Friday , 28 April 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Akibat Jika Terlalu Memanjakan Anak dengan Gadget

Akibat Jika Terlalu Memanjakan Anak dengan Gadget

Akibat Jika Terlalu Memanjakan Anak dengan Gadget

Akibat Jika Terlalu Memanjakan Anak dengan Gadget

Akibat Jika Terlalu Memanjakan Anak dengan Gadget

Akibat Jika Terlalu Memanjakan Anak dengan Gadget – Pada zaman modern seperti saat ini, anak-anak pasti sudah mengenal dan bahkan pandai dalam menggunakan gadget. Dalam hal tersebut tentunya peran terpenting orang tua sangat dibutuhkan untuk bersikap bijak ketika memberikan alat komunikasi tersebut. Jika digunakan dengan bijak dan semestinya maka gadget akan bermanfaat sebagai media pembelajaran untuk anak. Namun jika penggunaannya tidak terkontrol dan terlalu berlebihan maka pengaruh gadget sangat berbahaya bagi kesehatan dan tumbuh kembang si kecil.

Dalam menyikapi perkembangan maupun perubahan zaman dan teknologi pada saat ini, setiap orang tua harusnya mengetahui waktu yang tepat untuk meminjamkan gadget pada anak. Selain itu, orang tua juga seharusnya memberikan batasan pada anak dalam menggunakan gadget sehingga tidak akan terjadi ketergantungan yang mana hal tersebut akan memberikan dampak negatif terhadap tumbuh kembang dan pemikirannya.

Berikut Adalah Pengaruh Gadget Untuk Anak Yang Perlu Kita Ketahui.

Bahaya Radiasi

Pengaruh gadget pada anak yang pertama adalah bahaya paparan radiasi. Menurut sebuah penelitian, paparan radiasi dari gadget itu sangat berbahaya bagi kesehatan dan perkembangan anak. Radiasi gadget sangat beresiko dapat mengakibatkan gangguan terhadap perkembangan otak dan sistem imun anak.

Menyebabkan Kecanduan

Pengaruh gadget pada anak yang selanjutnya adalah menyebabkan kecanduan dan ketergantungan. Hal tersebut tentunya akan berdampak negatif terhadap perkembangan fisik maupun motorik anak. Saat si kecil sedang asyik bermain gadget biasanya lupa waktu makan sehingga asupan nutrisi untuk menunjang pertumbuhan pada anak tersebut terganggu. Selain itu, kecanduan gadget juga akan sangat berdampak terhadap kepribadian anak yang lama kelamaan akan lebih cenderung memiliki sifat tertutup dan tidak bersosialisasi.

Hambatan Terhadap Perkembangan

Anak-anak yang memiliki ketergantungan dengan gadget kebanyakan cenderung akan mengalami hambatan pada proses perkembangannya. Hal tersebut terjadi karena anak-anak yang asyik bermain gadget jarang bergerak sehingga menghambat adanya proses pertumbuhannya.

Penyakit Mental

Penggunaan gadget yang tidak terkontrol dan dilakukan secara terus menerus mampu menjadi salah satu pemicu penyakit mental contohnya adalah depresi, gangguan bipolar dan autis.

Obesitas

Selain menghambat dan memperlambat pertumbuhan, anak-anak yang terlalu asyik bermain gadget sangat beresiko mengalami kelebihan berat badan atau biasa disebut dengan obesitas. Hal tersebut terjadi karena anak-anak cenderung kurang terjadi gerakan pada anak tersebut sehingga terjadi penumpukan lemak pada tubuh yang dapat mempercepat kenaikan berat badan secara berlebihan.

Gangguan Tidur

Alangkah baiknya anda tidak memberikan gadget pada anak di saat malam hari. Hal ini karena dapat mengakibatkan gangguan tidur sehingga berdampak negatif terhadap tumbuh kembangnya. Permainan atau game yang ada dalam gadget biasanya membuat anak lebih asyik sehingga waktu tidurnya kurang dan terganggu. Dalam hal ini peran penting anda sebagai orang tua sangat dibutuhkan untuk mengontrol penggunaan gadget anak-anak anda.

Pengaruh Tayangan

Terkadang tanpa anda sadari anak-anak membuka dan melihat situs online yang mempertontonkan tayangan yang tidak seharusnya mereka lihat. Oleh karena itu, anda sebagai orang tua harus bersikap bijak dan alangkah baiknya tidak memberikan koneksi internet pada saat si kecil menggunakan gadget.

Untuk mencegah adanya dampak negatif gadget terhadap perkembangan anak, anda sebaiknya menerapkan aturan yang pasti. Salah satunya adalah dengan membatasi penggunaan gadget maksimal 2 jam setiap harinya. Selain itu, berikanlah pengawasan pada anak saat menggunakan gadget sehingga dengan begitu si kecil akan lebih terkontrol serta tidak menyalahgunakan benda tersebut.

About fitri nuril

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates