Wednesday , 28 June 2017
artikel terbaru :
Home » Bisnis » Peluang Usaha Bengkel Motor

Peluang Usaha Bengkel Motor

Peluang Usaha Bengkel Motor

Peluang Usaha Bengkel Motor

Peluang Usaha Bengkel Motor

Peluang Usaha Bengkel Motor – Melihat angka penjualan dari sepeda motor di negara Indonesia yang setiap tahunnya terus mengalami suatu peningkatan, ternyata turut mendorong kemunculan dari peluang bisnis turunan yang cukup menjanjikan. Dari mulai bisnis mengenai jual beli suku cadang kemudian penjualan aksesoris sampai beragam jenis bisnis layanan jasa sepeda motor seperti misalnya adalah jasa cuci motor, serta usaha bengkel sepeda motor, semuanya bisa menjanjikan untung besar bagi para pelakunya.

Konsumen
Mengingat Anda membuka bisnis bengkel motor dari garasi rumah, maka target dari pasar yang dapat Anda bidik adalah para pengendara sepeda motor yang lokasinya berada di sekitar pemukiman atau tempat tinggal Anda.

Info Bisnis
Berikut adalah informasi mengenai beberapa persiapan yang perlu Anda perhatikan, ketika Anda merintis bisnis rumahan yang melayani jasa servis atau perbaikan untuk sepeda motor :

1. Modal utama adalah pengetahuan dan juga keterampilan di bidang otomotif, khususnya adalah yang berkaitan dengan kerusakan motor lalu servis rutin dan juga mampu menganalisa dengan amat tepat besarnya biaya perbaikan yang dilakukan oleh setiap konsumen.

2. Dengan modal yang terbilang cukup terbatas, sebaiknya Anda coba untuk mendirikan bengkel umum dengan pelayanan jasa servis ringan, serta melayani suatu penjualan sparepart dan juga aksesoris motor.

3. Menjalin suatu kerjasama dengan para produsen ataupun distributor sparepart atau suku cadang sepeda motor yang banyak dicari oleh para konsumen. Usahakan Anda selalu menggunakan sparepart yang asli, supaya konsumen tidak merasa kecewa dengan pelayanan yang Anda telah berikan.

4. Berhubung Anda membangun suatu bisnis bengkel motor dari rumah, maka penting untuk Anda agar memasang spanduk atau papan nama tepat di depan tempat usaha Anda. Hal ini penting, supya masyarakat di sekitar tempat tinggal Anda mengetahui tentang bisnis rumahan yang Anda sedang jalankan.

5. Jika bengkel Anda sudah mulai ramai, tidak ada salahnya apabila Anda merekrut tenaga bantu (montir) yang mempunyai keahlian di bidang otomotif khususnya di dalam hal memperbaiki sepeda motor.

Kelebihan Bisnis
Meskipun sekarang ini terbilang banyak bengkel resmi (ATPM) dan juga bengkel-bengkel motor yang berdiri dengan menggunakan sistem kemitraan, namun Anda nampaknya tidak perlu takut dengan persaingan tersebut karena sekarang ini pangsa pasar yang dapat Anda bidik juga cukup luas. Mengingat pengendara dari sepeda motor kini telah menjangkau semua kalangan masyarakat.

Kekurangan Bisnis
Hambatan terbesar di dalam menjalankan bisnis bengkel motor ini adalah membutuhkan tenaga kerja yang memang benar-benar handal, sehingga Anda harus benar-benar teliti dan selektif di dalam memilih calon karyawan. Hal ini sangatlah penting, mengingat di dalam menjalankan bisnis jasa, kualitas dari suatu pelayanan yang diberikan menjadi kunci utama Anda untuk menuju kesuksesan usaha.

Strategi Pemasaran
Untuk strategi pemasaran konvensional, Anda bisa melakukannya dengan cara membagikan brosur, pamphlet lalu kartu nama, dan juga memasang papan namayang cukup besar di depan tempat usaha Anda. Selanjutnya untuk bisa meningkatkan loyalitas konsumen, Anda juga dapat menjalin hubungan yang baik dengan para pelanggan atau kalangan komunitas tertentu, menjaga kualitas dari layanan yang diberikan dengan cara menjaminn kualitas servis yang diberikan, dan juga menjaga kebersihan, kerapian serta kenyamanan para konsumen. Strategi ini perlu Anda coba perhatikan, supaya para konsumen merasa puas dengan pelayanan yang Anda berikan dan tidak segan-segan lagi untuk bisa menjadi langganan tetap dari bengkel motor Anda.

Kunci Sukses
Kepuasan dari pelanggan menjadi fokus utama Anda di dalam menjalankan suatu bisnis bengkel motor.  Karena itu, pastikan jika servis yang Anda berikan itu memang benar-benar terjaga kualitasnya dan bila perlu berikan garansi untuk satu minggu supaya konsumen dapat mengembalikan suatu kerusakan motor yang mereka alami.

Analisa Ekonomi
Asumsi
Bebas uang sewa, karena bengkel motor ini dibangun di garasi rumah sendiri.

1. Modal awal
Modal untuk Peralatan bengkel = Rp 7.500.000,00
Modal untuk etalase = Rp 1.800.000,00
Modal untuk furnitur ruang tunggu seperti sofa, dan TV = Rp 4.500.000,00
Modal untuk stok awal seperti sparepart, oli, aksesoris, dll = Rp 5.000.000,00+
Total = Rp 18.800,000,00

2. Biaya penyusutan
Peralatan, etalase dan juga furniture akan mengalami penyusutan selama 5 th = 1/60 bulan x Rp 13.800.000,00 = Rp 230.000,00/bulan

3. Biaya operasional setiap bulan
Biaya untuk belanja sparepart, oli, dan aksesoris = Rp 5.000.000,00
Biaya untuk gaji : 2 orang x Rp 900.000,00 = Rp 1.800.000,00
Biaya untuk listrik, air, dan telepon = Rp 500.000,00
Biaya untuk kebersihan dan perawatan tempat = Rp 500.000,00
Biaya untuk promosi dan transportasi = Rp 300.000,00
Biaya untuk penyusutan = Rp 230.000,00+
Total = Rp 8.330.000,00

4. Pendaptan per bulan
Pendapatan rata-rata setiap bulan :
Untuk jasa servis dan juga ganti oli motor = 5 motor x Rp 55.000,00 x 26 hari = Rp 7.150.000,00
Penjualan untuk sparepart rata-rata setiap bulan = Rp 4.000.000,00+
Total dari pendapatan = Rp 11.150.000,00

5. Keuntungan bersih setiap bulan
= Rp 11.150.000,00 – Rp 8.330.000,00 = Rp 2.820.000,00

Semoga informasi menganai peluang usaha bengkel motor ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca….

About mr ikbal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates