baru lahir terdapat banyak cairan serta lendir yang melekat di dalam tubuh bayi. Semua bahan yang melekat di dalam kulit bayi dapat menyebabkan infeksi yang akan berbahaya untuk bayi. Oleh sebab itu semua kotoran ini harus segera dibersihkan.

7. Semua perlengkapan dan ruangan persalinan yang steril
Pada saat ibu melahirkan semua alat serta ruang persalinan harus sangat steril. Infeksi dapat terjadi dimana saja termasuk akibat alat yang digunakan ataupun bahkan kain-kain yang berada di dalam ruang persalinan.8. Tenaga medis harus menggunakan sarung tangan yang steril
Tenaga medis yang terlibat dalam proses persalinan harus menggunakan sarung tangan dengan kondisi yang steril. Sehingga dapat mencegah bayi untuk tertular infeksi.9. Pemeriksaan infeksi B Strep pada ibu hamil
Infeksi B strep untuk bayi yang baru lahir merupakan kasus yang paling sering terjadi pada bayi baru lahir. Sebenarnya infeksi ini dimulai pada saat bayi baru lahir sampai berusia kurang lebih 1 minggu.

10. Menerima antibiotik selama persalinan
Apabila ibu dinyatakan terkena infeksi B Strep sehingga ibu harus menerima antibiotik selama proses persalinan. Antibiotik dapat diberikan melalui cairan IV serta sangat aman untuk bayi dan juga ibu.

11. Persalinan caesar
Pada saat ibu menderita beberapa infeksi penyakit menular seksual dengan demikian dokter bisa memberikan alternatif persalinan dengan caesar. Persalinan normal dapat membuat bayi melewati jalan lahir serta kemungkian bayi dapat terkena infeksi dari bakteri ataupun sumber penyakit lain pada ibu. Akan tetapi pertimbangan ini juga dapat dilakukan apabila ibu mengalami kondisi seperti preeklampsia ataupun bayi besar dalam kandungan.

12. Bayi menerima vaksin lengkap sesuai jadwal
Bayi juga harus menerima vaksin dengan rutin sesuai jadwal yang ditentukan.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates