Tuesday , 26 September 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Efek Paparan Sinar Matahari Langsung

Efek Paparan Sinar Matahari Langsung

Efek Paparan Sinar Matahari Langsung

Seputar Melamin dan Dampaknya

Seputar Melamin dan Dampaknya

Efek Paparan Sinar Matahari Langsung – Sinar matahari merupakan salah satu benda langit terbesar yang bisa dilihat dari bumi pada saat bersinar. Matahari ini adalah pusat tata surya yang sangat berperan penting untuk kelangsungan hidup manusia di bumi. Terlepas dari manfaat yang berasal dari sinar matahari, terdapat juga beberapa bahaya yang dapat mengancam kesehatan manusia dengan pencahayaan tertentu. Sinar matahari yang terpapar secara langsung pada kulit manusia bisa berpotensi untuk mendatangkan penyakit berbahaya. Berikut merupakan dampak dari paparan sinar matahari langsung, diantaranya:

1. Menyebabkan Kulit Lebih Cepat Berkerut
Kulit dapat mengalami proses penuaan yang akan lebih cepat apabila terpapar sinar matahari secara langsung. Dimana berkerutnya kulit ini adalah salah satu tanda penuaan yang harus diwaspadai. Fase awal dengan terbentuknya kerutan pada kulit yaitu ditandai dengan kulit yang semakin kasar serta kehilangan kelembaban alaminya. Serta faktor yang mempercepat kulit dapat berkerut yaitu akibat rusaknya fungsi kolagen yang berada di dalam lapisan jaringan kulit.

2. Menyebabkan Kulit Kasar
Apabila kolagen yang terdapat dalam lapisan kulit rusak sebagai akibat paparan sinar matahari secara langsung dengan demikian kulit tentunya dapat menjadi kasar bahkan bersisik.

3. Menyebabkan Munculnya Komedo pada Wajah
Komedo merupakan jenis penyakit kulit yang akan membuat kehalusan serta kemulusan kulit wajah menjadi berkurang. Hal ini dikaibatkan noda hitam berbintik yang dapat muncul disekitar daerah T. Paparan sinar matahari yang secara langsung pada kulit serta berpotensi menghilangkan kadar normal dari Ph kulit yang seharusnya.

4. Membuat Kulit Terbakar
Sinar matahari bisa tembus ke bumi meskipun kondisi bumi berada pada cuaca yang berawan. Dengan demikian kulit akan lebih berpotensi terbakar apabila berada dibawah paparan sinar matahari secara langsung. Bahkan radiasi dari paparan sinar matahari di musim panas bisa menembus kaca serta membakar kulit.

5. Meningkatkan Resiko Kerusakan Kulit
Kerusakan kulit yang ditandai dengan berubahnya pigmen kulit akan menjadi kemerahan bahkan akan berwarna coklat terbakar. Radiasi UVA serta UVB yang mengenai kulit akan sangat berpotensi untuk memicu reaksi inflamasi yang dapat mengancam kesehatan tubuh manusia.

6. Meningkatkan Resiko Penyakit Kanker
Paparan sinar matahari ataupun radiasi matahari yang secara langsung dan terus-menerus bisa berdampak tidak baik untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya akan berdampak pada kesehatan serta kecantikan kulit saja, namun terdapat juga resiko penyakit ganas misalnya kanker dan tumor.

Pencegahan dampak negatif paparan sinar matahari
Pada umumnya berkas sinar kosmis, berkas sinar gamma, dan juga berkas sinar X yang dapat dihasilkan oleh matahari bisa diserap oleh atmosfer dengan demikian sebagian besar ultraviolet A serta Ultraviolet B akan tersaring sebelum mengenai bumi. Selain itu juga, lapisan ozon yang terdapat di atmosfer akan mampu membuat radiasi Ultraviolet C ataupun UVC dapat menjadi terhambat. Akan tetapi lapisan ozon akan semakin menipis dari waktu ke waktu sebagai akibat pemanasan global engan demikian paparan sinar ultraviolet A serta B akan langsung menuju bumi tanpa melewati suatu proses penyaringan terlebih dahulu.
Hal tersebut akan berpotensi dalam meningkatkan radiasi ultravolet A dan B yang biasa juag dikenal dengan UVA serta UVB ini pada permukaan bumi. Jadi bisa disimpulkan bahwa untuk menghindari dampak negatif dari adanya paparan sinar matahari langsung kita harus melakukan suatu langkah-langkah yang akan terlepas dari kemampuan alami bumi. Dengan pemakaian krim tabir surya atau sunblock adalah langkah konkrit yang bisa mencegah dampak negatif dari paparan sinar matahari langsung untuk kesehatan.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates